5 Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Salah satu cara menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penularan penyakit adalah dengan mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa tangan bisa menjadi media penularan penyakit ke tubuh karena tangan merupakan anggota tubuh yang paling banyak menyentuh benda atau barang. 

Maka dari itu, penting untuk rajin mencuci tangan. Namun, mencuci tangan juga tidak boleh dilakukan asal-asalan. Anda harus mengikuti langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar supaya tangan bisa benar-benar bersih. Lantas, berapa langkah cuci tangan yang baik dan benar?

Ini Dia 5 Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Basahi tangan dengan air mengalir

Langkah pertama untuk mencuci tangan dengan benar adalah membasahi tangan menggunakan air mengalir. Pastikan seluruh area tangan basah oleh air mengalir. Termasuk pungung tangan, telapak tangan, serta pergelangan tangan.

Tuang sabun antiseptik

Untuk melindungi kebersihan tangan, Anda disarankan untuk menggunakan sabun antiseptik karena mampu melawan kuman. Tuangkan sabun antiseptik tersebut secukupnya pada telapak tangan. Selanjutnya, gosok kedua telapak tangan sampai sabun tersebut tersebar merata ke telapa k tangan.

Gosok tangan secara menyeluruh

Setelah menggosok sabun ke telapak tangan, selanjutnya lanjutnya dengan menggosok tangan ke bagian lainnya. Mulai dari sela-sela jari, punggung tangan, pergelangan tangan, punggung jari, ibu jari, hingga ujung jari atau bawah kuku. Ibu jari dibersihkan dengan cara menggosok secara memutar.

Untuk membersihkan sela-sela jari, pertemukan kedua telapak tangan, kemudian gabungkan jari-jari untuk membersihkan sela-sela jari. Sementara punggung jari dibersihkan dengan cara menggenggam serta menggosok kedua tangan. Lakukan langkah ketiga ini selama minimal 20 detik.

Bilas dengan air mengalir

Jika sudah selesai menggosok seluruh bagian tangan menggunakan sabun, selanjutnya adalah membilas kedua tangan menggunakan air mengalir. Bilas tangan sampai benar-benar bersih dan tidak ada bekas sabun yang tersisa.

Keringkan tangan

Setelah membilas tangan sampai bersih, langkah terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah mengeringkan tangan. Gunakan handuk yang bersih dan lembut untuk mengusap tangan yang basah sampai benar-benar kering. Anda juga bisa menggunakan hand dryer untuk membantu mengeringkan tangan.

Lima langkah di atas merupakan cara mencuci tangan secara baik dan benar. Jadi, pastikan Anda tidak pernah melewatkan satu pun langkah di atas. Dengan begitu, maka aktivitas mencuci tangan yang Anda lakukan bisa memberikan hasil yang efektif untuk melindungi kebersihan tangan.