Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri Khas Samarinda Yang Bikin Nagih

Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri Khas Samarinda Yang Bikin Nagih

Pada artikel kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara membuat amplang ikan tenggiri yang bikin nagih dan pastinya enak yang wajib kalian coba di rumah.

Amplang adalah makanan ringan khas kota Samarinda, kalimantan timur yang rasanya gurih dengan tekstur renyah seperti kerupuk. Amplang biasanya terbuat dari campuran daging ikan, tepung sagu dan bumbu penyedap yang lainnya. Untuk membuat Amplang ikan tenggiri cukup praktis dan tidak ribet sama sekali, yang terpenting saat menggorengnya harus menggunakan api kecil agar matangnya lebih merata.

Amplang diproduksi dengan menggunakan bahan dasar daging ikan yang digiling hingga halus. Kemudian dicampurkan dengan tepung tapioka atau dengan tepung sagu serta bahan-bahan bumbu yang lainnya. Ikan yang umum digunakan untuk membuat amplang ikan tenggiri ini biasanya adalah ikan tenggiri, ikan gabus (haruan), dan ikan belida (ikan pipih). Masing-masing dari jenis ikan tersebut memiliki ciri khas yang tersendiri

Akan tetapi, tahukah anda jika cara membuat amplang ikan tenggiri ini cukup sederhana dan mudah. Jadi, anda bisa membuat kerupuk amplang ikan tenggiri sendiri dengan sesuka hati dan tentunya tidak perlu sampai jauh-jauh pergi ke toko oleh-oleh untuk membelinya. Tertarik untuk langsung mencoba cara membuat amplang ikan tenggiri? Simak artikel ini sampai selesai.

Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri

Bahan-Bahan Membuat Amplang Ikan Tenggiri:

  1. 200 gr ikan tenggiri giling
  2. 400 gr tepung tapioka
  3. 2 btr telur
  4. 5 siung bawang putih
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 1 sdm kaldu bubuk
  7. 1 sdt garam
  8. 1/4 sdt baking powder
  9. 1/4 sdt soda kue
  10. 2 ltr minyak goreng

Langkah Membuat Amplang Ikan Tenggiri:

  1. Langkah pertama masukkan semua bahan ke dalam chopper (kecuali tepung dan minyak goreng). Giling bahan hingga halus.
  2. Kemudian masukkan adonan ke dalam baskom, tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk.
  3. Letakkan alas, taburi dengan menggunakan tepung tapioka, ambil sedikit adonan kemudian pilin adonan dan potong atau bentuk sesuai selera.
  4. Masukkan potongan ke dalam wadah yang diolesi dengan minyak supaya tidak menempel. Lakukan hal yang sama hingga adonan amplang habis.
  5. Nyalakan api sedang, setelah mengembang kecilkan api dan goreng adonan amplang sambil terus diaduk.
  6. Setelah matang, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Tata di dalam stoples dan sajikan.
  8. Diperlukan waktu menggoreng sekitar 30 hingga 40 menit supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan matangnya secara merata.

    Manfaat Mengkonsumsi Ikan Tenggiri

    1. Mencegah Risiko Penurunan Fungsi Kognitif

    Semakin bertambahnya usia bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami penurunan fungsi kognitif. Sebagaimana yang sudah diketahui diketahui, fungsi kognitif ini berkaitan erat dengan kemampuan manusia memproses informasi dan berbagai aktivitas mental otak yang lainnya. Ternyata, mengkonsumsi ikan tenggiri ini dapat menekan risiko pada penurunan fungsi kognitif.
    Melansir dari salah satu penelitian yang digagas oleh para ahli asal Oxford University, terdapat EPA dan DHA yang bermanfaat dan bagus untuk kesehatan otak. EPA dan DHA sendiri adalah alah satu jenis asam lemak omega-3 yang diyakini mampu membantu mempertahankan sekaligus meningkatkan fungsi kognitif pada mental otak, terutama bagi para penderita Alzheimer.

    2. Mencegah Anemia

    Kandungan vitamin B12, zat besi, dan folat yang terdapat pada ikan tenggiri baik untuk mencegah penyakit anemia. Sebab, karena kekurangan satu atau beberapa jenis nutrisi memang bisa menimbulkan anemia. Dimana biasanya, kondisi seperti ini lebih sering menyerang para remaja dan orang-orang dalam fase produktif.
    Beberapa gejala anemia yang mungkin timbul ialah seperti kemandulan, kelelahan berlebih, gangguan penglihatan, serta kelemahan pada otot. Bahkan, suatu penelitian menjelaskan jika anemia ini terjadi sebagai akibat dari kurangnya asupan zat besi dan vitamin B12 akan mempengaruhi postur atau ukuran tubuh hingga terlambatnya pubertas bagi para remaja.

    3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan tenggiri berperan besar dalam membantu berbagai masalah kesehatan. Termasuk pula dengan meningkatkan daya tahan tubuh pada manusia sebagai agen anti inflamasi.
    Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020 membuktikan bahwa asam lemak omega-3 cukup ampuh dalam mengatasi masalah seperti radang sendi seperti rheumatoid arthritis atau rematik. Disamping itu, kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki ikan tenggiri ini dapat melindungi sel dari risiko kerusakan sekaligus mencegah timbulnya kanker.

    4. Menurunkan Risiko Diabetes

    Asam lemak tak jenuh yang ada pada ikan tenggiri memegang peranan penting dalam mengontrol kadar gula darah. Inilah mengapa saat mengkonsumsi ikan tenggiri secara berkala bisa membantu seseorang untuk menurunkan risiko diabetes. Beberapa waktu yang lalu, American Diabetes Association merekomendasikan jenis ikan yang mengandung kaya akan omega-3, termasuk pula dengan ikan tenggiri.
    Ikan tenggiri ini berhasil masuk ke dalam daftar top 10 makanan paling sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis maupun masyarakat umum yang hendak akan melakukan pencegahan terhadapnya. Penelitian lain yang termaktub dalam jurnal Nutrients juga menunjukkan bahwa makanan yang tinggi asam lemak tak jenuh bisa mengurangi risiko seperti penyakit diabetes.

    5. Mencegah Kanker

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengkonsumsi ikan tenggiri mampu untuk mencegah timbulnya kanker. Hal ini dikarenakan ikan tenggiri mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, Coenzyme Q10, dan asam lemak omega-3. Beberapa dari penelitian terkait mengungkapkan bahwa masing-masing nutrisi pada ikan tenggiri tersebut bisa melakukan perlawanan atas berbagai faktor risiko penyebab penyakit kanker.
    Misalnya saja seperti Coenzyme Q10 yang bisa menyingkirkan agen-agen kanker yang melekat pada sel. Antioksidan yang akan melawan efek radikal bebas yang ada dalam tubuh, serta asam lemak omega-3 yang terbukti mampu untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus, kanker prostat, ataupun kanker payudara.

Karena harganya yang terjangkau dan juga murah, membuat Impulse Sealer atau Hand Sealer dicari dan dibutuhkan oleh banyak sekali orang terutama para pengusaha makanan. Alat Pres Plastik ini memang sangat berguna, dengan ukuran yang bisa dikatakan kecil dan mudah untuk dipindahkan, dan pastinya juga bisa hemat energi listrik. Bagi Anda yang ingin usaha kerupuk amplang udang, anda membutuhkan mesin Hand Sealer, maka Anda bisa menemukannya secara di Hand sealer .

amplang ikan tenggiricara membuat amplang ikan tenggiri