Mengukur ventilasi yang sesuai untuk pabrik semen beton

Ventilasi pabrik penting untuk mendinginkan pabrik, menghilangkan kelembapan dan meningkatkan efisiensi pabrik. Biasanya, kecepatan melintasi media 1m / s adalah target yang bagus. Tantangannya adalah mengukurnya.

Produsen semen yang diperuntukan pembuatan beton wajib mengukur dan melaporkan ke instansi pemerintah tentang udara yang mengalir ke tumpukan pabrik semen. Nilai aliran udara dalam m 3 / jam dapat dihitung kembali menggunakan diameter mill dan tingkat pengisian media ke kecepatan di atas internal mill. Namun, kerugian dari metode ini adalah metode ini juga mencakup udara palsu yang masuk ke sistem pabrik setelah pabrik keluar, melalui segel pabrik, titik sampel bocor, slide udara dan filter bag. Jika penggilingan tidak dirawat dengan baik, maka udara berlebih ini dapat bertambah menjadi jumlah yang cukup besar.

Lebih disukai untuk mengukur kecepatan udara yang memasuki mill inlet menggunakan anemometer genggam sederhana. Ini akan menunjukkan udara sebenarnya yang mengalir ke pabrik dan akan mengurangi dampak udara palsu. Beberapa kelonggaran memang perlu dibuat untuk setiap udara tambahan yang dapat masuk baik dengan bahan mentah atau kembali dari beban yang bersirkulasi ulang. Bergantung pada konfigurasi penggilingan, ini bisa berupa tambahan aliran udara 25-100%.

Pengalaman menunjukkan bahwa kecepatan udara di wilayah 7-10m / s di inlet mewakili di wilayah 0.8-1.0m / s melalui mill.

Pada sistem gilingan lama, saluran masuk gilingan sering kali ditutup, sehingga tidak mungkin untuk mengukur kecepatan secara langsung. Dalam kasus ini, Anda perlu mencari petunjuk lain. Satu tes sederhana adalah membandingkan kehalusan outlet pabrik Blaine dengan debu filter pabrik. Jika aliran udara gilingan optimal, Blaine debu filter gilingan tidak boleh lebih dari 1000 Blaine lebih besar daripada di pintu keluar pabrik. Jika ada yang lebih halus, ini menunjukkan bahwa aliran udara hanya cukup untuk menghilangkan partikel paling ringan dan halus dari penggilingan dan oleh karena itu lebih rendah dari optimal.

Namun, seringkali tidak ada akses mudah untuk mengambil sampel debu filter pabrik. Dalam kasus seperti itu, salah satu opsinya adalah mengambil sampel dari dasar filter setelah crash stop serta mengurangi harga ready mix beton yang di jualnya. Di pabrik lama, keausan pada segel outlet pabrik dapat menyebabkan peningkatan udara palsu yang progresif dan seringkali tanpa disadari, dengan konsekuensi pengurangan ventilasi aktual melalui pabrik.

Oleh karena itu, praktik yang baik untuk melakukan tes Blaine ini setiap bulan dan memastikan bahwa ada titik pengambilan sampel keluar filter pabrik yang baik.

Pemeriksaan sederhana untuk derajat udara palsu adalah dengan membandingkan suhu keluar semen pabrik dengan suhu keluar gas pabrik. Karena semen dan gas keluar melalui pintu keluar pabrik pada suhu yang sama dalam sistem yang tertutup rapat, perbedaan kedua suhu ini hanya beberapa derajat. Jika perbedaan suhu melebihi 10 ° C, maka ini merupakan indikasi adanya udara palsu yang berlebihan. Catatan: Suhu gas tidak akan pernah lebih tinggi dari suhu semen. Jika ya, maka salah satu probe berada di lokasi yang salah atau tidak berfungsi. Dalam kasus seperti itu, mintalah pemeriksaan suhu manual untuk dilakukan di kedua lokasi.