Ketahui Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Minum air putih hangat sebelum tidur kerap diabaikan, padahal manfaat minum air putih sebelum tifur mempunyai dampk yang signifikan bagi tubuh kamu lhoo. Selain mengatasi dehidrasi, sebenarnya tubuh manusia sebagian besar dipenuhi oleh cairan. Maka dari itu jika cairan dalam tubuh kurang terpenuhi akan menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Untuk membahas lebih jauh lagi,  Yuk simak manfaat minum air hangat sebelum tidur untuk kesehatan kamu..

Baca Juga : Cara Membuat Saringan Air Sederhana dan Efektif

Simak Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur :

1. Mengganti Cairan Tubuh

Setelah beraktivitas seharian, manfaat minum air hangat sebelum tidur bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, minum air hangat sebelum tidur juga akan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dengan meminum air hangat sebelum tidur, Anda dapat mencegah rasa haus dan tenggorokan kering yang akan membangunkan Anda di tengah malam.

2. Lancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat minum air hangat sebelum tidur adalah dapat membantu melancarkan peredaran darah. Sirkulasi darah yang lancar dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.

Padahal, jika peredaran darah tidak terhalang, kondisi jantung yang sehat bisa terjaga, sehingga berbagai penyakit kardiovaskular bisa dihindari.

3. Hilangkan Racun

Dalam gaya hidup dan aktivitas yang sibuk, berbagai asupan makanan dapat menyebabkan keracunan. Dengan meminum air hangat akan membantu tubuh memproduksi keringat. Sebab, racun yang tersisa di dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui keringat.

5. Jaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat minum air hangat sebelum tidur juga efektif untuk menjaga sistem pencernaan. Apalagi dalam kasus sembelit. Minum air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan daya cerna. Ini karena air hangat akan membantu melarutkan dan memecah partikel makanan.

Selain itu, minum air hangat sebelum tidur juga bisa meredakan batuk dan pilek. Kehangatan airnya sangat efektif meredakan tenggorokan gatal dan juga membantu menekan dahak yang meradang.

6. Jaga Berat Badan Ideal

Minum air hangat tidak bisa membuat Anda langsing. Namun, kebiasaan ini bisa membantu menjaga berat badan ideal. Karena minum air hangat bisa mencegah sakit maag dan kembung.

Selain itu, meminum air hangat juga dapat mencegah kelebihan air pada tubuh. Air panas juga dapat membantu tubuh mencerna makanan lebih cepat.

7. Redakan Nyeri dan Pegal-Pegal

Dengan meminum air hangat sebelum tidur dapat mengatasi badan pegal dan pegal yang mungkin disebabkan oleh aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, tubuh akan lebih rileks dan kualitas tidur menjadi lebih tinggi.

Maka dari itu, jangan heran, jika meminum sedikit air panas sebelum tidur bisa membuat tidur lebih cepat dan lebih sehat.

8. Bisa Redakan Kram saat Menstruasi

Air hangat juga bisa membantu meredakan kram perut saat haid. Ini karena suhu tinggi dari air hangat sangat efektif menenangkan otot perut yang kram.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk minum air panas sebelum tidur. Selain bisa meredakan kram, minum air panas sebelum tidur juga bisa menghilangkan stres. Ini karena air hangat bisa membuat tubuh rileks.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kemampuan air panas untuk membersihkan racun dari dalam tubuh memang sangat bagus. Tak heran jika hal ini tetap bisa membawa manfaat baik untuk kesehatan kulit.

Minum segelas air hangat sebelum tidur membantu memperbaiki kondisi sel kulit, sehingga menjaga elastisitas kulit setiap saat.

10. Mengurangi stres

Minuman panas dapat menenangkan sistem saraf pusat. Padahal, otak menjadi lebih rileks dan bisa mengendalikan rasa panik sepanjang hari. Bagi yang sedang mengalami stres dan kecemasan, Anda bisa mencoba meminum minuman hangat, seperti air hangat.

11. Meringankan masalah achalasia

Afasia adalah penyakit medis yang menyulitkan pasien untuk memindahkan makanan dari kerongkongan ke lambung. Terkadang, makanan yang tertelan oleh penderita akalasia tersangkut di kerongkongan. Air panas dapat membantu penderita akalasia mencerna makanan dengan lebih nyaman.

Minum air hangat di pagi hari memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, harap perhatikan suhu air yang Anda minum. Minum air yang terlalu panas bisa merusak jaringan di kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar di lidah. Dianjurkan agar Anda minum air hangat dengan suhu 48 hingga 50 derajat Celcius. Juga, harap perhatikan nomornya. Minum air putih yang cukup sebelum makan bisa membuat rasa lapar hilang. Ini akan mempengaruhi kecukupan nutrisi dalam tubuh.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Depot Air Minum Biru Yang Sesuai Dengan Standar

cara minum air hangat yang benarefek samping minum air hangatmanfaat minum air dingin sebelum tidurmanfaat minum air hangat bangun tidurmanfaat minum air hangat di pagi harimanfaat minum air hangat untuk dietmanfaat minum air hangat untuk kecantikanminum air putih sebelum tidur bikin gemuk