Jenis, Fungsi Dan Tujuan Distributor Safety

Distributor Safety Indonesia – Di dalam kegiatan sehari- hari dalam melakukan aktivitas, kita sering tidak menduga akan mendapatkan resiko kecelakaan pada diri kita sendiri. Banyak sekali masyarakat yang belum menyadari akan hal ini, termasuk di Indonesia. Baik di lingkungan kerja( perusahaan, pabrik, atau kantor), di jalan raya, tempat umum maupun di lingkungan rumah.

 

Distributor Safety Indonesia – Masyarakat sering menyepelekan faktor- faktor tertentu karena mereka belum mendapat kecelakaan itu sendiri. Sehingga di perlukan cara untuk mencegah agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Selain pemberian peringatan diri dan pengertian pada warga, pasti diperlukan perlengkapan penunjang untuk kurangi efek terjadi musibah. Disinilah perlengkapan pelindung diri( APD) dibutuhkan. Dengan cara umum APD adalah salah satu upaya yang bisa menghindari kecelakaan untuk membagikan perlindungan pada warga.

 

Distributor Safety Indonesia – Alat Pelindung Diri( APD) di lingkungan kerja merupakan seperangkat alat yang dipakai oleh tenaga kegiatan untuk mencegah semua/ beberapa tubuhnya terhadap kemungkinan adanya potensibahaya atau musibah kegiatan. Walaupun perlengkapan ini lebuh kerap dipakai di tempat kegiatan, tetapi juga diperlukan pula untuk mencegah diri dalam aktivitas tiap hari. APD tidak menghindari kejadian ancaman, namun kurangi dampak dari musibah yang terjalin.

 

Alat Pelindung Diri( APD) merupakan seperangkat perlengkapan yang dipakai oleh tenaga kegiatan untuk mencegah semua atau beberapa badannya terhadap kemungkinan adanya potensi bahaya atau kecelakaan kegiatan. APD dipakai sebagai upaya terakhir dalam usaha mencegah tenaga kegiatan apabila usaha rekayasa( engineering) dan administratif tidak bisa dicoba dengan bagus. APD juga merupakan keseluruhan yang harus dipakai saat bekerja sesuai kebutuhan untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri serta orang di sekelilingnya

 

Jenis dan Fungsi Alat Pelindung Diri( APD)

 

  1. Safety helmet. Safety helmet berfungsi sebagai pelindung kepala dari benda yang bisa mengenai kepala secara langsung

 

  1. Sabuk Keselamatan( safety belt) berfungsi sebagai alat pengaman ketika menggunakan alat

 

transportasi atau peralatan lain yang serupa( mobil, pesawat, alat berat, dan lain- lain).

 

  1. Sepatu karet( sepatu boot) berfungsi sebagai alat pengaman saat bekerja di tempat yang becek atau berlumpur. Kebanyakan di lapisi dengan metal untuk mencegah kaki dari benda tajam ataupun berat, benda panas, cairan kimia, dan sebagainya

 

  1. Sarung tangan berfungsi sebagai alat pelindung tangan pada saat bekerja di tempat atau situasi yang bisa mengakibatkan luka tangan. Bahan serta bentuk sarung tangan di sesuaikan dengan fungsi masing- masing pekerjaan

 

  1. Tali pengaman( safety harness) berfungsi sebagai pengaman saat bekerja di ketinggian. Diwajibkan memakai alat ini di ketinggian lebih dari 1, 8 meter

 

  1. Penutup telinga( ear plug/ ear muff) berperan sebagai pelindung telinga pada saat bekerja di tempat yang bising

 

  1. Penutup telinga( ear plug/ ear muff) berfungsi sebagai pelindung telinga pada saat bekerja di tempat yang bising

 

  1. Masker( respirator) berperan sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk( contoh berdebu, beracun, dsb)

 

  1. Pelindung wajah( face shield) berperan sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bertugas( contoh pekerjaan menggerinda)

 

  1. Jas hujan( rain coat) berperan mencegah dari percikan air saat bekerja( contoh bekerja pada waktu hujan atau sedang mencuci alat)

 

Tujuan Utama Alat Safety

 

  1. Alat Safety Memberikan perlindungan diri Tenaga Kerja pada saat terjadi suatu musibah atau bencana ketika bekerja

 

  1. Alat Safety Meningkatkan Efektifitas dan Produktifitas pekerja

 

  1. Alat Safety Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman

 

  1. Alat Safety memberikan rasa Percaya Diri yang lebih bagi pekerja

 

  1. Alat Safety Mengurangi seluruh jenis hambatan dalam melakukan pekerjaan

Untuk info mengenai distributor safety indonesia klik di sini