Proses Produksi Sabut Kelapa Menjadi Media Tanam Anggrek

Proses Produksi Sabut Kelapa Menjadi Media Tanam Anggrek – Proses produksi sabut kelapa ada banyak banget ragam media tanam yang bisa kamu gunakan untuk menanam tanaman bunga anggrek. Selain pake media tanam arang, kamu juga bisa pake sabut kelapa yang lebih mudah didapatkan.

Dari proses menanam dan mengolah sabut kelapa sampai bisa jadi media tanam bibit anggrek tidaklah lama dan juga tidak sulit. Karna media tanam sabut kelapa memang sebuah media yang baik dan bagus untuk tanaman anggrek dan mudah pengaplikasiannya.

Serat sabut kelapa bisa jadi pilihan para pehobis tanaman bunga anggrek yang kurang menyukai media tanam menggunakan tanah yang ribet. Karna untuk proses penanaman tananaman bunga anggrek di sabut kelapa tidak memerlukan bahan tanah serta bisa digantung ataupun dipajang di rak tanaman anggrek.

Kalau dibandingin sama media tanam pot tumbuhan atau vas, maka kesan alami bisa lebih didapatkan di media tanam sabut kelapa. Untuk proses produksi sabut kelapa menjadi media tanam anggrek kamu bisa simak informasi serta cara selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Di mana saja toko yang jual cocomesh sabut kelapa?

Proses Produksi Sabut Kelapa menjadi Media Tanam Anggrek yang Mudah

Sangat penting untuk kamu cermati bahwa langkah – langkah yang kami beritahukan di sini harap dipraktekkan semuanya, jangan sampai ada yang terlewat. Agar hasil tanaman bunga anggrek yang kamu buat nanti bisa tumbuh lebih bagus dan bunganya cepat mekar.

1. Proses Produksi Sabut Kelapa Menjadi Media Tanam Anggrek yang Pertama tentunya Siapkan Sabut Kelapa

Serat sabut kelapa merupakan suatu pilihan bahan media tanam yang bagus untuk menanam anggrek supaya hasil bunga anggreknya indah. Namun sebelum kamu mulai ke proses menanam, kamu harus siapkan dan olah bahan utama sabut kelapa untuk media tanam anggrek yang benar itu seperti apa ;

  1. Gunakan serat sabut dari kelapa yang sudah berumur tua
  2. Setelah menyiapkan serat sabut dari kelapa yang tua, maka rendam selama kurang lebih 6 jam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat bernama tanin yang terkandung di sabut kelapa
  3. Selanjutnya rendam kembali sabut kelapa ke dalam larutan fungisida. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jamur – jamur parasit yang nantinya muncul di media tanam sabut kelapa
  4. Kemudian baru tiriskan dan urai menjadi bagian – bagian serat yang lebih kecil.

2. Pilih Bibit Tanaman Bunga Anggrek yang Sehat dan Berkualitas Bagus

Sekarang kan kamu udah punya media tanam sabut kelapanya, tinggal milih bibit tanaman bunga anggrek yang bagus untuk ditanam di sabut kelapa itu seperti apa. Di sini kamu bakalan menemukan penjelasan soal kriteria bibit tanaman anggrek yang cocok untuk ditanam di media sabut kelapa ;

  1. Pilihlah bibit tanaman bunga anggrek dengan kondisi sehat dan daun yang masih segar
  2. Pada bagian batang bunga anggrek tidak ada cacat fisik
  3. Batang bunga anggreknya kokoh dan kuat
  4. Bibit bunga anggrek yang masih muda jangan menggunakan bibit anggrek yang sudah tua dan berbunga

3. Cara Menanam Bunga Anggrek pada Media Tanam Sabut Kelapa Supaya Dapat Hasil Maksimal

Media tanam anggrek dari sabut kelapa dan bibit tanaman anggrek yang bagus sudah kamu punya nih. Sekarang tinggal mengikuti proses produksi sabut kelapa menjadi media tanam anggrek, untuk langkah – langkahnya bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Lilitkan serat -serat sabut kelapa yang sudah diurai, sepotong demi sepotong dililitkan ke bibit anggrek yang kamu punya sampai ketebalan media sudah dirasa cukup.
  2. Atau kalau pengen ditaruh di pot tanaman maka taruh serat sabut kelapa yang sudah diurai tadi ke dalam pot.
  3. Kuatkan media tanam sabut kelapa yang sudah digabungkan pada bibit anggrek dengan cara mengikat dengan tali atau kawat bendrat.
  4. Taruh bibit anggrek yang ditanam di sabut kelapa itu pada tempat dengan cahaya matahari yang cukup.

4. Teknik Perawatan Tanaman Anggrek Pada Media Tanam Dari Sabut Kelapa

Kalau kamu udah berhasil menanam bunga anggrek pada media sabut kelapa, maka tinggal kamu pelajari dan praktekkan saja cara perawatan tanaman anggrek pada sabut kelapa ;

  1. Penyiraman tanaman harus dilakukan dua kali sehari pada dan sore hari menyesuaikan situasi kondisi cuaca serta lingkungan
  2. Pemupukan dilakukan pada 30 HST, kamu bisa gunakan pupuk bernama NPW Slow Release secara langsung pada media tanam dan pupuk Gromore diberikan 3 minggu sekali dengan dosis 5 gram per liter.
  3. Kalau tanaman anggrek terkena hama serangga atau penyakit maka semprotkan larutan fungisida sebulan sekali dengan dosis 5 gram per liter.
  4. Media tanam dari sabut kelapa wajib rutin kamu ganti 6 bulan sekali supaya tanaman anggrek bisa tumbuh lebih maksimal.

Serat Sabut Kelapa Juga Bisa Dijadikan Produk Coco Mesh atau Jaring Sabut Kelapa Loh!

Cocomesh atau jaring sabut kelapa adalah salah satu produk olahan berbahan dasar serat sabut kelapa yang berupa jaring yang terbuat dari tali tambang sabut kelapa. Gunanya buat apa? Gunanya buat ditaruh ke lereng tanah miring untuk mengurangi terjadinya pengikisan tanah oleh angin dan air hujan atau erosi.

Selain mengurangi erosi, ini digunakan juga sebagai media tanam kembali atau reboisasi areal gersang bekas pertambangan. Di Indonesia sendiri yang jual cocomesh sudah ada sangat banyak, sebab industri pertambangan dan tanah gersang di Indonesia juga banyak, jadi memerlukan banyak produk seperti ini.

Nah, seperti itu saja tadi Proses Produksi Sabut Kelapa Menjadi Media Tanam Anggrek yang Mudah. Semoga kamu bisa paham dan berhasil mempraktekannya, terima kasih.