Bagaimana cara mensterilkan dot anak?

Produk Bayi TerbaikBagaimana dot disterilkan? Apakah metode yang digunakan oleh banyak orang tua untuk memasukkannya ke dalam mulut untuk membersihkannya efisien atau lebih baik menggunakan teknik lain?

Bagaimana cara mensterilkan dot anak? Orang tua dengan anak kecil yang menggunakan dot menanyakan pertanyaan ini kepada diri mereka sendiri setidaknya sepuluh kali sehari (jika tidak lebih!) Mengingat saat-saat dot jatuh ke tanah dan perlu dibersihkan dan disterilkan sangat banyak. Dot, dari bulan-bulan pertama, bisa menjadi penolong yang berharga bagi orang tua.

Tanpa menjelekkannya, jika digunakan dengan cara yang benar dapat membantu anak menjadi tenang tanpa menjadi sifat buruk yang sulit untuk dilepaskan. Hal ini tentunya bukan merupakan benda yang sangat diperlukan dan dokter anak menyarankan untuk tidak menggunakannya dalam 20-30 hari pertama kehidupan bayi untuk memudahkan menyusui ibu, tetapi dapat bermanfaat untuk memenuhi salah satu kebutuhan alami bayi yaitu bahwa dari mengisap.

Melepaskan dot dari bayi merupakan langkah penting dalam pertumbuhan dan otonomi, tetapi selama si kecil menggunakannya untuk simulasi mengisap, meyakinkan dirinya sendiri dan tenang, Anda dapat mengatur penggunaan dot dengan cara yang rasional dan fungsional, selalu membersihkannya. dengan semua tindakan pencegahan dan sering.

Tapi apa yang Anda lakukan ketika Anda keluar dan sekitar dan jatuh ke tanah? Dan di rumah, bagaimana Anda mensterilkan dot? Berikut adalah beberapa tips.

Membersihkan dot di rumah

Dalam enam bulan pertama kehidupan bayi, lebih baik mensterilkan dot sekali sehari. Jika ini jatuh ke tanah atau menjadi kotor, maka pembersihan yang lebih menyeluruh akan diperlukan, tetapi dalam kasus di mana dot duduk dengan tenang di samping bayi tanpa menjadi kotor, satu kali sterilisasi per hari dalam air mendidih sudah cukup. Jika tidak, mencuci dengan air adalah cara yang tepat untuk selalu menjaga kebersihannya, terutama di beberapa bulan pertama.

Cara mensterilkan dot

Ada dua cara untuk mensterilkan dot: bisa direbus (dengan air mendidih setidaknya selama 5 menit) atau Anda bisa menggunakan uap (melalui penggunaan alat sterilisasi khusus). Ada juga metode ketiga, dimana larutan desinfektan dengan natrium hipoklorit dapat digunakan. Jenis sterilisasi ini bisa dilakukan selama 6 bulan pertama bayi, kemudian air mengalir menjadi cara terbaik untuk membersihkannya.

Masukkan dot bayi ke dalam mulut, ya atau tidak?

Godaan untuk membersihkan dot dengan memasukkannya ke dalam mulut, terutama saat Anda jauh dari rumah dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mensterilkannya atau mencucinya di bawah air mengalir selalu sangat kuat. Dan banyak orang tua jelas melakukannya tanpa masalah. Meski ada penelitian yang menyebutkan bahwa menghisap dot bayi untuk membersihkannya membantu anak yang alergi, dokter anak Italia sepakat bahwa berpindahnya bakteri dan kuman dari mulut ibu atau ayah ke mulut bayi bukanlah hal yang positif, apalagi jika itu adalah bayi baru lahir dengan sistem kekebalan yang belum diperkuat. Selalu bawa sebotol air minum atau belilah alat sterilisasi perjalanan untuk keadaan darurat.

Cara membersihkan dot di luar rumah

Memiliki sebotol air di tas Anda untuk berjaga-jaga selalu baik dan benar. Jadi, jika dot jatuh saat bayi berjalan-jalan dengan orang tuanya, itu selalu dapat diperbaiki dengan cepat sambil menunggu sterilisasi lengkap. Ada juga tisu pembersih-pacifier dan sterilizer portabel kecil yang dapat dibawa dengan nyaman di tas bayi. Namun, seperti di rumah, aturan membersihkan di bawah air mengalir sederhana berlaku jika sering jatuh atau kotor.

Kapan harus mengganti dot?

Jika Anda melihat lesi yang jelas pada dot, sering disebabkan oleh gigitan anak yang sudah memiliki gigi, ada baiknya untuk mengubahnya. Namun, secara umum, dot harus diganti setiap dua bulan: yang silikon harus diganti jika terjadi lecet; mereka dari karet ketika mereka menjadi keropos dan memiliki patina keputihan. Dalam hal ini, sebenarnya, mereka bisa menjadi pembawa bau tak sedap atau lebih buruk lagi, bakteri.