Kreativitas Kerajinan Jaring Sabut, Cocomesh Sejuta Guna

Kreativitas kerajinan jaring sabut dapat dikembangkan dengan membuat berbagai macam benda hias maupun benda guna melalui tangan Anda sendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kreativitas kerajinan jaring sabut dalam bentuk cocomesh yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Berikut ini adalah ulasannya!

Kreativitas Kerajinan Jaring Sabut : Cocomesh

Cocomesh atau jaring sabut kelapa merupakan suatu bentuk material yang dibuat menggunakan sabut kelapa hingga membentuk jaring. Material yang satu ini merupakan salah satu jenis material yang ramah lingkungan. Material ini banyak digunakan untuk membantu proses reklamasi atau menahan erosi.

Sifat Kerajinan Jaring Sabut

Cocomesh memiliki sifat drainase yang baik. Kerajinan jaring sabut yang satu ini dapat menyerap dan menyiman air dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan begitu, permukaan tanah yang tertutupi oleh cocomesh ini dapat terjaga kadar kelembabannya. Hal ini akan berdampak pada kondisi tanah ketika dilakukannya penyemaian benit bibit tanaman.

Proses Pembuatan Kerajinan Jaring Sabut

Untuk dapat membuat kreativitas kerajinan jaring sabut, Anda perlu mengetahui proses pembuatannya. Berikut ulasan mengenai peralatan yang diperlukan hingga cara membuat kreativitas kerajinan jaring sabut.

Alat yang digunakan :

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintal sabut kelapa

Bahan yang dibutuhkan :

  • Sabut kelapa yang sudah cukup tua

Cara membuat :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua dalam jumlah sesuai yang Anda butuhkan.
  2. Kemudian sabut kelapa yang masih kasar hingga menjadi sabut halus dengan mesin pengurai sabut.
  3. Jemur sabut kelapa yang telah digiling hingga kadar airnya hilang dan menjadi kering.
  4. Kemudian ambil sedikit-sedikit sabut kelapa yang telah kering, kemudian pintal sabut menggunakan alat pemintal hingga berbentuk seperti tali.
  5. Buat tali sabut hingga sabut kelapa habis.
  6. Anyam tali-tali sabut kelapa hingga membentuk rangkaian anyaman.
  7. Cocomesh telah selesai dibuat dan siap untuk dipakai.

Kelebihan Cocomesh

  1. Cocomesh menggunakan serat alami.
  2. Bahan serat kelapa yang digunakan merupakan material yang tahan lama tetapi tetap dapat terurai secara alami.
  3. Mampu menyimpan air dengan baik.
  4. Dapat bertahan selama 5 tahun.
  5. Hasil penguraian cocomesh dapat dijadikan sebagai pupuk alami.
  6. Dapat mempertahankan kelembaban tanah.
  7. Merupakan material yang elastis.

Penerapan Hasil Kreativitas Kerajinan Jaring Sabut

1. Cocomesh Untuk Menahan Erosi

Lahan miring dapat menyebabkan terjadinya erosi yang cukup parah jika tidak ditangani dengan baik. Erosi yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan kikisan laju angin dapat diperparah oleh kondisi lahan yang miring. Oleh sebab itu, masalah ini harus ditangani dengan segera agar tidak mengakibatkan longsor.

Salah satu bentuk penanganan masalah yang satu ini adalah dengan memasang jaring sabut kelapa di atas permukaan tanah area yang miring. Cocomesh yang dipasang kemudian disemai benih tumbuhan di atasnya. Akar tanaman yang tumbuh di atas cocomesh ini akan mengcengkeram ke dalam tanah sehingga erosi tanah akan teratasi.

2. Cocomesh Untuk Reklamasi Hutan Gundul

Area hutan yang gundul dapat menyebabkan berbagai macam bencana alam seperti longsor hingga banjir. Untuk mengatasi hal ini, biasanya digalakan kegiatan reboisasi pada tanah yang gundul sehingga area tersebut akan kembali hijau.

Hutan yang gundul biasanya tidak memiliki ketersediaan air yang cukup. Sehingga, berapapun benih yang ditanam tidak akan ada yang berhasil tumbuh dan hidup hingga kurun waktu yang cukup lama.

Cocomesh bisa digunakan sebagai media tanam untuk kondisi yang demikian. Cocomesh memiliki sifat penyerapan dan penyimpanan air yang baik, sehingga kita dapat menanam bibit tanaman walaupun keadaan tanah pada area hutan gundul seperti itu.

3. Cocomesh Untuk Reklamasi Area Bekas Tambang

Tanah area bekas tambang merupakan tanah yang sudah dipastikan tidak subur. Namun, dengan memasang cocomesh dipermukaan tanah area bekas tambang, kita dapat kembali menyuburkan area tersebut.

Sama seperti reklamasi area hutan gundul, cocomesh berperan sebagai media tanam benih tumbuhan yang dapat kembali menghijaukan dan menyuburkan tanah di area bekas tambang.

Kesimpulan

Kreativitas kerajinan jaring sabut berupa cocomesh merupakan bentuk pemanfaatan limbah yang tepat dilakukan. Selain dengan membuatnya sendiri, Anda juga dapat membeli jaring sabut kelapa dengan mengunjungi laman jual cocomesh.