Begini Cara Merawat Kucing Russian Blue

Kucing russian blue terkenal sebagai hewan peliharaan yang mahal dan berkelas. Ras russian blue pasti sangat diidam-idamkan untuk dimiliki oleh pecinta kucing, mungkin salah satunya oleh Anda. 

Namun, ada hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli dan memelihara si kucing bermata hijau ini. Anda harus paham bagaimana cara merawat kucing russian blue dengan baik dan benar seperti ulasan di adhdmalta.

Cara Merawat Kucing Russian Blue

  • Pemberian makanan

Supaya kucing tetap sehat, Anda harus memberikan makanan yang memiliki nutrisi dan vitamin dengan kandungan gizi seimbang. 

Berikan makanan sekitar 3-4 kali dalam sehari. Jangan teralu sering, karena dapat menyebabkan kucing rentang terkena penyakit. 

  • Rutin memandikan kucing

Anda harus rajin memandikan kucing setiap 2 pekan sekali, supaya kotoran atau debu yang ada pada bulu dan kulit kucing hilang, sehingga kucing akan merasakan nyaman dan sehat.

  • Ajak kucing berjemur

Ajak kucing Anda untuk berjemur setelah selesai mandi. Anda juga bisa membiasakan kucing Anda untuk selalu berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi bagus untuk kesehatan kucing.

  • Sisir bulu kucing

Menyisir kucing berguna untuk membuang bulu-bulu yang rontok. Selain itu bulu kucing akan lebih rapi setelah disisir. 

  • Bersihkan kotoran di telinga kucing

Anda perlu menyempatkan untuk membersihkan telinga kucing menggunakan catton bud dan baby oil setiap seminggu sekali. Tujuannya untuk mencegah munculnya jamur yang dapat menganggu kesehatan kucing.

  • Potong kuku kucing

Kuku kucing yang panjang dan kotor akan menjadi sarang bagi tumbuhnya kuman, sehingga Anda harus rajin membersihkan dan memotongnya setiap seminggu sekali. 

  • Perlakukan kucing dengan penuh kasih sayang

Jangan membentak atau berlaku kasar pada kucing. Perlakukan kucing dengan penuh kasih. Anda bisa mengelus-elus bulunya dan mengajaknya bermain.

Biaya Perawatan Kucing Russian Blue

Supaya kucing Anda selalu sehat, Anda harus melakukan perawatan rutin ke pet shop atau klinik hewan. Untuk keperluan perawatan normal Anda cukup mengeluarkan biaya sekitar 800 ribu. Hal tersebut meliputi biaya konsultasi dokter, vaksin, obat cacing, pasir, dan sampo.

Sayangi kucing Anda seperti Anda menyayangi anak sendiri. Penuhi kebutuhannya supaya kucing Anda tetap sehat dan bahagia.