Beberapa Taman Publik Terbaik Di Kota Paris

Kota Paris yang berada di negara Perancis dikenal sebagai salah satu kota yang paling indah di benua Eropa. Paris yang merupakan ibukota dari negara Perancis ini terletak di bagian utara negara Perancis dan merupakan kota terbesar disana. Dengan populasi sekitar 12 juta jiwa, kota Paris juga merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Eropa.

Ibukota negara Perancis ini dikenal sebagai “city of love” karena disana terdapat berbagai hal yang membuat suasana kota menjadi romantis. Salah satu hal yang membuat suasana romantis di kota Paris adalah berbagai taman yang indah yang tersebar di penjuru kota. Berbagai taman tersebut merupakan taman terindah di Eropa yang membuat kota Paris juga dijuluki sebagai “city of parks”.

Berikut adalah beberapa taman yang indah yang berada di berbagai penjuru ibukota Perancis tersebut:

Parc des Buttes-Chaumont

Parc des Buttes-Chaumont adalah taman publik yang terletak di sebelah timur laut kota Paris. Taman ini dibangun pada pertengahan abad ke 19 oleh Jean-Charles Alphand. Selagi berjalan di taman ini, pengunjung bisa melihat air terjun buatan, kuil, hingga tebing buatan.

Bois de Vincennes

Bois de Vincennes merupakan taman publik terbesar di Paris yang berada di ujung timur kota. Lokasi taman ini berada di sebelah Chateau de Vincennes yang merupakan bekas kediaman raja Perancis. Di area taman ini terdapat kebun Inggris yang dilengkapi dengan 4 buah danau buatan.

Jardin des Tuileries

Jardin des Tuileries adalah kebun atau taman publik yang berada di kota Paris. Kebun ini berlokasi diantara Louvre dan Place de la Concorde di arondisemen Louvre di Paris. Pertama kali dibuka untuk umum pada 1667, kebun ini menjadi kebun publik setelah Revolusi Perancis.

Bois de Boulogne

Bois de Boulogne merupakan salah satu taman publik kota Paris yang berada di ujung barat. Kawasan ini pertama kali dikembangkan oleh Napoleon III dan menjadi taman publik sejak tahun 1852. Taman publik yang menempati area seluas 845 hektar ini merupakan taman terluas kedua di Paris.

Parc de la Villette

Parc de la Villette adalah taman publik seluas 55,5 hektar di kota Paris. Didesain oleh seorang arsitek Bernard Tschumi, taman ini dibangun antara tahun 1984 hingga 1987. Sejak dibuka tahun 1987, setidaknya Parc de la Villette menerima rata-rata 10 juta kunjungan per-tahun.

Jardin du Luxembourg

Jardin du Luxembourg merupakan sebuah taman publik yang terletak di kota Paris, Perancis. Berlokasi di sebelah istana Luxembourg, taman ini dibangun pada 1612 oleh Ratu Marie de Medici. Saat ini Jardin du Luxembourg merupakan milik senat Perancis dan terbuka bagi masyarakat umum.

Parc Monceau

Parc Monceau adalah sebuah taman publik seluas 8,2 hektar di kota Paris. Pertama kali dibangun oleh seorang bangsawan yang merupakan keponakan Raja Louis XVI tahun 1778. Disini selain berbagai tanaman, pengunjung bisa melihat replika piramida, pilar Corinthian, hingga pagoda China.

Coulee verte Rene-Dumont

Coulee verte Rene-Dumont adalah sebuah jalur hijau sekaligus taman sepanjang 4,7 kilometer di Paris. Jalur hijau ini juga dikenal dengan nama Promenade Plantee dan diresmikan sejak tahun 1993. Dahulu, kawasan ini merupakan bekas infrastruktur kereta api yang sekarang dimanfaatkan sebagai kawasan hijau.

Kedelapan taman publik tersebut dikenal sebagai beberapa taman publik terindah yang ada di kota Paris. Taman-taman tersebut juga menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh berbagai turis baik dari lokal maupun mancanegara. Biasanya bagi para turis mancanegara, mereka akan menggunakan jasa agen wisata yang menawarkan paket wisata Eropa untuk berlibur ke Paris.