7 Tanaman Obat Herbal Yang Paling Berkhasiat Di Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasanya Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan aneka tanaman rempah-rempah. Selain itu, terdapat juga berbagai tanaman obat herbal  yang dapat dikonsumsi karena memiliki khasiat tertentu untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tanaman herbal ini juga sangat mudah dijumpai di sekitar Anda dan dapat ditanam secara langsung di area rumah. Berikut ini terdapat beberapa tanaman obat herbal yang memiliki khasiat bagi tubuh.

  1. Lengkuas

Tanaman obat yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan, meningkatkan kesuburan pria, melawan infeksi dan lainnya. Khasiat dari tanaman ini yaitu mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, galangan, karbohidrat, beta-sitosterol, serat dan flavonoid.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing ini juga dikenal ampuh mampu mengobati kencing batu atau melancarkan saluran kemih, hal ini karena daun kumis kucing ini bersifat diuretik yang akan membantu meningkatkan produksi urin. Selain terlihat cantik, tanaman kumis kucing ini juga mengandung zat anti radang yang dapat mengatasi rematik, alergi, batuk, asam urat, diabetes, gangguan ginjal hingga hipertensi.

  1. Daun Cincau

Tak kalah hebatnya dengan tanaman herbal lainnya, daun cincau ini juga ampuh untuk mengobati demam, meredakan panas dalam, mengatasi tekanan darah yang tinggi. Selain itu, daun cincau ini juga dapat digunakan untuk mengobati diare, mengurangi rasa nyeri pada otot.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman obat herbal yang sudah tidak asing terdengar dan sangat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh saat dinginnya cuaca. Mengonsumsi jahe ini juga dapat menyembuhkan batuk, mengatasi masuk angin, mual hingga gangguan pencernaan.

  1. Mengkudu

Buah yang dikenal dengan warna hijaunya ini memiliki khasiat untuk mengatasi radang sendi, infeksi, hingga sembelit. Mengkudu sendiri mengandung vitamin C, folat dan biotin. Walaupun memiliki rasa pahit, mengkudu ini memang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit tersebut.

  1. Belimbing Wuluh

Selain dikenal untuk menambahkan rasa asam pada masakan tradisional, belimbing wuluh ini juga sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti mengobati gusi berdarah, sariawan, sakit gigi, pegal linu hingga rematik.

  1. Temulawak

Tanaman obat herbal berikutnya yaitu temulawak yang memiliki khasiat untuk mengatasi sendi yang sakit dan kau, mengobati gangguan ginjal dan mengatasi sistem pencernaan. Kemudian bagian akar dan dagingnya ini juga digunakan untuk mencegah dan mengobati kanker.

khasiat obat herbalkhasiat tanaman herbal.obat herbalobat herbal jahetanaman herbaltanaman herbal untuk obattanaman obat herbat