Resep Keripik Tempe Tanpa Tepung, Alternatif Camilan Sehat Bagi Tubuh

Konsumsi tepung yang terlalu banyak dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lalu bagaimana dengan camilan kering seperti keripik tempe yang biasanya menggunakan tepung. Ini dia pembahasan resep keripik tempe tanpa tepung yang memiliki rasa gurih nikmat.

Namun, sebelum membahas resepnya. Akan kami sajikan empat alasan Anda harus mengurangi jumlah konsumsi tepung putih yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan berbahaya bagi kesehatan Anda.

Bahaya Konsumsi Tepung Terlalu Berlebihan

Makanan yang terbuat dari tepung memang dinilai dapat menggoda selera, namun makanan tersebut pula dapat memicu kenaikan berat badan secara drastis.

Tepung putih dinilai tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Sehingga kita disarankan untuk mengurangi jumlah konsumsi tepung putih.

Para ahli nutrisi mengatakan bahwa selama proses pengolahan gandum menjadi tepung, zat spermaendo dalam gandung dikeluarkan begitu saja. Padahal zat ini dinilai dapat bermanfaat bagi tubuh.

Selain zat tersebut, nutrisi yang ada pada gandum juga menghilang selama terjadinya proses ini. Hal ini berefek pada tidak adanya manfaat nutrisi yang dapat terserap oleh tubuh saat mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung.

Konsumsi tepung secara berulang dan terus menerus dapat menyebabkan menumpuknya lemak di dalam organ hati, meningkatkan jumlah kolesterol jahat, menyebabkan hipertensi, dan berpotensi mengalami obesitas.

Sehingga, dengan beberapa alasan dibawah ini, Anda perlu menghindari mengonsumsi tepung terlalu banyak. Berikut ulasannya!

1. Asam

Selama proses pembuatan dan pemurnian tepung, nutrisi yang terkandung dalam gandum menghilang begitu saja sehingga tepung ini menjadi bersifat asam.

Konsumsi asam yang berlebih dalam makanan dapat mempengaruhi kepadatan tulang. Senyawa asam yang terserap secara berlebihan oleh tubuh dapat menyebabkan terjadinya peradangan sendi kronis yang dapat menyebabkan pengroposan tulang.

Jika terjadi osteoporosis atau pengroposan tulang, maka kemampuan regenerasi sel tulang pun akan menurun. Jika hal ini terjadi, maka tulang akan menjadi sangat rentan.

2. Masalah Pencernaan

Pada masyarakat luas, tepung biasanya disebut sebagai lem usus. Hal ini dikarenakan tepung tidak mengandung serat sama sekali sehingga konsumsi tepung dapat menghambat dan memperlambat sistem pencernaan. Hal ini akan berefek pada melambatnya sistem metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, berat badan akan sangat mudah naik. Stress, sakit kepala, bahkan migrain akan dapat dengan mudah menyerang. Selain itu hal ini juga dapat menyebabkan sembelit.

3. Kekurangan Nutrisi

Dalam proses pembuatannya yang menghilangkan banyak kandungan senyawa penting tentu dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam gandum.

4. Menyebabkan Diabetes

Kandungan aloksan yang berada dalam tepung dapat berefek negatif pada tubuh. Aloksan merupakan kontaminan yang dapat menyebabkan diabetes. Glukosa yang ada dalam tubuh dapat dengan mudah terpicu oleh aloksan dan menjadi senyawa yang berbahaya bagi kesehatan.

Resep Keripik Tempe Tanpa tepung

Setelah mengetahui bahaya mengonsumsi tepung, berikutnya kami akan mengulas resep keripik tempe tanpa tepung yang lebih sehat. Berikut di bawah ini resepnya.

Bahan – bahan :

  • 500 gram kedelai yang sudah diberi ragi
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur
  • air secukupnya
  • minyak goreng

Cara membuat :

  1. Masukkan adonan tempe dalam bungkusan plastik hingga padat dan didalamnya tidak terdapat ruang udara. Ikat rapat plastik. Kemudian tusuk-tusuk hingga plastiknya terlubangi.
  2. Biarkan hingga tempe terfermentasi dan memadat selama 3 hari.
  3. Iris hingga setipis mungkin tempe yang telah padat.
  4. Blender bawang putih hingga halus. Kemudian masukkan garam dan kaldu jamur. Tuang air kemudian aduk rata.
  5. Marinasi tempe ke bumbu cair kemudian goreng dalam minyak panas dengan api besar.
  6. Angkat kemudian tiriskan.
  7. Simpan pada wadah kering dan bersih kemudian tutup rapat.

Penutup

Kunci dari membuat keripik tempe tanpa tepung adalah irisannya yang super tipis. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk menggunakan mesin perajang keripik tempe dari rumah mesin untuk hasil potongan yang tipis dan konsisten.

Semakin tipis hasil potongan yang dihasilkan, maka semakin baik pula hasil gorengannya. Keripik tempe yang tipis tidak akan menyerap minyak secara terlalu banyak, sehingga tempe akan memiliki tekstur yang renyah. Untuk tekstur garing maksimal, anda juga dapat menjemurnya terlebih dahulu.

Sekian dan semoga berhasil.