Pengertian Reklamasi: Manfaat dan Tujuan Reklamasi

Reklamasi adalah suatu proses pembuatan daratan baru dari dasar sungai atau laut yang dilakukan oleh manusia untuk menambah luas daratan, hal tersebut dikarenakan daratan yang sudah ada menjadi semakin sempit. Reklamasi dilakukan saat suatu wilayah mengalami erosi yang sangat parah sehingga area tersebut perlu dilakukan supaya untuk diperbaiki, karena lahan tersebut dianggap sangat penting.

 

Manfaat Reklamasi

Ada banyak sekali manfaat dari reklamasi bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat proyek reklamasi tersebut yang kami kutip dari www.mastekno.com, antara lain.

  • Sangat membantu untuk memperbaiki tata kota dimana area reklamasi bisa menjadi rekreasi yang menarik.
  • Mencegah erosi berkelanjutan di wilayah yang digunakan reklamasi dengan membangun konstruksi pengaman yang bisa mencegah ombak laut datang.
  • Memperbaiki pesisir pantai menjadi area yang lebih baik daripada sebelumnya, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat umum.
  • Membuat kawasan berair yang sudah rusak menjadi wilayah yang lebih bermanfaat dibandingkan dengan sebelumnya. Contohnya saja adalah untuk pertanian, industri, pemukiman, objek wisata, dan lain sebagainya.
  • Reklamasi adalah salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan pemukiman atau pun lahan baru. Serta mengatasi negara atau kota yang mempunyai kepadatan penduduk yang sangat tinggi.

 

Tujuan Reklamasi

Tujuan adanya reklamasi adalah mengubah wilayah daratan renda atau wilayah yang belum termanfaatkan menjadi wilayah yangn lebih bermanfaat utnuk kegiatan ekonomi serta kegiatan lainnya. Umumnya wilayah reklmasi digunakan untuk industru, pelabuhan, pemukiman, pertanian, jalur transportasi dan masih banyak lagi lainnya. Tapi menurut Max Wagiu, tujuan dari reklamasi adalah:

  • Supaya tanah yang hilang akibat obat laut dikembalikan lagi menjadi seperti semula.
  • Supaya terbentuk lapisan tanah baru di kawasan garis pantai, dimana nantinya bisa difungsikan sebagai bangunan yang berguna untuk benteng perlindungan garis pantai.

Banyak yang mengatakan hika reklamasi adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan tapi pertumbuhan manusia sangat tinggi. Hal tersebut menyebabkan manusia menciptakan daratan baru diwilayah yang berair.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai reklamasi. Semoga artikel reklamasi ini bisa menambah wawasan kita, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.