Kegunaan Briket Batok Kelapa dan keunggulannya

Kegunaan Briket Batok Kelapa-Kelapa memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Karena air yang diperoleh dari buahnya memiliki banyak manfaat kesehatan, tempurung kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan baku dan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Briket arang merupakan bahan bakar alternatif yang sering digunakan untuk memasak atau memanggang seperti di benua Eropa, di negara-negara Timur Tengah sering digunakan untuk membuat rokok hookah, sedangkan briket arang ada di Asia seperti Korea Selatan dan Jepang. biasanya digunakan untuk memasak di restoran.

Pada dasarnya briken adalah bahan mudah terbakar yang dapat digunakan sebagai pengganti gas yang biasa digunakan. Batok kelapa merupakan bahan baku pembuatan briket arang yang biasanya dibuang begitu saja. Kami bisa mengolah batok kelapa menjadi bahan baku yang diolah menjadi karbon yang bisa diolah pulang menjadi produk inovatif yang bisa memberikan nilai tambah.

Setelah itu batok kelapa diolah menjadi arang dan menjadi briket arang yang bisa kita gunakan sebagai pengganti bahan bakar kayu. Jadi kami tidak lagi harus pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar.

Hal-hal yang Menarik Dari Briket Arang

Ada hal yang menarik pada batok kelapa yaitu :

1. harga terjangkau
2. Tahan lama digunakan

Keunggulan Briken Arang

1. Energi terbarukan : Ini adalah energi yang kita terima dan berasal dari sumber daya alam, bahan bakunya merupakan hasil proses alam yang terus menerus, sehingga kita tidak dapat memprediksi kapan akan habis, karena energi ini terus-menerus dihasilkan oleh alam.
2. Panas maksimal yang dihasilkan : Briket ini tidak sama dengan arang karena panas yang dihasilkan briket arang tempurung kelapa ini cukup tinggi, sekitar 7000 kalori. Dengan demikian, bahan berkalori tinggi mempercepat pemasakan dan matang sempurna. 3. Tidak beracun: Briket batok kelapa ini dibuat dengan proses alami, sehingga aman untuk kita gunakan. Sehingga proses ini membuat briket batok kelapa menjadi bahan yang sangat aman.
4. Tanpa Asap : Pada dasarnya pembakaran batu bara pasti menghasilkan asap yang banyak, namun berbeda dengan briket batok kelapa ini ketikaAsap yang dihasilkan sangat sedikit terbakar walaupun tanpa atap, sehingga tidak menimbulkan polusi atau mengganggu lingkungan 5. Go green energy : istilah untuk sumber energi yang ramah lingkungan, manfaat briket arang tempurung kelapa terbuat dari kelapa mentah dengan tambahan tepung tapioka sehingga tidak banyak mengeluarkan asap saat dibakar.
6. Pengganti Batubara: Batubara umumnya digunakan sebagai bahan bakar di industri. Penelitian menunjukkan bahwa eksplorasi batu bara secara masif dapat merusak alam, mengkonsumsi briket batok kelapa dapat menjadi solusi bahan bakar alternatif.
7. Lama pembakaran: Arang tempurung kelapa ini memiliki waktu pembakaran yang lama, sekitar 2-3 jam terus menerus. Produksi briket
sebagai bahan yang sangat efektif dan efisien.
8. Sebagai alternatif kompor gas Hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan kompor gas. Kita bisa berhemat dengan menggunakan kompor gas menggunakan briket batok kelapa.

Manfaat dan kegunaan Briket Batok Kelapa

Briket arang biasanya digunakan untuk memasak. Orang biasanya menggunakan briket ini untuk menyiapkan berbagai makanan yang perlu dibakar terlebih dahulu, seperti barbekyu, steak, atau sate bakar. Di beberapa negara Timur Tengah, briket ini sering digunakan untuk menghisap hookah, sejenis rokok yang dihisap dengan alat multi rasa.

Kegunaan briket arang Di negara-negara Timur Tengah, briket arang biasanya digunakan untuk membakar bau ruangan. Di negara-negara Eropa dan Amerika, briket arang tempurung kelapa sering digunakan untuk membuat pemanas ruangan dan pemanas spa, dan juga digunakan untuk memanaskan oven pada industri pembuatan roti.

Pada dasarnya briket merupakan bahan bakar yang biasa digunakan sebagai pengganti batu bara yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun briket batu bara juga hadir dalam berbagai bentuk, seperti persegi, silinder, heksagonal dan bulat.Tujuan penggunaan briket arang dan briket arang tempurung kelapa adalah untuk mendapatkan hasil kandungan karbon yang optimal dan membuat produk briket lebih bersih dan menarik.

Proses pembuatan briket juga membutuhkan mesin yang memang diperlukan. Anda dapat mencari rumahmesin.com untuk menemukan mesin. Meskipun banyak yang memproduksi briket arang tempurung kelapa dengan cara tradisional, ada juga yang membuat briket arang tempurung kelapa dengan menggunakan mesin. Tujuan dari pembuatan briket arang tempurung kelapa adalah untuk mendapatkan briket yang berkualitas tinggi, tahan lama dan memiliki efisiensi dan produktivitas yang sangat tinggi dalam proses produksiny.

Contoh mesin briket arang yang bisa digunakan untuk membuat briket arang tempurung kelapa :

1. Mesin pemanggil batubara
2. Mesin pengecil ukuran batubara
3. Penepung Batubara atau dikenal juga dengan Diskmil
4. Pengaduk adonan
5. Oven pengering briket
6. Menguleni adonan arang
7. Mesin pemotong briket
8. Tekan briket