Cara Merawat Hemodialisis

Organ ginjal merupakan organ yang paling penting dan sangat vital bagi manusia karena organ ini merupakan organ yang membantu sistem ekskresi pada manusia loh.

Fungsi ginjal sendiri sebagai detoksifikasi yang bertugas sebagai penyaring racun yang masuk ke dalam aliran darah dan memproses pembuangan sisa sisa metabolisme yang terdapat pada tubuh.

Darah yang telah disaring ini sendiri akan dialirkan kembali ke dalam tubuh sementara limbah yang tersaring sendiri akan mulai dikeluarkan melalui urin pada saat seseorang telah mengalami penyakit ginjal yang kronis hingga menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Jika sudah begini, harus segera dilakukan proses cuci darah atau istilah kedokterannya adalah hemodialisis.

Hal ini disebabkan oleh ginjal yang sudah tidak lagi berfungsi sebagai mana mestinya sehingga tidak ada lagi organ yang menyaring dan menghilangkan limbah dari darah. Hal ini pun akan membuat cairan atau kotoran mulai menumpuk di dalam tubuh yang akan meningkatkan resiko terjadinya komplikasi.

Sebenarnya sih, ada cara lain loh yang bisa digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami gagal ginjal ini yakni melakukan transplantasi ginjal atau cangkok ginjal. Akan tetapi hal ini tentu tidak lah mudah, dikarenakan tidak adanya ketersediaan ginjal yang bisa digunakan untuk mentransplantasi para penderita gagal ginjal.

Karena untuk mendapatkan transplantasi ginjal pun membutuhkan ginjal yang cocok meski tersedia belum tentu seorang pasien cocok dengan ginjal yang ada. Biasanya ginjal yang cocok adalah ginjal milik keluarga yang masih memiliki gen dan golongan darah yang sama. Tapi jika kondisi ginjal dan calon pendonor ginjal tidak memungkinkan maka transplantasi pun tetap tidak bisa dilakukan, susah ya.

Sehingga hemodialisis pun menjadi metode satu satunya yang bisa dilakukan untuk bisa bertahan.

Gagal ginjal juga bisa menyebabkan penyakit kronis lainnya yang bisa meningkatkan resiko komplikasi. Sehingga merawat pasien yang harus melakukan hemodialisis atau cuci darah dianggap susah susah gampang.

Yang lebih gampang sih, lebih baik menjaga ginjal agar tetap sehat sehingga kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa merusak organ kita yang sangat penting ini. Yuk, sayangi ginjal kita.