Cara Membuat Lupis Ketan Lontong Yang Simple dan Mudah

Cara membuat lupis ketan lontong, siapa sih yang tidak mengenal jajanan satu ini? Makanan yang memiliki rasa manis dan bertekstur lengket. Sebagian masyarakat Jawa mengetahui makanan lupis ketan, rasanya yang manis membuat semua orang menyukainya. Cara memasaknya pun juga terbilang gampang, Yuk simak resepnya berikut ini.

Apa Itu Lupis Ketan Lontong ?

Lupis ketan lontong adalah makanan asli khas Jawa Tengah yang sangat terkenal dengan teksturnya yang lengket, karena lupis ketan memiliki bahan utama beras ketan. Cara membuatnya pun terbilang lama dan sedikit mudah, semuanya tergantung kesabaran si pembuat lupis ketan.

Karena berbahan dasar beras ketan, lupis lontong bisa membuatmu cepat kenyat dengan waktu yang cukup lama. Selain itu, parutan kelapa dan saus gula merah yang ditabur di atas lupislontong membuat semua orang yang meilhatnya menjadi ketagihan. Saus gula merah sudah menjadi ciri khas dari lupis lontong, jika tidak ada akan terasa kurang.

Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah, hanya perlu kesabaran dan kelitian makan lupis ketan akan siap untuk dimakan. Rasanya tidak akan mengecewakan anda, ketika anda membuatnya dengan kesabaran. Berikut adalah sejarah lupis ketan dan resep lupis lontong, yang mudah dan gampang.

Baca juga : Cara Membuat Lupis Dengan Cetakan Lontong Yang Simple

Sejarah Lupis Ketan Lontong

Konon katanya, lupis ketan sudah ada sejak zaman penjajahan belanda. Lupis ketan merupakan makanan yang dihidangkan kepada raja – raja terdahulu, dengan menggunakan alas daun pisang. Lupis ketan juga diklaim beberapa daerah di Indonesia, contohnya Jakarta, Lumajang, dan daerah pulau Jawa lainnya.

Lupis lontong juga mudah dijumpai diberbagai pasar Jawa, bukan hanya dipasar tapi pedagang keliling dan pedagang kaki lima lupis ketan juga banyak ditemui. Tapi sangat jarang jika berada didaerah Jakarta, karena Jakarta terbilang kota yang modern dan hampir semua makanan Jakarta adalah makanan modern

Varian dari lupis lontong pun bermacam – macam, seperti contohnya lupis lontong yang biasanya ditaburi gula Jawa diganti menjadi taburan susu dan dikasih oreo diatasnya. Biasanya yang seperti ini banyak diminati oleh anak kecil dan remaja sekolah, semakin berkembangnya zaman lupis mulai dikenal dengan varian yang baru. Tapi itu tidak mempengaruhi cita rasa lupis yang asli, dengan ciri khas gula Jawa dan dibungkus dengan daun pisang.

Berikut adalah cara membuat lupis ketan lontong yang mudah dan anti gagal.

Cara Membuat Lupis Ketan Lontong

1. Lupis Lontong Yang Legit

Bahan – Bahan :

  • 750 gr ketan putih
  • Garam Secukupnya
  • Air Secukupnya
  • Daun pisang
  • Siapkan Cetakan lontong
  • Sediakan Vla kuah
  • 400 gr gula aren
  • Ambil 1/2 St Garam
  • Siapkan 1 lembar daun pandan
  • 1 SM Maizena
  • 500 gr air

Cara Membuat Lupis Lontong Yang Legit :

  1. Langkah pertama, rendam beras ketan semalaman lalu cuci bersih dan tiriskan, siapkan daun pisang untuk melapisi bagian dalam cetakan lupis lontong.
  2. Bentuk daun pisang 1 persegi panjang dan 2 bh bentuk lingkaran seukuran dengan tutup lontong. Masukkan 1 lembar daun pisang bentuk lingkaran sebagai alas dan bentuk persegi panjang sebagai pelapis dinding cetakan lupis lontong.
  3. Kemudian Isi dengan beras ketan sampai penuh agar lontong padat dan berisi karena ketan bukan beras biasa yang bisa mekar hingga 2x lipat. Lakukan hingga berulang kali sampai habis, kemudian rebus sampai matang.
  4. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Lalu siapkan bahan vla dan kelapa parut.
  5. Kukus kelapa agar kelapa tidak cepat basi.
  6. Untuk membuat kuahnya campur semua bahan vla, masak hingga mendidih dan kental setelah itu angkat, dan saring.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat lupis ketan lontong yang simple dan anti gagal. Kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan – bahan yang mudah dicari diwarung terdekat rumah anda, selamat mencoba dan semoga berhasil.

cara membuat lupis ketan lontongcara membuat lupis ketan lontong anti gagalresep lupis ketan enakresep lupis ketan lontong