Penjualan Briket Yang Semakin Lama Semakin Meningkat

Prospek usaha briket batok Kelapa, kelapa merupakan salah satu produk pertanian yang banyak ditanam dan digunakan di Indonesia.

Kelapa banyak mengandung produk olahan seperti minyak kelapa, santan, gula kelapa, sabut kelapa dan lain-lain. Namun ada bagian dari kelapa yang sering dianggap sebagai produk limbah, yaitu tempurung kelapa.

Tempurung kelapa merupakan tempurung keras yang melindungi daging kelapa. Batok kelapa yang sebagian besar dibuang atau dibakar tanpa dimanfaatkan secara maksimal.

Padahal, tempurung kelapa mempunyai potensi besar sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Salah satu cara untuk mengubah batok kelapa menjadi energi adalah dengan diubah menjadi briket batok kelapa.

Briket tempurung kelapa merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari campuran tempurung kelapa yang dihaluskan dipadukan dengan tepung terigu atau tepung tapioka.

Briket batok kelapa memiliki banyak keunggulan dibandingkan bahan bakar tradisional lainnya seperti kayu bakar atau arang.

 

Pengertian Batok Kelapa

Batok kelapa merupakan sumber daya yang melimpah di Indonesia, khususnya di daerah tropis. Indonesia merupakan produsen kelapa terbesar di dunia. Oleh karena itu, bahan baku pembuatan briket batok kelapa mudah didapat dan murah.

Batok kelapa merupakan salah satu penyebab utama timbulnya limbah organik di Indonesia. Limbah padat organik merupakan sampah yang berasal dari sisa-sisa mahkluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan.

Limbah organik padat dapat menimbulkan permasalahan lingkungan jika tidak dikelola dengan baik, seperti pencemaran tanah, air, dan udara. Sampah organik padat juga dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan jika membusuk atau menyebarkan penyakit.

Baca Juga Usaha Briket sebagai Energi Alternatif

Baca Juga cara buat briket tempurung kelapa

Keuntungan Energi Briket Batok Kelapa

  • Berkelanjutan

Energi dari briket batok kelapa merupakan energi terbarukan yang tidak akan habis selama masih ada pohon kelapa. Tenaga briket batok kelapa juga tidak menyebabkan deforestasi atau penggundulan hutan karena menggunakan limbah sebagai bahan bakunya, hal ini akan mendukung Prospek usaha briket batok kelapa.

  • Ramah lingkungan

Energi dari briket batok kelapa tidak menimbulkan asap yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Energi dari briket kelapa juga tidak mengeluarkan gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Energi dari briket kelapa juga dapat mengurangi jumlah limbah batok kelapa yang menumpuk di tempat pembuangan sampah.

  • Penghematan biaya

Energi dari briket kelapa lebih murah dibandingkan bahan bakar fosil seperti minyak tanah atau gas LPG. Energi yang dihasilkan briket kelapa juga lebih tahan lama dan tidak cepat habis karena kapasitas pembakarannya yang tinggi.

 

Pemanfaatan Arang Kelapa

Selama ini batok kelapa hanya digunakan sebagai bahan bakar oleh pedagang sate dan ikan serta untuk penyadapan karet oleh pihak perhutani. Faktanya, tempurung kelapa masih dapat diolah menjadi produk yang berdaya saing tinggi sebagai berikut:

1. sebagai bahan baku dasar untuk produksi kosmetik

Menurut penelitian, arang mampu melembutkan kulit wajah dan membersihkan kulit wajah. Arang juga dapat mengatasi flek hitam dan kerutan di wajah.

Selain itu, arang juga dapat mengurangi jumlah minyak di wajah dan menjaga kelembapan alami kulit sehingga mengurangi racun yang terpapar pada kulit untuk melawan radikal bebas. Selain itu, arang juga dapat menghilangkan bau tak sedap, memutihkan gigi, dan membersihkan kulit kepala.

2. Briket tempurung kelapa menjadi bahan bakar alternatif

Briket tempurung kelapa berguna untuk memasak. terutama untuk memanggang makanan, seperti di Eropa, di negara Timur Tengah brriket tempurung kelapa digunakan untuk membakar shisha.

Sedangkan di Asia seperti  Korea  dan Jepang, arang kelapa digunakan untuk  memasak di restoran. karena arang  kelapa menghasilkan lebih banyak panas  dibandingkan  arang  bakau. Selain itu, tidak merusak tanaman seperti  bakau dan tidak menimbulkan asap.

 

Kesimpulan dari Prospek usaha briket batok kelapa

Briket batok kelapa adalah produk yang terbuat dari limbah tempurung kelapa yang dapat digunakan sebagai bahan bakar ramah lingkungan, murah, dan berkelanjutan.

Prospek usaha briket batok kelapa  memiliki potensi besar di Indonesia, karena permintaan akan bahan bakar alternatif semakin meningkat dan ketersediaan bahan baku yang melimpah.

Untuk memulai usaha ini, diperlukan peralatan, bahan baku, resep, promosi, dan distribusi yang tepat. Briket batok kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti memasak, mengeringkan, menghasilkan listrik, atau bahkan sebagai bahan baku kosmetik.