2 Cara Membuat Kopi Susu Ala Cafe untuk Kamu Buat Di Rumah

Tren kopi susu kekinian yang telah berlangsung selama kurang lebih lima tahun terakhir ini memang masih belum surut. Walau bukan sesuatu yang baru, tapi kemampuan coffee shop dalam mengemasnya menjadi lebih kekinian menjadikan kopi susu semakin populer saja. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat kopi susu ala cafe.

Minuman ini cukup simple, enak, serta menyegarkan. Harga yang perlu dibayar untuk segelas kopi susu kekinian ini juga tak begitu mahal. Tak heran kalau kopi susu ini banyak digemari bukan hanya oleh penikmat kopi, tetapi juga mereka yang biasanya tidak mau menikmati kopi.

Kalau kamu kurang tertarik untuk keluar membeli kopi susu, ada alternatif lain lho, selain membeli dengan jasa pesan antar. Ya, kamu dapat berkreasi sendiri, yaitu dengan cara membuat kopi susu ala cafe seperti pada artikel ini.

Alternatif Pembuat Kopi Tanpa Mesin

cara membuat kopi susu ala cafe

Sebelum mengetahui cara membuat kopi susu ala cafe, kamu perlu menyiapkan espresso sebagai bahan utama. Ada beberapa alternatif yang dapat kamu gunakan membuat espresso. Harganya beragam tapi lebih murah daripada harus membeli mesin espresso.

Contohnya adalah pembuat espresso manual. Kalau mesin espresso mengerjakannya dengan otomatis, pembuat espresso manual mengandalkan tenaga kamu sendiri. Alat pembuat espresso manual yang dapat kamu gunakan diantaranya Rokpresso, Bellman, Handpresso, dan lain-lain.

Selain pembuat espresso manual, kamu juga dapat menggunakan moka pot. Alat yang harganya begitu terjangkau ini dapat menghasilkan segelas kopi yang nikmat sebagai base dari kopi susu walau bukan espresso. Moka pot cukup gampang digunakan.

Kalau kamu mengikuti instruksi untuk takaran kopi dan air, kamu cukup meletakkan moka pot tersebut di atas api, dan ekstraksi kopi akan bekerja dengan panas uap dan kopi akan muncul pada bagian atas moka pot ini. Moka pot cocok untuk kamu yang telah mempunyai pengetahuan dasar tentang kopi.

Baca Juga
Sabut Kelapa sebagai Alternatif Plastik

Alat lainnya yaitu kain penyaring kopi atau dikenal dengan cloth filter. Kalau kamu pernah pergi ke warung kopi dan melihat kain berkibar seperti bendera, itulah adalah satu jenis cloth filter yang digunakan dalam membuat kopi saring.

Untuk cara lain yang lebih gampang, kamu dapat menyeduh kopi sachet hitam instan untuk base dari kopi susu yang akan kamu buat. Untuk mendapatkan konsistensi kopi hitam yang pekat serta pahit, pastikan kalau takaran kopi yaitu satu sendok teh kopi instan per seperempat gelas air panas.

Cara Membuat Kopi Susu Ala Cafe

cara membuat kopi susu ala cafe

Sesudah konsentrat kopi/ espresso yang digunakan untuk dasar kopi susu berhasil kamu buat, cara membuat kopi susu ala cafe berikutnya yaitu mencampurkannya dengan susu UHT ataupun fresh milk yang ditambah dengan krimer kalau kamu suka.

Campuran dan rasio susu/krimer dengan kopi tergantung dengan cita rasa yang kamu inginkan. Apakah kamu lebih menyukai rasa pahit dari kopi yang lebih dominan, ataupun kopi susu yang tak begitu pekat.

Selain itu, berkreasi sedikit dengan menambahkan creamer akan menjadikan segelas kopi susu yang kamu nikmati lebih creamy.

Kopi susu sendiri pada dasarnya nikmat kalau diminum tanpa gula. Rasa kopi yang khas ditambah creamy-nya susu ataupun krimer telah cukup membuat hari kamu semakin menyenangkan. Tapi, salah satu ciri khas dari kopi susu kekinian ala cafe yaitu tambahan pemanis.

Supaya mendapatkan rasa manis yang lebih alami serta khas, kopi susu dapat ditambah dengan gula aren. Alternatif dari gula aren yaitu susu kental manis. Untuk takaran baik susu ataupun pemanis, dapat kamu atur sendiri sesuai selera. Asal jangan menjadikan rasa kopinya terlalu tipis.

Baca Juga
Tips Merawat Tanaman Hidroponik: Panduan Praktis untuk Sukses Menanam Tanaman Hidroponik

Kalau kamu bingung dengan rasio antara kopi, susu, serta gula, kamu dapat menggunakan rasio 40ml kopi, ditambah 30ml gula aren, serta 20 ml krimer. Cara membuat kopi susu ala cafe yang terakhir yaitu genapkan takarannya menjadi 250ml dengan susu UHT ataupun fresh milk.

Sesudah kopi susu jadi dan siap diminum, jangan sampai lupa untuk menambahkan beberapa butir es batu supaya kopi susu kekinian ala cafe kamu makin nikmat dan segar untuk dinikmati bersama camilan favorit kamu.

Nah, untuk membuat kopi sebenarnya lebih mudah kalau menggunakan mesin pembuat kopi, apalagi untuk kamu yang merencanakan akan membuat usaha kedai kopi.

Cara Membuat Kopi ala Cafe Sederhana

cara membuat kopi susu ala cafe

Pembuatan kopi susu atau latte atau caffe latte, sebenarnya begitu mudah. Tetapi, sebagian besar orang lebih menggemari pergi ke kafe karena tampilan kopi susu yang begitu cantik ataupun sekedar ingin nongkrong. Padahal, kamu hanya butuh beberapa menit untuk membuat kopi susu ala cafe ini.

Kopi latte sebenarnya adalah kopi yang dicampur susu, tapi menghasilkan busa tipis pada permukaannya. Cobalah melakukan uji dapur meracik kopi susu sendiri yaitu dengan alat sederhana dan hasil ala cafe.

Perbandingan antara kopi serta susunya yaitu 2 banding 1. Bahkan, kamu dapat membuat kopi susu tampilan kafe hanya dengan menggunakan kopi instan. Kalau ingin cara membuat kopi susu ala cafe yang lebih nikmat, kamu dapat mencoba resep berikut ini.

Bahan :

Bahan-bahan yang diperlukan untuk cara membuat kopi susu ala cafe yaitu sebagai berikut.

Kopi bubuk hitam atau dapat juga diganti dengan kopi instan sebanyak 1 sdm;

Gula pasir sebanyak 1,5-2,5 sdm, sesuaikan dengan selera;

Baca Juga
Laundry Gorden Bogor, Hasil Bersih Rapi, Wangi, dan Rapi

Susu cair panas 170 ml atau dapat diganti dengan 1 sachet susu kental manis yang dicampur dengan 160 ml air panas;

Krim kental 120 ml atau dapat diganti dengan 1 sdm krimer;

Cokelat bubuk sebanyak 1 sdt untuk campuran dan secukupnya untuk taburan; dan

Es balok kalau ingin menikmati kopi susu yang dingin.

Cara Membuat :

Cara membuat kopi susu ala cafe ini sangatlah gampang. Pertama, campurkanlah kopi bubuk, gula pasir, serta cokelat bubuk ke dalam cangkir maupun gelas.

Kemudian tambahkan susu panas, aduk dengan merata. Pastikan juga semua bahan tercampur dan tidak ada gumpalan. Terakhir, tambahkan krimer di bagian atasnya, kemudian taburkan cokelat bubuk dengan membentuk gambar sesuai dengan kreasimu.

Kalau ingin membuat versi ice coffee latte, dinginkan dulu campuran kopi dan susu. Sambil menunggu dingin, blender krim kental serta es batu sampai tercampur rata.

Kemudian masukkan kopi susu yang sudah didinginkan tadi, dan cokelat bubuk ke dalam blender yang berisi krim serta es batu. Blender lagi. Terakhir, tinggal sajikan kopi susu ala kafe ini di dalam gelas. Jangan sampai lupa beri taburan cokelat bubuk dan buatlah gambar pada atasnya.

Nah demikian tadi cara membuat kopi susu ala cafe yang bisa kamu coba di rumah.