Proses Pembuatan Briket Arang Tempurung Kelapa, Yuk Kepoin!

Haloo semuanya kembali lagi nih di artikel kita, kira-kira kalian penasaran gak sih sama proses pembuatan briket untuk bahan bakar masak itu gimana?. Kalau kalian sedang penasaran dengan pertanyaan itu, maka selamat Anda sudah datang ke artikel yang tepat. Karena di artikel kali ini kita akan membahas tentang proses pembuatan briket arang dari bahan alami yaitu tempurung kelapa.

Selain itu kita juga akan membahas berbagai keunggulan dan cara menggunakan briket arang dari tempurung kelapa untuk memasak. Ingin tahu lebih lanjut, langsung aja baca artikel ini dengan seksama ya!.

Proses Pembuatan Briket Arang Tempurung Kelapa Untuk Bahan Bakar Masak

Pasti diantara kita semua sudah tahu, bahwa pohon kelapa adalah salah satu pohon yang hampir semua bagiannya memiliki banyak manfaat. Seperti misalnya sabut kelapa diproduksi menjadi olahan yang bermanfaat, serta tempurung kelapa yang kita manfaatkan kembali sebagai bahan bakar alternatif yang mempunyai banyak keuntungan.

Proses pembuatan briket arang tempurung kelapa ini juga bermacam macam, ada yang pada saat pembuatan dicampurkan dengan serbuk kayu, sampah organik, dan lain sebagainya. Bahan-bahan pembuatan briket arang yang mudah dan murah ini, patut untuk dipertimbangkan untuk membuat inovasi briket. Berikut ini adalah cara membuat briket arang tempurung/batok kelapa yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Alat dan Bahan Yang Harus Disiapkan :

  • Mesin arang briket
  • Alat pencetak briket
  • Oven arang briket
  • Mesin pencampur adonan
  • Tempurung/batok kelapa
  • Tepung kanji/tepung pati
  • Air

Proses Pembuatan Briket Arang Tempurung Kelapa

1. Proses Pengarangan :

Bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu cara manual dan proses pirolisis :

Pengarangan Dengan Cara Manual Menggunakan Tong :

  • Masukkan batok/tempurung kelapa yang sudah disiapkan ke dalam tong.
  • Kemudian bakar tempurung kelapa, dengan kondisi tong tertutup sampai hanya ada sedikit ventilasi yang tersedia pada tong arang tersebut.

Pengarangan Menggunakan Proses pirolisis :

  • Masukkan batok/tempurung kelapa yang sudah disiapkan ke dalam tangki pirolisis dalam keadaan tertutup.
  • Selanjutnya kepulan asap nantinya akan di kondensasikan sampai mendapatkan asap cair.

2. Proses Penepungan, arang yang sudah melalui proses pembakaran baik secara manual ataupun pirolisis kemudian akan diubah menjadi tepung atau bentuk yang lebih halus dan lembut dengan menggunakan bantuan mesin diskmill.

3. Proses Pengayakan, Setelah arang sudah dihancurkan dan berubah menjadi halus, selanjutnya pada arang akan dilakukan proses pengayakan. Proses ini dilakukan agar bisa menghasilkan arang dengan ukuran yang lebih lembut dan halus lagi. Caranya cukup mudah, kita hanya harus mengayak arang dengan menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh.

4. Pencampuran media, tepung batok/tempurung kelapa yang sudah halus kemudian bisa Anda campurkan dengan menggunakan air dan lem kanji. Takaran lem kanji yang harus dicampurkan adalah sebanyak 2,5 % dari tepung batok kelapa tadi.

5. Proses mencetak briket arang batok kelapa, Setelah proses pencampuran selesai, dan semua bahan tercampur dengan rata. Selanjutnya cetaklah arang briket dengan menggunakan cetakan.

6 Pengeringan, proses pembuatan briket selanjutnya adalah proses pengeringan. Anda bisa mengeringkan briket yang sudah dicetak menggunakan oven bersuhu 650 derajat Cdengan waktu kurang lebih 2 jam, atau juga bisa dengan menggunakan bantuan panas sinar matahari.

Keunggulan Briket Arang Batok/Tempurung Kelapa

Briket yang terbuat dari bahan batok/tempurung kelapa memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya adalah :

  • Terbukti lebih ekonomis karena relatif lebih murah dari bahan lainnya.
  • Tidak akan mempunyai resiko terhadap ledakan seperti yang ada pada kompor minyak tanah dan kompor elpiji.
  • Dengan briket arang tempurung kelapa, Anda bisa menghasilkan panas yang tinggi serta konsisten sehingga sangat baik untuk digunakan pembakaran yang membutuhkan waktu yang lama.
  • Tidak mengeluarkan suara berisik serta tidak akan membuat peralatan memasak Anda terkena noda hitam.
  • Briket arang tempurung kelapa ini sangat ramah lingkungan dan pembakaran yang dihasilkan aman untuk kesehatan.
  • Batok kelapa yang digunakan untuk bahan utamanya sangat berlimpah dan mudah untuk ditemukan.

Cara Menyalakan Briket Arang Tempurung Kelapa

Sensasi rasa daging asap akan bisa kita dapatkan ketika memasak menggunakan arang briket ini. Panas yang didapatkan dari pembakaran arang ini juga akan lebih tahan lama dan bisa langsung pakai tanpa harus dijemur terlebih dahulu. Hal ini karena dalam proses pembuatan nya arang briket sudah melewati proses pengeringan yang panjang. Untuk lebih jelas lagi, begini cara menyalakan arang briket tempurung kelapa:

  1. Pertama, masukkan sebuah kertas atau tisu ke dalam cerobong arang sebagai dasarnya.
  2. Kemudian letakkan arang briket di atas gumpalan kertas atau tissu yang digunakan sebagai dasar tadi.
  3. Setelah selesai meletakkan kertas atau tisu, baru nyala-kan api dan bakar kertas atau tisu tadi.
  4. Lalu tunggu sekitar 5 menit-an atau sampai api menyentuh bagian dari atas arang briket.
  5. Selanjutnya, kita akan sudah bisa melihat abu dari atas briket, masukkan kembali arang briket ke pemanggang.
  6. Terakhir, jaga nyala api agar stabil dan briket arang yang siap digunakan untuk memasak.

Nah, demikian pembahasan artikel kita kali ini mengenai proses pembuatan briket arang tempurung kelapa serta cara menyalakan briket arang untuk kebutuhan memasak.

Sebenarnya untuk membuat arang briket bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan mesin briket. Dengan mesin semua pekerjaan Anda untuk membuat arang briket ini akan jauh lebih mudah lagi. Jika Anda tertarik dengan mesin briket ini, maka Anda bisa mencarinya di internet atau di toko mesin di sekitar Anda.

Semoga informasi yang diberikan pada artikel ini bisa mudah dipahami dan bermanfaat untuk pembaca, terimakasih.

arang briket tempurung kelapacara membuat arang briket tempurung kelapaproses pembuatan briket arang