Daftar Situs Guest Post Gratis Indonesia

Setiap blogger pasti ingin website nya memiliki banyak pengunjung dan terkenal. Salah satu cara untuk meningkatkan traffik pengunjung adalah melakukan optimisasi ‘mesin pencari’ atau SEO. Dan, salah satu cara optimisasi nya adalah dengan meningkatkan jumlah backlink ke situs kita. Cara yang relevan dan berwibawa adalah dengan menulis ‘Guest post’ atau artikel tamu di situs yang kredibel dan memiliki authority.

Apa itu ‘Guest Post’?

Guest post adalah menulis artikel di sebuah situs yang membuka peluang bagi Anda untuk dapat memberikan sebuah artikel ke situs tersebut. Setiap blog memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Ada yang diharuskan membayar, ada yang gratis.

Sebagai tamu atau guest, Anda berperan sebagai penulis konten untuk website suatu perusahaan. Pada umumnya, guest posting mendatangkan keuntungan bagi penulis itu sendiri.

Dengan menulis artikel di blog lain, Anda bisa meningkatkan Domain Authority website Anda. Di sisi lain, penulisan konten di blog lain juga bisa menyediakan ruang untuk kegiatan promosi brand Anda sendiri.

Manfaat ‘Guest Posting’

Manfaat backlink singkatnya antara lain membangun authority blog Anda yang tentunya membuat blog kita semakin dipandang baik di mesin pencarian google. Apalagi backlink yang Anda tanam di blog yang sudah punya authority lumayan, domain udah lama, topik relevan, dan trafik tinggi.

Mendapatkan Link Building

Untuk mendapatkan posisi atas di SERP, kegiatan optimasi website perlu dilakukan. Salah satu manfaat dari guest post adalah membantu membangun backlink dengan situs yang memiliki performa tinggi atau yang biasa disebut sebagai link building.

Dengan adanya link building, website Anda bisa meningkat performanya. Efeknya dapat dilihat dari peningkatan ranking konten terkait di halaman hasil pencarian search engine.

Membantu Mendatangkan Trafik Website

Trafik yang banyak bisa mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Dalam hal ini, artikel di blog lain dapat memberikan trafik secara konstan.

Untuk itu, penulisan artikel patutnya dilakukan di website dengan Domain Authority tinggi agar menguntungkan bagi Anda.

Meningkatkan Online Authority Anda

Dengan berkontribusi kepada blog yang juga memiliki otoritas yang tinggi dapat meningkatkan kesempatan untuk menunjukan kredibilitas Anda sebagai penyedia informasi.

Dan akan membuat target audiens Anda sadar bahwa Anda adalah seseorang yang dipercaya sebuah brand, sehingga merubah pandangan mereka mengenai apa saja yang Anda sampaikan pada website Anda.

Meningkatkan Social Media Share Anda

Mendapatkan share di social media adalah salah satu cara untuk memperluas jangkauan online Anda. Semakin banyak konten yang dibagikan semakin meningkat exposure yang Anda dapatkan. Jika Anda mengirim guest posting ke blog dengan banyak aktivitas social media, maka kegiatan sharing akan datang secara alami setelah konten Anda dipublikasikan.

Pertimbangkan untuk memasukan konten yang gampang untuk dibagikan pada guest posting Anda, seperti Infografis. Hal ini dapat membantu konten Anda untuk mendapatkan kesempatan untuk di share secara lebih banyak.

Meningkatkan Kepercayaan Brand

Guest post adalah kegiatan yang bisa melebarkan jangkauan brand Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan customer baru dan membangun kepercayaan mereka dengan terus menyediakan konten mendalam terkait bisnis.

Sedangkan keuntungan dari pemilik blog sendiri adalah mendapatkan artikel dengan gratis.

Daftar Blog atau Website Yang Menerima ‘Guest Post’

Baiklah berikut ini Blog populer yang menerima Guest Post secara gratis maupun Content Placement dengan kualitas premium :

Situs Niche Auto/Manual Review Link
Renovasi Otak Teknologi dan Software Manual
Tabloid Tekno Teknologi dan Software Manual
Febriyan Lukito Pendidikan & Sains Manual
Tulinsanku.co.id Berita Manual
AnekaYess-Online Campur Manual
Remitan Sains dan Edukasi Manual
Situs Niche Auto/Manual Review Link
guest post