Kegunaan dan Fungsi Guiding Tactile Jalur Disabilitas

Guiding Tactile Jalur Disabilitas – Bagi penyandang disabilitas untuk dapat berjalan dengan nyaman dan aman di area-area yang ramai persisnya memerlukan jalur spesial yang dapat menunjang apa yang mereka butuhkan. Contohnya jalan untuk orang buta (Tunanetra) yang kerap disebut dengan sebutan Guiding block.

Paving guiding block merupakan media pendukung yang digunakan untuk membantu menuntun disabilitas menemukan jalan yang tepat dan aman agar bisa terjaga dari keadaan berbahaya atau yang tidak diinginkan lainnya.

Guiding block atau tactile paving guiding block berbentuk keramik yang diatasnya mempunyai tekstur yang mempunyai pola yang memiliki kegunaan dan fungsi untuk dapat memandu para Tunanetra. Pola pada guiding block bisa dikelompokkan menjadi 2 pola, yaitu guiding block dengan pola bulatan-bulatan kecil dan pola garis-garis lurus.

Guiding block atau tactile paving guiding block dengan mempunyai pola bulatan-bulatan kecil yang dikenal dengan Guiding Block Spot yang memiliki arti “BERHENTI”. Pola ini bergunan untuk menjadi penuntun pada jalur orang buta Disabilitas khususnya Tunanentra supaya mengetahui pada tempat mana mereka harus berhenti melangkah atau terdapat peringatan atas perubahan keadaan jalan.

Paving guiding block dengan pola berupa garis-garis lurus yang disebut dengan Guiding Block Line / Go type yang memiliki makna “BOLEH BERJALAN”, bentuk pola ini memberikan tanda kepada para penyandang disabilitas bahwa tetap bisa berjalan di jalur khusus difabel tersebut, dengan begitu mereka berada pada jalur yang benar.

Guiding block ini seringnya diletakkan di jalan fasilitas umum, misalnya saja pada jalur Terminal, Stasiun, Bank, Perkantoran, dan tempat-tempat lainnya. Di tempat-tempat di luar gedung pun juga sudah banyak yang dipasang guiding block.

Untuk tempat-tempat luar ruangan pastinya kita akan terkadang menjumpai Paving guiding block ini pada trotoar, taman, area pengantrian, area dekat tangga, dan sebagainya.

Pemasangan paving guiding block ini biasanya dipasang secara berjajar rapi memanjang mengikuti jalan. Untuk jalan yang dipasang guiding block atau tactile paving guiding block ini seringnya pada jalan sekitar tangga, jalan yang mempertemukan antara gedung dan jalan, jalur ramai lalu lintas kendaraan, dan tempat-tempat lainnya.

Paving guiding block ini di telah banyak negara sudah mengharuskan untuk melakukan pemasangan guiding  block, selain berfungsi untuk memandu penyandang Tunanetra, pemasangan guiding block atau tactile paving guiding block ini juga bermanfaat untuk mendukung tatanan kota.