Perbedaan Energi Baru dan Terbarukan

Bagi kita kaum milenial pasti tidak asing dengan istilah energi baru terbarukan, atau dapat disingkat EBT. Namun ternyata banyak dari kita yang meskipun tahu istilah tersebut tapi tidak tahu apa sebenarnya energi baru terbarukan itu, dan apa perbedaan energi baru dan energi terbarukan.

Energi baru dan energi terbarukan tercantum dalam Perpres Nomor 5 tahun 2006 yang membahas tentang Kebijakan Energi Nasional.

Menurut yang tercantumkan di dalam perpres, pengertian energi baru adalah suatu bentuk energi yang dihasilkan oleh teknologi- teknologi baru yang bersumber dari energi terbarukan ataupun energi tidak terbarukan.

Sedangkan pengertian dari energi terbarukan merupakan sumber energi  yang merupakan hasil dari sumber daya energi yang  tidak akan habis dan jumlahnya melimpah di alam serta dapat berkelanjutan ketika dikelola dengan baik. Sumber energi terbarukan tidak akan habis karena berasal dari alam.

Berdasarkan hal yang dicantumkan secara jelas pada perpres tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa energi baru dihasilkan oleh teknologi yang baru sehingga dalam penggunaannya belum dapat digunakan secara umum atau publik. Untuk pengelolaannya juga masih berkembang dan masih terus diujikan kelayakannya sehingga dapat digunakan secara umum oleh masyarakat.

Sedangkan energi terbarukan adalah energi yang baru saat penggunaannya belum dapat digunakan oleh masyarakat umum. Energi ini dikelola dengan tujuan sebagai alternatif yang suatu saat nanti diharapkan dapat menggantikan energi yang selama ini kita gunakan. Energi terbarukan disebut energi yang tidak baru saat sudah banyak digunakan oleh masyarakat secara umum.

Contoh perusahaan yang sudah menanamkan sistem penggunaan energi baru terbarukan adalah PT Pembangkitan Jawa Bali (PTPJB). PT PJB menggunakan sumber daya alam seperti tenaga matahari, tenaga uap dan air untuk mengubahnya menjadi energi listrik.

Itulah pengertian dan perbedaan antara energi baru dan energi terbarukan. Meskipun sekilas terlihat mirip namun mengandung artian yang berbeda- beda. Energi baru dan terbarukan sama- sama berperan penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia di masa sekarang dan masa yang akan datang.