Haruskah Penderita Kanker Mengonsumsi Allopurinol

Orang yang sebelumnya telah didiagnosis menderita kanker dan sedang menjalani kemoterapi mungkin memenuhi syarat untuk menerima allopurinol sebagai resep untuk menurunkan risiko terkena kanker tambahan atau setelah kanker yang diobati sebelumnya untuk kambuh lagi. Produk ini membantu membersihkan asam urat dari tubuh, yang mengurangi risiko serangan asam urat, yang dapat dipicu oleh produk farmasi kemoterapi atau infeksi tertentu. Serangan asam urat dapat melemahkan dan bahkan menyebabkan kerusakan sendi permanen. Tapi allopurinol menyebabkan efek samping kemungkinan bahwa hal itu akan menurunkan sel darah putih ke titik di mana mereka akan kurang efektif dalam melawan infeksi. Ketika diminum terus menerus untuk jangka waktu yang lama tanpa istirahat, allopurinol dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dari waktu ke waktu. Karena itu, jika Anda menggunakan allopurinol dan mulai merasa sakit (demam, menggigil, mual, muntah), Anda harus membuat janji bertemu dengan profesional medis sesegera mungkin.

Jika Anda adalah pasien kanker dan berpikir untuk menggunakan allopurinol, Anda harus mendiskusikan potensi manfaat dan risiko yang terkait dengan produk farmasi ini dengan dokter perawatan primer dan perawat onkologi Anda. Penting bagi dokter dan perawat Anda untuk mengetahui produk farmasi apa pun yang telah atau sedang Anda minum sebelumnya, termasuk allopurinol. Jika Anda mengkonsumsi allopurinol, ada kemungkinan bahwa Anda akan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dan atau memiliki kanker kembali setelah disembuhkan. Kerusakan pada ginjal, penurunan jumlah sel darah putih, dan peningkatan risiko infeksi adalah beberapa efek samping potensial yang mungkin timbul dari penggunaan allopurinol.

Jika Anda menggunakan allopurinol terus menerus untuk jangka waktu yang lama tanpa istirahat, Anda berisiko menyebabkan kerusakan pada ginjal Anda dari waktu ke waktu. Karena itu, jika Anda menggunakan allopurinol dan mulai merasa sakit (demam, menggigil, mual, muntah), Anda harus membuat janji dengan profesional medis sesegera mungkin. Disamping itu, ruam, demam, mual, muntah, diare, kerusakan ginjal (nefropati), sakit kepala, serangan asam urat, pusing, dan peningkatan perdarahan adalah efek samping allopurinol yang paling umum. Efek samping lain yang mungkin dapat terjadi termasuk sindrom Stevens-Johnson. Oleh sebab itu, resep dari para penyedia medis Anda diperlukan untuk membeli produk farmasi ini. Anda dapat pergi ke apotek untuk membelinya dengan harga allopurinol 300 mg untuk satu strip yang cukup terjangkau bagi anda untuk membayarnya.