Cara Menghilangkan Bau Karpet Akibat Jamur

Menghilangkan bau karpet merupakan salah satu permasalahan pelik yang mungkin Anda hadapi. Selain merusak keindahan karpet, jamur juga bisa memunculkan bau yang tidak sedap.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau pada karpet akibat jamur, serta cara mencegah munculnya bau pada karpet.

baca juga artikel tentang cuci karpet tangerang

Menghilangkan Bau pada Karpet Akibat Jamur

Jamur akan sulit dibersihkan jika sudah menempel pada serat karpet Anda. Selain itu, lama-kelamaan jamur tersebut akan memunculkan bau tidak sedap yang mengusik kenyamanan Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, berikut cara menghilangkan bau karpet akibat jamur.

Pertama, Anda perlu memeriksa bagian karpet yang berjamur. Hal ini bertujuan untuk menentukan pengambilan langkah yang tepat untuk membersihkan jamur.

Kedua, Anda bisa membuka jendela, pintu, atau menyalakan kipas angin didalam ruangan untuk mengalirkan udara.  Tujuannya adalah mengurangi kelembapan udara didalam ruangan untuk menghambat pertumbuhan jamur.

Ketiga, menjemur karpet di bawah sinar matahari untuk membunuh spora jamur, serta menjaganya dari kelembapan. Anda bisa menjemurnya selama 24 sampai 48 jam, sampai karpet benar-benar kering.

Selain itu, Anda bisa menghilangkan uap lembap pada karpet dengan menaburkan soda kue.  Lalu, biarkan selama 24 jam, selanjutnya bersihkan dengan vacuum cleaner. Tujuannya agar bau tidak sedap bisa berkurang.

Kemudian, Anda bisa menggosok jamur pada karpet dengan cuka putih. Caranya, semprotkan sedikit cuka putih pada bagian karpet yang berjamur.

Lalu, keringkan karpet dengan alat pengering atau dengan mengalirkan udara didalam ruangan. Tujuannya untuk menghilangkan kelembapan yang memicu pertumbuhan jamur.

baca juga: jasa cuci karpet tangerang

Mencegah Munculnya Bau pada Karpet

Berikut ini adalah cara mencegah munculnya bau pada karpet, diantaranya:

  1. Mengatasi Kemungkinan Sumber Jamur

Anda bisa memeriksa ventilasi, lemari dan bagian bawah pelapisnya. Bahkan, Anda juga bisa memeriksa bagian bawah karpet untuk memastikan bahwa seluruh sumber jamur telah Anda temukan dan hilangkan.

  1. Meningkatkan Aliran Udara dalam Ruangan

Mengalirkan udara ke dalam ruangan dengan cara membuka jendela atau menyalakan kipas angin secara rutin selama dua jam per hari.

Tujuannya untuk mengurangi uap lembap dan mengeringkan area yang basah tempat tumbuhnya jamur.

  1. Menyalakan Alat Pengering Udara

Ini adalah solusi jika Anda tidak bisa mengalirkan udara ke dalam ruangan. Anda bisa menyalakan alat pengering udara saat malam hari.

Tujuannya untuk menghilangkan uap lembap dari udara agar tidak menempel di karpet.

  1. Membersihkan Jamur dengan Penyedot Debu secara Teratur

Penyedot debu digunakan untuk membersihkan debu dan spora jamur pada karpet. Anda disarankan untuk menggunakan penyedot debu HEPA (High Efficiency Particulate Air).

Penyedot debu HEPA sangat efektif menghilangkan spora jamur. Sebelum menggunakannya, tutuplah saluran udara dan jendela agar spora tidak menyebar.

Itulah ulasan tentang cara menghilangkan bau karpet akibat jamur. Serta, cara mencegah munculnya bau pada karpet Anda.