Mau Ikut Digital Marketing Bootcamp? Ini Manfaatnya!

Digital marketing bootcamp adalah salah satu cara untuk mendalami bidang ini dengan waktu relatif cepat.

Setelah menyelesaikan persyaratannya dan dinyatakan lulus, kamu bisa menggunakan modal penguasaan skills itu untuk mencari kerja. Jangan takut, lapangan pekerjaannya sekarang ini sedang melimpah, lho! Bahkan potensi ke depannya masih cerah.

Penyebabnya karena banyak perusahaan yang mulai beralih ke saluran online untuk mengembangkan bisnis mereka. Tak heran kebutuhan akan digital marketer semakin meningkat.

Tulisan ini akan memberikan gambaran lebih jelas tentang digital marketing bootcamp. Kamu wajib baca sampai habis!

kelas digital marketing

Apa itu digital marketing bootcamp?

Digital marketing bootcamp pada dasarnya adalah sebuah “kelas” di mana kamu akan belajar digital marketing.

Pembahasan yang biasanya cukup panjang dan berbelit-belit akan diringkas menjadi materi kursus yang padat dan diberikan kepada peserta didik. Nah, materi itu akan dihabiskan dalam periode waktu yang telah ditentukan, biasanya dalam rentang beberapa hari maupun minggu. Pokoknya lebih cepat dibanding kelas pada umumnya.

Enaknya, digital marketing bootcamp dapat dilakukan secara online ataupun tatap muka secara langsung.

Di sini, seringkali ada tugas dan proyek yang harus diselesaikan peserta untuk membantu mereka agar lebih memahami materi yang telah disampaikan.

Dengan alasan efektivitas, banyak digital marketing bootcamp yang membatasi jumlah peserta dalam sekali batch.

Digital marketing bootcamp bahas apa saja?

Kamu harus punya mindset dari awal bahwa digital marketing mencakup berbagai disiplin ilmu.

Mau fokus ke satu bidang? Bisa. Akan tetapi ada juga digital marketer yang bisa mengerjakan semuanya, mulai dari SEO, periklanan digital, hingga optimasi media sosial.

Jelas, setiap area digital marketing yang berbeda membutuhkan keahliannya sendiri. Untuk tahu mana yang paling pas, bootcamp bisa jadi awal yang bagus. Kenapa?

Materi digital marketing bootcamp cenderung mencakup berbagai topik digital marketing. Pelajaran yang diberikan akan menjelaskan konsep inti untuk setiap area dan biasanya tidak membahas detail secara mendalam untuk fokus bidang tertentu.

Kalau butuh gambaran, beberapa skills yang biasa diajarkan dalam digital marketing bootcamp antara lain:

Strategi pemasaran

Membahas bagaimana melakukan riset pasar untuk mengembangkan rencana bisnis secara general guna menjangkau pelanggan melalui saluran daring.

Analisis dan pelaporan

Menjabarkan cara menganalisis metrik penting untuk melihat efektivitas strategi digital marketingmu dan di mana saja kamu bisa melakukan perbaikan.

SEO

Mengeksplorasi bagaimana mesin pencari bekerja dan bagaimana agar kamu dapat melakukan riset kata kunci untuk membangun strategi yang bisa meningkatkan traffic organik.

Pemasaran konten

Menjelaskan cara menggunakan berbagai bentuk konten untuk memberikan value lebih dan mampu terhubung baik dengan audiensmu.

Pemasaran media sosial

Membedah cara membuat strategi pemasaran media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan punya relasi yang baik dengan followers.

Pemasaran email

Menelisik strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga menjaga loyalitas mereka melalui strategi email marketing.

Pemasaran berbayar

Menguak bagaimana cara menjalankan kampanye iklan yang efektif baik melalui metode per klik (PPC) maupun lewat saluran yang lain.

Manfaat digital marketing bootcamp

Digital marketing bootcamp umumnya dirancang untuk menjadi tempat awal untuk belajar digital marketing.

Bootcamp ini mungkin bukan metode pembelajaran yang paling komprehensif atau efisien, tetapi ia dapat membantu memberikan pondasi ilmu bagi mereka yang baru mengenal bidang ini.

Ada juga manfaat lain yang meliputi potensi networking, layanan karir, maupun adanya pembelajaran yang terstruktur. Penjelasan singkatnya sebagai berikut.

Memperoleh networking

Digital marketing bootcamp dapat menjadi cara yang efektif untuk menjalin relasi dengan para profesional digital marketing lainnya.

Jika kamu menghadiri acara pelatihan tatap muka, kamu bisa bertemu para marketer lain yang juga punya tujuan yang sama denganmu. Obrolan pun bisa lebih nyambung.

Lewat obrolan itu, kamu juga bisa berkomunikasi dengan para mentor untuk mendapatkan lebih banyak tips dan wawasan tentang cara kerja digital marketing.

Networking ini sangat bermanfaat untuk memperoleh pekerjaan ke depannya. Siapa tahu kan kamu tiba-tiba dapat tawaran karena direkomendasikan oleh orang lain?

Layanan karir

Digital marketing bootcamp yang baik umumnya juga akan menawarkan banyak layanan karir di luar materi kursusnya.

Mereka biasanya sudah memiliki banyak mitra perekrutan untuk membantu para peserta agar mendapatkan pekerjaan digital marketing dengan lebih mudah.

Layanan karir lainnya dapat mencakup bantuan untuk memperbaiki resume/cv maupun mempersiapkan sesi wawancara.

Pembelajaran terstruktur

Sebenarnya format pembelajaran untuk digital marketing bootcamp lebih mirip dengan metode pendidikan tradisional dibandingkan kursus online baru yang ditawarkan saat ini.

Banyak dari mereka yang sudah punya set pelajaran, proyek, dan sesi pelatihan yang berlangsung pada waktu yang dijadwalkan. Hal ini semata-mata agar seluruh peserta dapat menyelesaikan sesinya serentak.

Nah, sebagian kalangan akan cocok dengan konsep yang sudah terstruktur semacam ini karena bisa fokus dan punya tenggat waktu yang jelas.

Penasaran ingin belajar bidang ini? Coba deh Kelas Digital Marketing dari Bitlabs. Semua manfaat di atas bisa kamu temukan di sini. Selamat belajar!