Cara Membersihkan Sofa Yang Benar Dari Kotoran Yang Ringan Hingga Membandel

Sofa menjadi salah satu perabotan yang kerap digunakan oleh banyak orang. Baik itu oleh para anggota keluarga hingga tamu yang datang ke rumah. Saat itulah bukan tidak mungkin jika ada debu, kuman maupun bakteri dan tungau yang bersarang di sofa tersebut. Meski begitu, kotornya sofa kerap kali tidak terlihat sehingga membuat orang tidak rutin membersihkan sofanya. Dengan begitu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan sofa yang benar.

baca juga : cuci sofa Batam

Pentingnya Menjaga Kebersihan Sofa

Sebagai perabotan yang sering digunakan untuk duduk atau bahkan tiduran, kebersihan sofa haruslah selalu dijaga. Keberadaan debu, kuman, bakteri, dan tungau di sofa bisa membuat siapapun yang sedang menggunakan sofa akan mengakibatkan rasa gatal, alergi, kulit kemerahan, hingga yang paling serius adalah gangguan pernapasan saat Anda tiduran dan menghirup kotoran di sofa.

Dampak yang terjadi jika sofa Anda kotor sangatlah berbahaya untuk kesehatan. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk menjadwal pembersihan sofa secara rutin. Sehingga siapa pun bisa menggunakan sofa secara aman dan bisa dipastikan bebas dari adanya debu, kuman, dan bakteri.

Cara Membersihkan Sofa

Berikut adalah beberapa cara membersihkan sofa yang bisa Anda terapkan secara teratur.

  1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara membersihkan sofa yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Pembersihan harus Anda lakukan secara merata bukan hanya di bagian permukaannya saja.

Tetapi hingga menjangkau bagian dudukan sofa, bagian dalam sofa, dan sela-selanya. Alat ini sangat membantu Anda untuk menghisap kotoran meski di tempat-tempat yang sulit terjangkau sekali pun.

baca juga: cuci springbed Batam

  1. Mencuci Dengan Air, Detergen, Dan Alkohol

Jika Anda melihat kotoran yang pekat seperti lemak di sofa Anda, maka cara membersihkan sofa yang benar adalah dengan mencampurkan air, detergen, dan alkohol. Kemudian gunakan lap atau spons yang sudah Anda berikan campuran tersebut lalu ditekankan pada noda di sofa. Hindari untuk memberikan gosokan serta menyikatnya.

Berbeda jika nodanya berupa darah, tinta, dan cat. Sebelum menggunakan campuran cairan tersebut, Anda perlu mengeringkannya terlebih dahulu menggunakan hair dryer atau vacuum cleaner.

  1. Gunakan Campuran Air Dan Cuka Jika Belum Bersih

Jika sofa belum juga bersih, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka. Di mana cuka sendiri mengandung zat asam klorin yang bisa menghilangkan noda membandel agar lebih mudah dibersihkan. Anda bisa mengulangi beberapa kali hingga noda tersebut hilang. Sesudah dikeringkan. Sofa bisa diuap dengan setrika uap.

  1. Gunakan Pelembab Untuk Sofa Berbahan Kulit

Jika Anda memiliki sofa yang berbahan kulit, maka untuk membersihkannya haruslah dilakukan dengan tepat agar bahan sofa tersebut tidak mudah sobek atau terkelupas. Anda perlu membersihkannya setiap dua atau tiga bulan sekali dengan lap yang dibasahi air. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan skin moisturizer untuk menjaga kelembaban sofa berbahan kulit.

Jadi, agar sofa Anda selalu dalam kondisi bersih dan mampu menjadi perabotan yang mampu memberikan kesan keindahan untuk interior rumah, maka cara membersihkan sofa yang benar tersebut bisa Anda terapkan.