Manfaat Ampas Kopi , Tidak Hanya Untuk Kesehatan

Manfaat ampas kopi ternyata banyak sekali, loh. Mulai dari menghilangkan bau lemari es hingga mencegah licin di jalanan bersalju.

Kopi tidak hanya dapat dijadikan sebagai minuman dan makanan saja. Ternyata ampas kopi pun memiliki manfaat. Biasanya ampas kopi dibuang begitu saja buka? Nah, sekarang ketahuilah manfaat ampas kopi agar tidak terbuang dengan percuma.

Manfaat Ampas Kopi

1. Menghilangkan Bau Lemari Es

Biasanya di lemari es terdapat bau yang menyengat buka. Nah bau tersebut dapat dihilagkan dengan meletakkan semangkuk ampas kopi yang telah kering. Bubuk ampas kopi tersebut akan menyerap bau yang tidak enak, sehingga ketika membuka pintu kulkas tidak lagi tercium.

2. Meindungi Tanaman Dari Kucing

Kucing sekua memainkan tanaman atau memakan daunnya dan membuat tanaman tersebut rusak sehingga membuat kesal bukan? Nah, ampas kopi dapat menjadi solusinya karena kucing tidak menyukai aromanya.

Caranya adalah dengan menaburkan bubuk ampas kopi ke tanah sekitar tanaman tersebut.

3. Melembutkan Potongan Daging Yang Keras

Untuk memastikan steak benar – benar empuk bisa menggunakan kopi. Caranya dengan melapisi daging menggunakan campuran 2 sdm gula merah, ¼ cangkir bubuk kopi, minyak zaitun, 1 sdm garam, dan 2 sdm lada hitam. Kemudian biarkan selama 30 menit.

4. Memperbaiki Goresan Furnitur

Manfaat ampas kopi selanjutnya adalah memperbaiki goresan kecilpada permukaan furniture. Caranya adalah clupkan kapas ke bubuk kopi yang basah dan oleskan sedikit pada furniture yang tergores. Tanin yang terdapat pada kopi dapat membantu menyamarkan goresan dan noda.

5. Membuat Pakaian Gelap yang Pudar Terlihat Baru

Apabila jeans hitam Anda memudar, untuk mengembalikan warnanya dapat menggunakan ramuan kopi. Caranya adalah dengan menyeduh ¾ cangkit kopi dalam 1 galon air selama 10 menitan, kemudian tuangkan ke dalam emsin cuci dan masukkanjenas ke dalamnya serta nyalakan mesin cuci jangan menambahkan sabun.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi Ala Café Yang Simpel dan Enak

6. Menyerap Tumpahan Minyak Goreng

Jika terdapat minyak goreng yang tumpah maka bisa menutupinya menggunakan bubuk kopi bekas atau ampas kopi. Kemudian dibirkan kurang lebih selama 5 menit. Bubuk kopi dapat menyerap minyak tersebut, lalu Anda cukup menyeka sisanya menggunakan serbet atau tisu basah.

7. Samarkan Mata Lelah Dalam Sekejab

Jika ingin menghilangkan mata bengkak dan lelah dapat mencampurkan bubuk kopi bekas dengan air secukupnya hingga berbentuk seperti pasta, kemudian aplikasikan menggunakan jari pada area bawah mata. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dan mata lelah pun hilang.

8. Menghilangkan Bau Makanan Membandel di Kulit

Sering terjadi aroma makanan menempel pada kulit dalam waktu yang lama, seperti bau makanan laut atau bawang putih yang menyengat. Untuk menghilangkannya dapat menggunakan kopi caranya adalah dengan menggosok kulit menggunakan ampas kopi sebelum mencucui tangan dengan sabun dan air.

9. Membersihkan Perapian

Ampas kopi dapat dipakai untuk membersihkan perapian. Caranya adalah setelah bekas api dingin, Anda bisa menaburkan bubuk kopi yang basah di atasnya dan membiarkannya selama kurang lebih lima menit sebelum menyapunya.

10. Mencegah Licin Pada Jalanan Bersalju

Untuk yang tinggal di negara bersalju, yang biasanya menaburkangaram batu untuk mencegah agar tidak licin, maka ampas kopi juga dapay digunakan untuk itu. Caranya hanya dengan menaburkannya saja.

 

Apabila Anda ingin menikmati kopi yang panas untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin dan tidak mau ribet untuk memanaskan kopi, maka Anda wajib memiliki alat pemanas kopi yang praktis.

Nah, di atas merupakan beberapa manfaat ampas kopi. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.