Cara Pasang Lantai Vinyl Dengan Hasil Lebih Rapi

Cara Pasang Lantai Vinyl Dengan Hasil Lebih Rapi

Cara pasang lantai vinyl ini cukuplah mudah. Anda bisa mengerjakannya sendiri sehingga Anda bisa menghemat biaya.

Pemasangan ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup merekatkannya pada lantai, Vinyl akan langsung terpasang. Tapi sebelum pemasangan, baiknya Anda memperhatikan kebersihan lantai supaya lantai merekat dengan sempurna.

baca juga: karpet vinyl bandung

Persiapan Sebelum Proses Pemasangan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan proses pemasangan. Persiapan ini meliputi alat dan permukaan lantai itu sendiri.

Peralatan yang dibutuhkan meliputi cutter besar, spidol, kape, lem kuning dan palu kaca. Peralatan ini dibutuhkan untuk proses pemotongan sekaligus proses perekatan sebelum lantai benar-benar dipasang.

Setelah menyediakan alat, persiapkan permukaan lantai yang akan dipasangi vinyl. Perlu diperhatikan bahwa cara pasang lantai vinyl roll ini bisa berantakan jika permukaan lantai tidak dijaga kebersihannya.

Lantai yang akan dilapisi wajib dalam keadaan kering, bersih dan halus. Selain itu, pastikan lantainya lebih rata. Tujuannya agar lapisan vinyl ini melekat dengan sempurna.

Proses Pemasangan Vinyl

Setelah permukaan lantai sudah dibuat bersih dan rata, kini saatnya Anda melakukan pemasangan. Cara pasang lantai vinyl sendiri ini dimulai dengan mengelap lantai supaya bersih. Pembersihannya dilakukan supaya lapisan nantinya bisa melekat dengan baik. Begitupun agar permukaan lapisan jauh lebih rata.

baca juga: kusen aluminium di bandung

Setelah itu, ambil lem dan oleskan pada lantai menggunakan kape. Oleskan secara merata agar nantinya lapisan tidak menggelembung.

Proses selanjutnya adalah melekatkan vinyl ke atas lantai. Mulailah dari sudut ruangan agar vinyl lebih presisi. Dan usahakan agar lapisan ini dilekatkan secara perlahan agar tidak melipat.

Sementara untuk bagian sudut selanjutnya, potong vinyl jika lapisannya berlebihan. Untuk memudahkan pemotongan sesuai ukuran, gunakan spidol untuk mempermudah pemotongan. Yakni dengan membuat garis lurus sesuai sudut pada area vinyl.

Setelah selesai, lekatkan dan ketok lapisan tersebut menggunakan palu. Perlu diingat bahwa perhatikan dari awal pemasangan agar vinyl ini tidak menggulung/menggelembung. Karena sekali mengalami kesalahan, Anda perlu mengulanginya lagi.

Proses pemasangan sudah selesai. Biarkan beberapa jam agar lem perekatnya benar-benar kering. Itulah cara pasang lantai vinyl yang bisa Anda lakukan di rumah.