7 Tempat Menarik Yang Harus Dikunjungi Di Tunisia

 

Tunisia yang berada di ujung utara benua Afrika merupakan sebuah negara yang dipenuhi dengan berbagai objek wisata yang menarik. Menurut jurnalis The New York Times, Tunisia dikenal dengan pantai emas, cuaca yang cerah, serta kemewahan yang terjangkau. Industri pariwisata Tunisia cukup besar dan menjadikannya sebagai salah satu negara di Afrika yang paling sering dikunjungi turis mancanegara.

Pariwisata di Tunisia mulai aktif sejak tahun 1960-an dan saat ini mampu menarik sekitar 9,4 juta wisatawan per tahunnya. Untuk berwisata ke Tunisia, biasanya para turis dari mancanegara akan menggunakan jasa para agen tour dan wisata. Para agen tour dan wisata seringkali juga menawarkan berbagai paket wisata luar negeri dengan harga yang terjangkau sesuai tujuan wisatawan.

Berikut ini adalah beberapa tujuan wisata menarik yang ada di negara Tunisia:

Kartago

Kartago merupakan sebuah reruntuhan bekas ibukota dari peradaban Kartago Kuno yang menjadi rival dari Kekaisaran Romawi di masa lalu. Reruntuhan ibukota peradaban bangsa Fenisia ini berlokasi di pinggiran kota Tunis dan terletak di tepi laut Mediterania. Saat ini, situs ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama pengagum sejarah.

Sidi Bou Said

Sidi Bou Said adalah sebuah kota pelabuhan yang sebelumnya merupakan sebuah desa kecil bernama Jabal el-Menar. Berlokasi sekitar 20 kilometer dari ibukota Tunis, kota ini terkenal dengan berbagai bangunan yang dicat putih dan biru. Disamping itu, kota ini juga merupakan kota seniman dimana banyak seniman Tunisia dan mancanegara memiliki rumah disini.

Amfiteater El-Djem

Amfiteater El-Djem merupakan sebuah amfiteater atau gelanggang terbuka bekas peninggalan bangsa Romawi yang ada di kota El-Djem. Gelanggang ini dibangun sekitar tahun 238 Sebelum Masehi oleh bangsa Romawi dan digunakan sebagai arena pertarungan para gladiator. Pada abad pertengahan, bangunan ini difungsikan sebagai kamp perlindungan bagi warga kota ketika terjadi peperangan disana.

Hammamet

Hammamet adalah kota di Tunisia yang memiliki pantai yang indah dan menjadi salah satu destinasi wisata terpenting di negara tersebut. Keindahan pantainya dengan laut yang biru menjadikan Hammamet sebagai tujuan wisata utama untuk berenang dan melakukan berbagai kegiatan olahraga air. Selain pantai dan lautnya, keindahan Hammamet juga bisa dirasakan dari berbagai bangunan yang dicat putih bersih.

Sousse

Sousse merupakan ibukota dari provinsi Sousse yang terletak sekitar 140 kilometer di sebelah selatan ibukota Tunis. Kota ini merupakan salah satu kota resor terpenting di Tunisia yang memiliki iklim semi-kering yang sedikit panas. Lokasinya yang berada di tepi laut menjadikannya resor sepanjang musim dengan musim panas yang kering serta musim dingin yang hangat.

Kairouan

Kairouan adalah sebuah kota di Tunisia yang dibangun sekitar tahun 670-an oleh dinasti Umayyah di masa pemerintahan Muawiyah I. Dengan berbagai masjid dan madrasah serta beragam makam kuno, kota ini bagaikan sebuah monumen hidup bagi masyarakat Tunisia. Arsitektur bangunan di kota ini dipengaruhi budaya Arab dengan berbagai minaret yang menjulang serta kubah besar.

Ribat dari Monastir

Ribat dari Monastir merupakan sebuah benteng pertahanan dalam budaya Arab yang berada di kota Monastir atau Mistir, Tunisia. Benteng ini dibangun pertama kali pada masa dinasti Abbasiyah berkuasa tahun 796 Masehi ketika Tunisia dipimpin oleh Harthama. Saat ini benteng tersebut merupakan salah satu bangunan yang banyak dijadikan tempat berfoto para turis ketika berkunjung ke Tunisia.