Mengapa Mata Pelajaran Fisika Tidak Disukai?

Apakah kamu sekarang duduk di bangku SMP atau SMA dan kebetulan tidak terlalu suka dengan mata pelajaran fisika? Jika jawabannya adalah iya, sebaiknya kamu membaca artikel ini terlebih dahulu supaya kamu tahu beberapa alasan mengapa ada murid yang tidak menyukai mata pelajaran satu ini.

Photo by Roman Mager on Unsplash

Diajari Mata Pelajaran Fisika dengan Cara yang Kurang Tepat

Alasan pertama mengapa ada murid yang tidak menyukai fisika adalah ada kemungkinan karena diajarinya tidak menggunakan cara yang tepat. Misalnya cara yang dilakukan adalah dengan memarahi murid yang tidak lekas paham. Hal ini dapat berpotensi menimbulkan trauma yang menyebabkan murid tadi menjadi benci akan pelajaran ini.

Atau cara yang kurang tepat lainnya adalah murid hanya diminta untuk menghafalkan rumus tanpa dijelaskan mengapa rumusnya seperti itu dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Cara-cara yang kurang tepat ini dapat membuat murid yang awalnya tertarik menjadi tidak tertarik untuk belajar fisika. Dan yang awalnya tidak suka pun bisa menjadi makin tidak suka.

Tidak Diajarkan oleh Orang yang Tepat

Alasan kedua adalah karena materi pelajaran fisika tidak diajarkan oleh orang yang tepat. Tidak tepat yang seperti bagaimana? Misalnya diajarkan oleh orang yang sebenarnya tidak terlalu memahami pelajaran fisika. Bisa juga sebenarnya dia bukan guru sehingga tidak terlalu mengerti bagaimana cara yang baik untuk menyampaikan materi fisika kepada murid-muridnya.

Keadaan yang seperti ini dapat membuat murid jadi tidak suka akan fisika. Karenanya, perlu ditugaskan guru yang tepat pada mata pelajaran ini. Terlebih lagi ada anggapan bahwa fisika adalah mata pelajaran yang sulit untuk dikuasai sehingga sejak awal sudah ada potensi tidak disukai.

Dianggap Sebagai Mata Pelajaran yang Sulit

Alasan ketiga adalah anggapan yang sudah menjangkiti murid-murid bahwa fisika adalah mata pelajaran yang sulit. Karena sudah tertanam dalam pemikiran mereka bahwa materi fisika sulit, sejak masuk kelas dan memulai belajar pun mereka sudah antipati.

Hal ini menjadi tugas yang cukup berat bagi para pendidik baik guru maupun pihak lain yang terlibat untuk mengkampanyekan bahwa materi pelajaran fisika tidaklah sulit dan dapat dikuasai asalkan murid bersangkutan mau untuk belajar.

Kurang Sabar dalam Belajar

Selanjutnya adalah kurangnya kesabaran dalam mempelajari mata pelajaran fisika. Materi fisika memanglah banyak dan butuh ketelatenan dalam mempelajarinya. Karenanya, memiliki kesabaran adalah hal yang sepatutnya disiapkan sejak awal.

Belum lagi jika si murid memang tidak memiliki bekal seperti rasa ingin tahu dan dasar kemampuan berhitung. Mempelajari fisika pun dapat menjadi cobaan tersendiri yang mana dibutuhkan rasa sabar jika ingin menguasainya dengan baik.

Bahkan, kalau bisa, kegiatan belajar dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya dengan menunjukkan langsung contoh penerapannya dalam keseharian atau juga bisa dengan menggunakan berbagai metode baik di kelas maupun melalui kegiatan belajar online. Intinya, ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya murid dapat lebih memahami fisika.


Sekian dulu artikel tentang mengapa mata pelajaran fisika kurang disukai oleh murid-murid. Jika Anda memiliki alasan yang lain mengapa mata pelajaran fisika tidak begitu disukai, silakan sampaikan opini atau pendapat Anda di kolom komentar.

Atau misalnya Anda memiliki tips tentang bagaimana supaya murid-murid di sekolah dapat jatuh cinta dengan mata pelajaran fisika, silakan tuliskan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan mudah-mudahan dapat mendatangkan manfaat.