Belajar Al Quran Baru Hadits, Jangan Dibalik

Semangat menuntut ilmu agama di kalangan masyarakat indonesia yang beragama islam semakin masif, ini tidaklepas dari peran para dai yang menyebarkan dakwah ilmu secara gencar baikmelalui majelis ilmu maupun melaluimedia online, seperti facebook, youtube maupun website-website islami, tentu ini menjadi kabar gembira bagi kita akan kebaikan ini.

Tapi yang perlu di ingat dan menjadi perhatian juga adalah, prioritas ilmu yang harus di pelajari oleh seorang muslim, jangan sampai ia mempelajari ilmu yang sudah tinggi tapi ilmu yang dasar belum di kuasai.

Mengapa saya menuliskan ini, karena banyak dari kalangan orang awam yang belajar ilmu agama secara giat dan rajin tapi dalam hal pembacaan AL quran yang merupakan kitab suci masih berantakan dan jauh dari kata sempurna, apakah hal ini bisa di benarkan?, tentu tidak, yang lebih bijak dan tepat adalah mempelajari AL quran terlebih dahulu sebelum mempelajari hadits .

Tentu maksud dari tulisan ini bukan meninggalkan hadits tapi seperti yang saya tuliskan belajar al quran menjadi prioritas utama sebelum mempelajari ilmu hadist.

Baca juga: Hadits Tentang Ikhlas

Darimana Memulai Belajar Al Quran?

Yang pertama dari mempelajari al quran adalah dengan mempelajari tajwid atau belajar baca AL quran dengan baik dan benar, yaitu belajar makhrojul huruf, bagaimana mengucapkan huruf hijaiyah secara baik dan benar, lalu dilanjutkan dengan belajar tanda tanda baca, panjang pendek dan juga bagimana bunyi suatu huruf jika menemukan kondisi tertentu, semua ini di sebut dengan ilmu tajwid atau tahsin.

Setelah kita bisa membaca AL Quran dengan baik dan benar, maka selanjutnya adalah belajar menghafal AL fatihah dengan baik dan benar juga menghafal beberapa surat pendek dari AL quran, sebisa mungkin kita bisa menghafal juz 30. Dan yang juga penting adalah kita membaca AL Quran secara rutin, sebisa mungkin 1 juz setiap hari, agar bacaan kita menjadi lancar dan juga kita akan mendapatkan pahala yang besar. Selanjutnya adalah kita mempelajari tafsir dari AL quran, minimal kita mengetahui tafsir dari al quran juz 30.

Pelajari Ilmu Dasar Agama

Disamping itu, disaat kita mempelajari AL quran, kita juga belajar ilmu agama yang dasar yang bersifat fardhu ain, atau wajib bagi kita, seperti bab taharoh atau bersuci, lalu bab sholat dan beberapa ilmu fiqih yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Dengan urutan belajar seperti itu maka kita mempunyai target yang jelas dan menuntut ilmu agama dengan carasistematis seperti ini jauh lebih bermanfaat daripada tidak memperhatikan urutan prioritasnya, dan hal yang sangat penting dari ini semua adalah kita senantiasa mengamalkan ilmu yang selama ini kita pelajari, jangan sampai ilmu yang ada di kepala kita sudah banyak tapi nol dari amalan agama.

Ingin belajar agama islam via online, silahkan kunjungi website islami https://penaungu.com, gunakan website islami sebagai alternatif belajar, tapi yang utama adalah dengan mendatangi kajian atau majelis ilmu.

belajar al quranbelajar hadistilmu agama