Peternak Kambing Sukses Berikut Ini Tipsnya!

peternak kambing sukses – Menjadi peternak merupakan suatu pekerjaan yang menggiurkan karena dapat menghasilkan pendapatan yang sangat tinggi.  Maka dari itu, ternak kambing dapat menjadi salah satu usaha yang menjanjikan apabila berada di tangan orang yang tepat. Berternak kambing pun memiliki pasar yang masih luas.

Sebelum berternak kambing hal yang pertama kali harus disiapkan adalah mental dan niat menjadi peternak. Hal tersebut penting karena dapat mendasari peternak agar dapat menghadapi segala situasi dan persoalan nantinya. Berternak dapat dikatakan gampang – gampang susah karena tergantu dengan bagaimana cara merawatnya. Berikut ini beberapa tips agar dapat menjadi peternak yang sukses !

Tips Menjadi Peternak Kambing Sukses

1. Memilih Jenis Kambing Ternak yang Baik

Patinya hal yang pertama dilakukan peternak kambing sukses adalah memilih jenis kambing untuk diternakkan agar dapat menguntungkan. Kambing memiliki beragam jenis yang berbeda serta memberikan keuntungan yang berbeda juga. Dalam pemilihan jenis kambing harus sesuai dengan keinginan.

2. Menjaga Kebersihan Kandang

Dalam berternak kambing yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang. Karena kandang berfungsi sebagai tempat untuk memelihara kambing, jadi harus selalu dijaga kebersihanya. Maka dari itu, kandang yang bersih membuat kambing tidak rentan terkena penyakit.

3. Memberikan Pakan yang Baik

Pakan merupakan kebutuhan utama setiap makhluk hidup, sehingga kambing juga membutuhkan pakan yang baik. Dalam berternak kambing pakan hijau juga harus diperhatikan, karena apabila kurang kambing dapat mengganggu pertumbuhannya. Setiap ekor kambing memerlukan pakan sekitar 5-7 kg untuk satu hari.

4. Memilih Kambing yang Berusia 5-6 Bulan untuk Pembesaran

Pada saat memilih kambing tujuannya untuk dirawat dan dijual pada saat hari raya, maka lebih baik memilih kambing muda yang berusia 5-6 bulan. Karena pada usia tersebut, kambing sudah tahan terhadap penyakit dan lebih mudah untuk dipelihara. Jika dijual dapat mendapatkan keuntungan mulai dari 700 ribu hingga 1 juta rupiah.

5. Memperhatikan Kesehatan Kambing

Hal utama yang paling sering menjadi penyebab kambing sakit adalah kembersihan kandang. Kambing yang berada dalam kandang yang lembab dan kotor bisa lebih mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu, pemberian pakan yang tidak optimal juga dapat menyebabkan kesehatan kambing menurun.

6. Melakukan Manajemen dan Perencanaan Keuangan yang Baik

Peternak yang sukses mestinya dapat melakukan menajemen dan perencanaan keuangan yang baik. Dengan mencatat keuangan dan penganggaran merupakan hal yang penting untuk usaha ternak agar bisa melakukan perencanaan bisnis dengan matang berdasarkan data keuangan.

7. Dapat Menguasai Breeding yang Baik

Dengan memperhatikan bagaimana breeding yang baik dan benat maka pasar akan ada di dalam genggaman. Melakukan breeding kambing merupakan suatu hal yang yidak mudah karena indukan hanya dapat melahirkan dua kali dalam waktu setahun.

Usaha yang harus dilakukan pun tidak mudah dan juga memerlukan disiplin tinggi. Maka dari itu mempersiapkan indukan terbaik sangat penting dan juga Anda harus memisahkannya dari kandang campuran supaya proses breeding dapat berlangsung.

Keuntungan Menjadi Peternak Kambing

Menjadi peternak kambing yang sukses dapat memberikan berbagai keuntungan. Berikut ini keuntungan menjadi peternak kambing yang sukses :

  1. Pendapatan finansial : Kambing ternak dapat menghasilkan susu, daging, dan kulit yang memiliki nilai jual. Untuk pemasarannya pun cukup luas, contohnya Anda dapat menggandeng bisnis kuliner serta yang lainnya.
  2. Investasi awal yang relatif rendah : Untuk memulai peternakan kambing membutuhkan investasi awal yang lebih rendah dibanding dengan peternakan besar lainnya. Hal inilah yang membuat ternak kambing menjadi usaha yang lebih terjangkau.
  3. Dapat memanfaatkan lahan yang efisien : Meme;ihara kambing dapat menggunakan lahan yang relatif kecil. Sehingga Anda dapat memanfaatkan lahan yang Ada untuk berternak.

 

Nah, itulah beberapa tips agar menjadi peternak kambing yang sukses dan beberapa keuntungannya. Nah, untuk menjadi peternak kambing sukses Anda dapat mengikuti peatihan ternak kambing. Pelatihan tersebut akan mengajari bagaimana cara berternak yang baik dan benar.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.