Cara mengelolah bisnis catering nasi kotak

Cara mengelolah bisnis catering nasi kotak

Warung makan akhir-akhir ini banyak diminati karena dibutuhkan oleh banyak pihak  terutama perkantoran, lembaga pendidikan maupun acara-acara tertentu seperti pernikahan dan pesta lainnya. Jika Anda mempunyai hobi dan bakat memasak, tidak ada salahnya membuka warung makan, karena peluangnya sungguh menarik dan menguntungkan.  

  

Meski bisnis warung makan terlihat menarik, namun modalnya tidak sebatas bahan dan semangat memasak. Namun sebelum memulai, Anda juga perlu mempersiapkan banyak hal agar tidak merugi dan mendapatkan banyak pelanggan. Di sini Anda dapat menemukan informasi lengkap tentang bisnis makanan, termasuk pilihannya, informasi modal, dan cara memulai bisnis!  

  

Peluang bisnis Catering Box   

Peluang usaha warung makan menarik untuk dilirik, apalagi jika Anda membuka usaha ini di kawasan padat penduduk, perkantoran, dan lembaga pendidikan. Selain itu, akhir-akhir ini tingginya permintaan terhadap menu catering kantor maupun acara-acara tertentu seperti pernikahan,  ulang tahun, seminar dan acara besar lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis kuliner jenis ini, apalagi jika Anda memiliki hobi memasak sekaligus ingin menjalankan bisnis.  

  

Kebutuhan akan usaha ini tinggi, tidak hanya karena acara-acara tertentu saja, namun ada juga masyarakat yang membutuhkannya untuk konsumsi sehari-hari atau karena keterbatasan waktu untuk memasak  di rumah. Menu warung makan yang biasanya diperuntukkan untuk sehari-hari, misalnya saja menu diet dan catering kantor biasa. Hal ini biasanya bisa  terjadi jika Anda tinggal di kawasan perkantoran dan bisnisnya dipercaya  banyak pihak. Keuntungan memang tidak main-main, apalagi jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan. Menariknya lagi, bisnis makanan bisa dimulai dengan modal yang relatif murah, namun keuntungannya bisa 100% dari modal awal. Apakah Anda tertarik dengan peluang bisnis menarik ini?  

  

Modal komersial booth restoran 

Modal usaha warung makan sebenarnya murah jika memulainya dari usaha rumahan karena tidak perlu menyewa tempat dan menggaji karyawan terlebih dahulu. Jika Anda ingin memulai bisnis nasi kotak ini dari rumah, Anda bisa meminta bantuan  anggota keluarga agar tidak perlu mengeluarkan modal  terlalu banyak.  Menentukan modal kerja sebelum memulai usaha sangatlah penting karena nantinya akan dijadikan  patokan dalam berjualan makanan per kotak agar tetap untung. Oleh karena itu, perhitungan modal awal harus dilakukan secara detail, agar mengetahui alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan,  sistem pengantaran makanannya seperti apa, berapa biaya yang dikeluarkan per minggu atau bulannya, dan kebutuhan anggaran  lainnya.  

  

Bisnis jasa rumah tangga bisa dimulai dengan modal awal yang relatif murah. Ini adalah rincian dasar yang perlu dipersiapkan.  

Informasi modal awal di atas meliputi upah pekerja (anggota keluarga), bahan dan alat  yang berjumlah kurang lebih Rp 5.450.000 untuk kurang lebih 30 bagian. Modal awal ini sebenarnya bisa semakin berkurang jika Anda sudah memiliki peralatan memasak yang lengkap dan kulkas.  

  

Estimasi keuntungan jika ingin menjual  satu porsi nasi kotak adalah Rp15.000, jadi jika terjual semua maka mendapat keuntungan Rp1 hari. 15.000 x 60 porsi = Rp 900.000. Sekaligus per bulan (22 hari kerja) adalah Rp 900.000 x 22 = Rp 19.800.000 per bulan.  

  

Total keuntungan tersebut tidak dikurangi dengan biaya nasi, ayam, sayur mayur, bumbu dapur, air mineral dan bekal makan siang yaitu Rp 535.000 per hari atau Rp 11.770.000 per bulan. Jadi total keuntungan bersihnya adalah Rp 19.800.000 – Rp 11.770.000 = Rp 8.030.000 per bulan. Pendirian Kotak Katering  

 

Tentukan jenis katering  

Untuk menjangkau khalayak luas guna mempelajari bisnis makanan Anda, Anda perlu merencanakan dan menata kedai makanan Anda dengan cermat. Misalnya fokus berjualan nasi kotak, jajanan pasar, paket pesta atau bisa kombinasi.  

  

Pelajari terlebih dahulu  cara memulai bisnis kotak makanan agar Anda bisa lebih memahami siapa target pasar Anda. Jika menyasar pekerja kantoran misalnya, Anda  bisa membuat menu meja makan yang konsumsinya disesuaikan dengan kebutuhan karyawan tersebut. Atau mungkin saat Anda menyajikan menu diet, Anda perlu memahami cara menghitung kalori dan mengukur bahan untuk dimasak.  

  

Lalu, jika Anda ingin menyiapkan makanan buatan sendiri untuk acara atau pesta, sesuaikan juga konsumsinya. Apakah Anda sarapan prasmanan (takeaway) atau  nasi kotak?  

 

Buat nama bisnis  

Pilihan memulai bisnis catering selanjutnya adalah dengan mengingat untuk membuat nama bisnis yang unik dan catchy, namun namanya tidak sulit untuk dieja. Tujuannya agar masyarakat mudah mengenalinya. Usahakan juga untuk mencantumkan lokasi usahanya agar orang lain tidak terjebak saat mengisi survei.  

  

Nama catering yang unik mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan bisnis karena orang lain melihat nama tersebut sebagai kesan pertama. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat nama yang mempunyai arti yang baik, bisa berupa singkatan atau diambil dari suatu benda tertentu. Hindari penggunaan unsur negatif karena akan menimbulkan citra buruk perusahaan Anda di mata orang lain nantinya.

 

Hitung modal dan harga jual    

Cara memulai usaha warung makan yang terpenting adalah dengan mengingat perhitungan modal dan harga jual. Kapitalisasi poin sebelumnya sedikit banyak bisa bergantung pada bahan dan peralatan yang digunakan, serta dipengaruhi juga oleh jumlah porsi yang akan dimasak.  

  

Saat menghitung modal perusahaan penyedia jasa rumah tangga, pertimbangkan juga gaji karyawan (juru masak dan kurir). Namun, jika ingin memangkas biaya staf dan memanfaatkan kerja sama keluarga, ada baiknya jika semua pihak menyetujuinya. Harga jual menu makanan ditentukan berdasarkan hasil perhitungan modal. Pastikan jumlah totalnya tidak kurang atau sama dengan modal yang digunakan, karena nantinya Anda tidak akan mendapat untung. Bila perlu, Anda bisa mencoba meneliti harga produk makanan pesaing sejenis. 

 

Carilah pemasok bahan baku yang terpercaya  

Menemukan pemasok termurah dan terpercaya untuk membeli bahan baku sangatlah penting karena mempengaruhi kualitas makanan. Saat mencari supplier, Anda bisa bertanya kepada warga pasar tradisional atau mencari kontak melalui orang terdekat.  

  

Saat meneliti pemasok bahan mentah, lihatlah kesegaran, kualitas, dan layanan produk. Jangan tergiur dengan bahan yang murah, namun kualitasnya sangat buruk, sehingga dapat mempengaruhi cita rasa makanan.

 

Promosikan warung makan  

Selanjutnya membuat perusahaan makanan dari bekal makan siang, yaitu mempromosikan perusahaan di internet khususnya di jejaring sosial. Kecanggihan internet dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak konsumen dengan modal iklan gratis maupun berbayar.  

  

Buat listing produk yang menarik agar calon pelanggan mudah melihatnya. Pilih juga konten dengan foto dan video yang menarik, profesional, dan tidak asal-asalan. Branding produk merupakan hal yang sangat penting ketika memulai sebuah bisnis.  

 

Memberikan tester kepada konsumen  

Pemilihan makanan untuk masakan rumahan tergantung pada rasa dan tampilannya, sehingga tidak ada salahnya  memberikan konsumen tester. Dengan adanya tester, konsumen dapat berpikir apakah menu kotak makanan tersebut layak untuk dikonsumsi atau tidak.  

  

Jika Anda membuat makanan, itu harus segar. Artinya bukan makanan yang dipanaskan terlalu lama kemudian dipanaskan kembali beberapa kali, misalnya dimasukkan ke dalam lemari es selama 3 minggu  kemudian  dipanaskan kembali hanya pada saat  pelanggan meminta pertanyaan.  

 

Melayani pelanggan dengan baik  

Meski hanya paket masakan rumahan, selalu utamakan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan bertransaksi. Melayani pelanggan dengan baik tanpa diskriminasi, berkomunikasi dengan sopan dan berbahasa sopan.  

  

Kepuasan pelanggan  dipengaruhi oleh pelayanan tenaga penjual. Jadi penjual  harus lebih bersabar dan mengedepankan sopan santun saat memberikan pelayanan. Sehingga  menentukan apakah pelanggan  akan kembali lagi atau  sebaliknya, tidak akan mempercayai bisnis warung makan Anda.  

 

jangan pernah lupa mencatat keuangan Anda

Terakhir, jangan pernah lupa mencatat keuangan Anda. Tujuan akuntansi keuangan adalah untuk melihat informasi mengenai dana yang digunakan sebagai modal awal dan pendapatan yang diterima. Dengan begitu Anda akan tahu apa hasil akhirnya.  

  

Selain itu, akuntansi keuangan juga berfungsi dalam mengevaluasi laporan pengeluaran dan pendapatan selama suatu periode waktu. Jadi, Anda tahu apa  yang harus ditingkatkan, ditambah, atau dikurangi biayanya.  

  

Demikianlah informasi lengkap mengenai bisnis warung makan beserta peluang, modal awal dan cara memulainya. 

Baca Juga

Cara Bisnis Catering Nasi Kotak

Rekomendasi Catering Terbaik