Manfaat Kopi Untuk Tumbuhan Mulai Dari Pupuk Hingga Mencegah Penyakit

Manfaat kopi untuk tumbuhan sangat banyak. Kopi tidak hanya bisa dimanfaat sebagai bahan campuran olahan minuman dan olahan makanan, loh. Ternyata bubuk kopi dapat menambah nutrisi tanah dan membantu dalam pertumbuhan tanaman hias maupun kebun.

Ingin memanaskan kopi tetapi tidak mau ribet? Maka gunakanlah alat pemanas kopi yang sudah dibuat khusus untuk memanaskan kopi dengan praktis.

Jika Anda senang minum kopi pada pagi hari, setelah meminum kopi jangan membuang ampasnya begitu saja. Karena ampas kopi dapat digunakan untuk membantu mencegah gangguan pertumbuhan tanaman dan membantu pertumbuhan tanaman, loh.

Manfaat Kopi Untuk Tumbuhan

Berikut ini beberapa manfaat kopi untuk tumbuhan :

1. Meningkatkan Panen Wortel

Mencampurkan bubuk kopi segar dengan benih wortel dapat membuat biji yang kecil lebih mudah saat menyemainya. Aroma kopi yang kuat juga dapat mengusir belatung akar serta serangga lainnya selama dalam tahap awal pertumbuhan. Selain itu, juga dapat menambah nutrisi tanah saat membusuk.

2. Pupuk Mawar

Kandungan yang dimiliki kopi yaitu nitrogen yang tinggi bisa mengubah pH, walapun sedikit. Selain itu juga dapat meregenerasi tanah, memperbaiki tekstur tanah, dan meningkatkan pembungaan.

Kopi dan teh dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan bunga pada mawar.

3. Pupuk Tanaman

Beberapa tanaman yang menyukai asam diantaranya tanaman herbal dan sayuran dapat memeperoleh manfaat dari kopi. Yang dapat meningkatkan kandungan asam tanah dan memperkayanya dengan nitrogen, serta nutrisi mikro yang mendorong pembentukan batang yang kokoh dan hijau adalah hanya bubuk kopi yang masih segar dan belum terpakai.

Karena bubuk kopi bekas sangat kecil memiliki potensi untuk meningkatkan kadar pH dan tidak bisa untuk meningkatkan kadar asam di tanah secara instan.

4. Dapat Membantu Dalam Budidaya Jamur Tiram

Menanam jamur menggunakan ampas kopi itu mudah. Yang dibutuhkan adalah karton dan ampas kopi bekas untuk medianya. Karton bergelombang digunakan sebagai penghalang yang sempurna untuk mencegah masuknya bakteri dan jamur yang saling berlomba sambil memberikan aerasi yang cukup untuk akar jamur berkembang.

Kebutuhan seluruh mineral yang digunakan untuk membantu pertumbuhan bibit jamur disediakan kopi.

5. Mengubah Warna Bunga

Untuk membuat bunga hydrangea mekar menjadi biru cerah dapat memanfaatkan kopi. Dikarenakan ampas kopi dapat menurunkan pH tanah dan hydrangea mengubah warna bunganya di tanah asam.

Baca Juga : Manfaat Kopi Bagi Kulit, Salah Satunya Meredakan Peradangan Pada Kulit

6. Menarik Cacing ke Kompos

Untuk menarik cacing ke kompos direkomendaikan menggunakan ampas kopi. Ini karena cacing suka mengonsumsi ampas kopi tersebut.

7. Mencegah Penyakit Jamur

Sifat asam dan anti jamur pada kopi menjadikan kopi sebagai suplemen yang ideal untuk mencegah jamur patogen dan mencegah terjadinya penyakit pada tanaman yang melemahkan seperti karat kopi.

Pada saat ampas kopi membusuk, maka akan membawa pelengkap koloni jamur dan jamur itu yang akan mengalahkan jamur eksternal dari kolonisasi dan bisa menyebabkan penyakit pada tumbuhan.

Jadi, jika memiliki ampas kopi, maka taruhlah pada tanaman paprika, terong atau tomat karena tanaman tersebut rentan terhadap penyakit busuk jamur dan layu.

8. Menanam Sayuran Menggunakan Bubuk Kopi

Dengan menggunakan bubuk kopi pada kebun sayuran Anda dapat memastikan bahwa pasokan nitrogen yang lambat dan dapat menurunkan pH. Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman menjadi sehat dan kuat.

Untuk menghilangkan parasit tanaman, cacing pathogen, dan jamur dapat memberikan bubuk kopi di kedalaman 6-8 inci pada tanah. Tanaman umbi – umbian dan sayuran hijau akan menanggapinya dengan baik terhadap ukuran ini, apalagi jika mencampurkan bubuk kopi dan tanah pada saat menanamnya.

9. Gunakan Sebagai Kompos

Ampas kopi bekas menyediakan beberapa kandungan diantaranya seperti tembaga, magnesium, kalium, fosfor, dan saat terurai akan melepaskan mineral ke area penanaman. Selain itu, dapat mendukung pertumbuhan tanaman yang kuat karena menciptakan media yang kaya nitrogen dan sedikit asam.

Tetapi yang harus diingat adalah pada saat menggunakan bubuk kopi di kompos maka perlu menggunakan beberapa bahan untuk menyeimbangkan pH dan tekstur keseluruhan.

Nah, di atas ini merupakan beberapa manfaat kopi untuk tumbuhan. Tertarik mencobanya?

Terimakasih.