Media Online di Indonesia Jadi Ujung Tombak Lawan Hoax

Media online di Indonesia kini semakin banyak dan beragam. Meski begitu, penyebaran hoax melalui berbagai media masih belum bisa dihentikan.

Media sosial adalah salah satu tempat persebaran hoax paling masif dan cepat. Hal ini diperburuk dengan kondisi di mana masih banyak pengguna media sosial yang tidak tahu cara memverifikasi berita yang mereka dapatkan.

Nah, untuk memerangi hoax sebenarnya ada cara yang mudah, lho. Salah satunya adalah dengan melakukan verifikasi lewat media online yang banyak membawakan berita-berita terpercaya.

Daftar Media Online di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali media online terpercaya yang bisa dijadikan tempat melakukan verifikasi data. Beberapa media online yang terpercaya di Indonesia, antara lain:

Dengan banyaknya media online seperti ini diharapkan masyarakat Indonesia semakin terbiasa untuk melakukan verifikasi data agar tidak mudah termakan hoax.

Jangan Mudah Percaya Media Online Abal-Abal

Yang dimaksud dengan media online abal-abal adalah mereka yang tidak dikenal namanya dan memiliki topik yang cenderung provokatif dan berat sebelah. Jika kamu menemukan media online semacam itu, kamu harus memasang kecurigaan ya agar tak mudah termakan hoax.

Cara Melakukan Verifikasi Data Melalui Media Online

Caranya sangat mudah, kamu tinggal mencari tahu topik yang kamu ragukan kebenarannya di media online di atas. Media online melakukan update berita secara hampir real-time. Hal ini artinya jika kamu memiliki sebuah topik yang ingin kamu cari kebenarannya, maka kemungkinan media-media di atas sudah membahasnya.

Nah, dengan kemudahan semacam ini jangan sampai kita termakan hoax ya. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang tidak tahu cara melakukan verifikasi data semacam ini?

Mudah, kok! Kita cukup membantu menyebarkan berita benar dan bisa dipertanggung jawabkan dari media online di atas ke orang-orang yang masih memercayai suatu hoax.

Melawan hoax bukan pekerjaan satu-dua orang, namun sebuah langkah kolektif yang harus dilakukan bersama-sama. Mengingat masifnya penyebaran berita hoax, kita pun harus melakukan penyebaran berita benar secara masif.

Jangan menyebarkan berita yang belum kita ketahui kebenarannya. Biasakan untuk melakukan verifikasi data, ya.

HoaxMedia Online