4 Tips Mengelola Keuangan Perusahaan

Pengelolaan keuangan saat ini dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui keberadaan teknologi yang berkembang semakin pesat dari hari ke hari. Termasuk dengan hadirnya penyedia jasa seperti Jack Finance yang dapat membantu kita mengelola keuangan perusahaan dengan lebih mudah dan rapi.

Namun, bukan berarti dengan adanya teknologi semua persoalan selesai begitu saja. Karenanya, tips-tips berikut tetap perlu dilakukan supaya keuangan perusahaan dapat dikelola dengan sehat.

Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Perusahaan

Tips pertama adalah pemisahan antara uang pribadi dan uang perusahaan. Jangan sampai yang uang pribadi diklaim sebagai uang perusahaan begitu pula sebaliknya di mana uang perusahaan dipakai untuk keperluan pribadi. Tips ini kedengarannya mungkin sederhana saja tetapi apabila diabaikan, keuangan perusahaan dapat menjadi kurang sehat dan kurang rapi sehingga perhitungan untung rugi akan menjadi rumit.

Catat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Tips selanjutnya adalah mencatat semua uang yang masuk dan yang keluar secara jujur dan rapi. Hal ini amatlah penting supaya untung rugi dapat diketahui dan dapat dikenali pula pos mana yang paling banyak menyedot uang perusahaan. Kegiatan ini menuntut ketelitian dan juga kerajinan sehingga tidak ada pengeluaran maupun pemasukan yang luput dari catatan.

Pencatatan ini juga menjadi hal yang krusial jika kita hubungkan dengan perpajakan di mana untung ruginya suatu perusahaan akan mempengaruhi besaran pajak yang harus dibayarkan.

Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Hal lain yang juga perlu dilakukan adalah evaluasi. Dengan adanya evaluasi secara berkala, perusahaan dapat menentukan strategi apa yang akan diimplementasikan mengacu pada kondisi keuangan terkini. Tanpa adanya evaluasi, perusahaan dapat terus merugi jika sedang merugi pun jika sedang dalam kondisi untung, keuntungan yang diperoleh bisa jadi kurang maksimal.

Baca Juga
Cara Jualan Online di Marketplace Facebook Untuk Pemula

Manfaatkan Teknologi

Tips lain yang tidak kalah penting adalah pemanfaatkan teknologi seperti dengan menggunakan aplikasi Jack atau aplikasi penyedia layanan pengelolaan keuangan perusahaan lainnya. Keberadaan aplikasi-aplikasi keuangan tersebut kiranya perlu dimanfaatkan dengan baik supaya keuangan perusahaan dapat dikelola dengan baik dan keuntungan dapat diraih secara maksimal.

Demikian beberapa tips mengelola keuangan perusahaan yang dapat diimplementasikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel keuangan lainnya.