Kegunaan Dari Minyak Essensial

Kegunaan Dari Minyak Essensial

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel kegunaan dari minyak essensial berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

 

Kegunaan Dari  Minyak Atsiri Untuk Tubuh

 

Minyak atsiri identik dengan aromaterapi. Minyak yang berasal dari berbagai tanaman ini memang ajaib dan bisa bermanfaat meski hanya dengan menghirup aromanya. Penasaran dengan minyak yang sejuta manfaatnya bagi kesehatan ini? Yuk, simak manfaat essential oil dan cara penggunaannya di bawah ini!

 

Apa Minyak Atsiri?

 

Minyak atsiri merupakan salah satu jenis minyak nabati yang memiliki bentuk cairan kental jika disimpan pada suhu ruangan. Minyak ini memiliki sifat yang mudah menguap dan dapat memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri juga dikenal dengan beberapa nama lain mulai dari minyak atsiri, minyak atsiri, dan minyak eterik. Minyak atsiri bisa digunakan sebagai bahan dasar pengharum, biji wangi, hingga minyak obat.

 

Senyawa yang menyusun minyak atsiri merupakan senyawa kompleks, tetapi umumnya ada satu senyawa lain yang lebih kuat atau dominan yang mendominasi aroma minyak. Manfaat minyak esensial Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak esensial juga sering digunakan untuk kesehatan. Ada banyak sekali jenis minyak atsiri dan masing-masing minyak tentunya memiliki efek yang berbeda-beda. Secara umum, berikut ini berbagai manfaat minyak esensial untuk tubuh!

 

1. Meningkatkan mood

Manfaat pertama minyak esensial adalah dapat meningkatkan mood. Minyak atsiri dapat memiliki efek psikologis bagi mereka yang menghirup udara. Penggunaan minyak esensial dapat memberikan ketenangan dan meningkatkan mood seseorang. Beberapa jenis minyak esensial yang baik untuk memperbaiki mood adalah seperti minyak esensial lemon, minyak esensial chamomile, dan minyak esensial lavender.

 

2. Mengatasi stres dan kecemasan

Selain memperbaiki mood, manfaat minyak atsiri selanjutnya adalah juga bisa mengurangi gejala stres dan kecemasan. Hal tersebut masih terkait dengan poin sebelumnya yang menyatakan bahwa essential oil dapat mempengaruhi psikologi seseorang. Contohnya seperti minyak esensial lavender dan peppermint yang dapat menurunkan hormon kortisol atau minyak esensial chamomile yang dapat membantu merelaksasikan tubuh.

3. Mengatasi gangguan tidur

Manfaat ketiga minyak atsiri adalah mengatasi gangguan tidur. Khasiat minyak esensial yang dapat memperbaiki mood dan mencegah stres, tentunya juga memengaruhi pola tidur seseorang. Banyak masalah tidur yang disebabkan oleh stres dan depresi, jadi penggunaan minyak esensial yang menenangkan juga akan membantu Anda tidur lebih teratur.

 

4. Mengatasi PMS

Mengatasi gejala PMS juga salah satu manfaat minyak atsiri. PMS biasanya ditandai dengan gejala seperti sakit perut, nyeri di sekujur tubuh, dan perubahan mood. Menghirup minyak esensial lemon dapat membantu meningkatkan mood Anda. Oleskan juga minyak lavender di perut untuk mengurangi rasa sakit di perut.

 

5. Baik untuk pencernaan

Minyak atsiri juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Salah satu jenis minyak esensial yang baik untuk pencernaan adalah seperti minyak esensial peppermint. Minyak yang satu ini bisa membantu mengatasi gas berlebih di perut. Selain itu, minyak seperti lavender dan minyak kayu putih merupakan minyak ampuh yang dapat membantu meredakan sakit perut. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengaplikasikannya langsung ke perut.

 

6. Menekan nafsu makan

Nafsu makan yang tidak terkontrol juga tidak baik untuk tubuh. Menekan nafsu makan juga merupakan manfaat minyak esensial. Minyak esensial grapefruit adalah salah satu jenis minyak esensial yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Nah, jika Anda sedang menurunkan berat badan, maka menghirup essential oil ini bisa menjadi salah satu tipsnya.

 

7. Membantu mengobati masuk angin dan flu

Manfaat minyak atsiri selanjutnya adalah mengobati masuk angin dan flu. Saat musim hujan tiba, penyakit ini kerap muncul. Lebih baik mencoba pengobatan rumahan menggunakan minyak esensial terlebih dahulu daripada langsung minum obat. Mengukus hidung menggunakan campuran air hangat yang ditetesi minyak kayu putih atau minyak kayu putih bisa menjadi pengobatan yang tepat. Aroma minyak kayu putih dapat membantu mengendurkan otot hidung dan sifat antibakteri dari minyak ini juga baik untuk mencegah infeksi.

Nah sob itu dia sedikit penjelasan mengenai manfaat minyak essensial semoga artikel yang saya buat bermanfaat bagi kalian sekian terimakasih.