Peluang Usaha Bawang Goreng

Peluang Usaha Bawang Goreng – Padahal saat ini sudah banyak penjual bawang goreng di pasaran yang menawarkan harga terjangkau. Mengingat kebutuhan ibu rumah tangga yang lebih memilih untuk membeli bawang goreng daripada menggorengnya sendiri, membuat peluang bisnis bawang goreng memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan.

Pada awalnya, mempelajari peluang bisnis bawang goreng tentu dapat memudahkan kita untuk mendapatkan keuntungan lebih dari yang kita inginkan. Dalam menjalankan bisnis bawang goreng memang sangat sederhana dan sederhana untuk dilakukan namun membutuhkan beberapa strategi.

Nah, mungkin Anda saat ini mulai tertarik untuk menjalankan bisnis bawang goreng, agar Anda bisa menjalankan bisnis bawang goreng dengan baik, selanjutnya Anda bisa simak ulasan artikel berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Bawang Goreng

1. Pilih Bawang Merah Besar

Sebaiknya pilih bawang merah ukuran besar agar saat digoreng tidak hancur dan terlihat menarik. Sementara itu, bawang goreng dengan irisan yang bagus tentu akan lebih menarik perhatian konsumen jika dibandingkan dengan bawang goreng kecil yang terlihat seperti diremas.

2. Gunakan Minyak Berkualitas

Minyak yang kita gunakan untuk usaha bawang goreng ini akan mempengaruhi kualitas bawang goreng yang dihasilkan terutama warna dan rasanya. Oleh karena itu, pilihlah minyak nabati sawit yang berkualitas baik dan berwarna bening. Hal ini agar hasil bawang goreng yang kita buat lebih enak dan warnanya cantik.

3. Gunakan Peralatan Memasak yang Berkualitas dan Higienis

Selain minyak, hal lain yang perlu kita perhatikan adalah peralatan yang kita gunakan dalam pengolahannya. Kita tidak boleh sembarangan menggunakan peralatan masak seadanya karena akan merusak kualitas bawang goreng. Gunakan pisau yang cukup tajam untuk mengiris bawang bombay agar terlihat rapi dan rapi.

4. Gunakan Penyaringan Minyak

Oli Pelanggan pasti tidak suka dengan bawang goreng yang banyak minyaknya di kemasannya. Hal ini dikarenakan bawang goreng yang kami jual terlihat sangat berminyak dan tidak higienis. Sementara itu, minyak yang masih menempel di kemasan malah bisa menurunkan minat pelanggan dan kualitas bawang goreng. Selain itu, umur bawang goreng akan lebih pendek karena mudah tengik dan tidak garing lagi.

5. Pilih Kemasan Menarik

Sebaiknya kita menggunakan kemasan yang menarik walaupun ada pepatah yang mengatakan jangan melihat sesuatu dari kemasannya. Lagi pula, yang dilihat pelanggan adalah kemasannya terlebih dahulu.

6. Gunakan Media Sosial sebagai Alat Promosi

Di era sekarang ini, media sosial sudah tidak asing lagi dengan kehidupan. Jadi kita harus memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan produk bawang goreng kita kepada orang lain. Oleh karena itu, media sosial terbukti menjadi salah satu media promosi yang efektif untuk menarik pelanggan.

Produksi Bawang Goreng

Untuk memulai bisnis bawang goreng ini tentunya tidak banyak bahan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, mari kita lihat.

Bahan:

  • Bawang merah
  • Minyak goreng
  • Garam

Bahan Tambahan:

  • Tepung maizena atau tepung terigu,
  • Ebi rebon,
  • Teri, dan lain-lain sesuai selera.

Alat yang dibutuhkan:

  • Wajan
  • Kompor
  • Pisau dapur
  • Saringan minyak

Cara pembuatan:

  1. Pertama siapkan bawang bombay yang sudah diiris tipis, lalu cuci dengan air bersih yang mengalir.
  2. Kedua, tiriskan bawang bombay hingga kering.
  3. Sementara itu, jangan diremas-remas agar bawang tidak menghitam dan hancur saat digoreng.
  4. Ketiga, agar bawang semakin kering, kita bisa mengeringkannya dengan tisu.
  5. Atau bisa diangin-anginkan sebentar sampai agak kering.
  6. Lalu taburkan sejumput garam
  7. Kemudian masukkan minyak ke dalam wajan dan panaskan.
  8. Jika minyak sudah panas, lalu goreng bawang bombay dengan minyak banyak dengan api sedang.
  9. Selanjutnya, aduk bawang sampai berwarna cokelat keemasan.
  10. Kemudian angkat bawang goreng sebelum terlalu coklat.
  11. Kemudian tiriskan di wadah yang dialasi kertas nasi dan biarkan dingin.
  12. Setelah itu masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara

Prospek Usaha Bawang Goreng

Estimasi dan prospek usaha bawang goreng ini cenderung tidak stabil karena harga bahan utama atau harga mentah bawang goreng selalu berubah-ubah dan tidak menentu sesuai dengan panen raya. Sebab, harga bawang goreng tidak menentu, fluktuatif antara Rp. 45.000 sampai Rp. 83.000 dalam setiap kg dan bahkan lebih. Namun jika pasokan bawang merah banyak dengan harga normal, keuntungan yang bisa dihasilkan dua hingga tiga kali lipat.

Harga bahan baku bawang goreng yang tidak stabil

Selanjutnya, harga bawang merah mentah bisa berubah tergantung apakah panennya bagus atau tidak. Jika panennya bagus, harga bawang merah mentah pasti akan naik. Begitu pula sebaliknya, jika rendemen bawang merah tidak bagus, bisa jadi harga bawang merah mentah akan turun. Hal ini dikarenakan kualitas bawang merah yang dihasilkan tidak memenuhi standar. Atau bisa juga disebut dengan tidak memenuhi kriteria.

Hambatan Bisnis Bawang Goreng

Sementara itu, banyak kendala yang harus diatasi untuk peluang usaha bawang goreng ini. Selain harga bahan baku bawang goreng yang tidak menentu, hal lain yang harus diperhatikan adalah keawetan produk bawang goreng ini. Produk bawang goreng yang tidak laku dalam waktu lama dapat mengakibatkan kualitas bawang goreng tersebut menurun. Tidak hanya itu, bau dan rasa pahit juga menjadi salah satu kesulitan pemilik usaha dalam mencari solusi.

Namun meski begitu, pada akhirnya hal ini harus diatasi dengan memberikan pengawet alami dan mengemas produk dalam kemasan kedap udara agar produk dapat bertahan kurang lebih 1 tahun. Agar produk yang kita hasilkan dapat menarik minat konsumen, sebaiknya kita lebih fokus pada warna produk, aroma dan rasa, kemasan dan juga tanggal kadaluarsa produk.

Demikian adalah peluang usaha bawang goreng yang cukup menjanjikan di era yang serba praktis ini, untuk membantu pengerjaan dalam jumlah banyak kita bisa menggunakan mesin pengupas bawang yang tentunya akan sangat membantu dsn menghemat waktu juga tentunya. Selamat mencoba!

BACA SELENGKAPNYA : Modal Usaha Jus Buah