Rincian Modal Usaha Jus Buah

Rincian Modal Usaha Jus Buah – Siapa sih yang tidak kenal buah-buahan? Tentu saja semua orang kenal minuman alami ini yang punya banyak jenis dan manfaat (anggur, belimbing, strawberry, alpukat, pisang dll) dan rasa seperti asam, pahit dan manis.

Buah-buahan yang mempunyai banyak kandungan vitamin, serat gizi, dan mineral yang mampu menjaga kesehatan dan menyuplai nutrisari manusia setiap hari. Banyak orang dari anak-anak hingga orang lanjut usia yang menyukai aneka buah. Dan beberapa orang konsumsi buah untuk diet dan beberapa pengobatan kesehastan lainya

Jelas, semua orang suka makan buah baik secara langsung maupun berbentuk olahan seperti dijadikan jus. Hal ini dikarenakan  buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh orang setiap hari untuk menjaga nutrisi dan kesehatan tubuhnya.

Kedai usaha yang menjual jus buah-buahan sangat mudah kita jumpai di berbagai sudut kota dan jalan di Indonesia. Hal ini dikarenakan bisnis minuman jus aneka buah segar selalu popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan tingkat persaingan bisis yang sangat tinggi.

Di suatu wilayah sangat memungkinkan dijumpai lebih dari tiga outlet usaha jus buah-buahan seperti di desa, di pinggir jalan, dekat sekolah dll. Usaha ini bisa dilakukan secara rumahan maupun dilakukan dengan usaha lainnya seperti warung kelontong, usaha jualan buah, usaha kuliner, dll.

Apabila kita minat membuka usaha jus buah-buahan yang memiliki peluang cerah ini maka kita perlu memperhitungan rincian modal usaha awal yang diperlukan untuk usaha ini.

Setelah itu, baru kita menyusun strategi berikutnya untuk mencuri perhatian pasar yang menarik sebanyak mungkin pelanggan. Sehingga keuntungan yang kita dapatkan bisa lumayan besar

Rincian Modal Usaha Jus Buah

 

Freezer Es 1 unit                   Rp 800.000
Gerobak jus buah                  Rp 1.500.000
Juicer/Mesin Blender          Rp 3.000.000
Biaya luar                               Rp 200.000
Total Biaya Investasi Modal Awal Rp 5.500.000

Biaya Modal Operasional
Aneka Jenis Buah 1 kilogram @ 15.000 sebanyak 50 kg Rp 750,000
Sedotan 1 bungkus (400 pcs)   @ 300                          Rp 100,000
Cup 1 @ 600 sebanyak 500 pcs                                      Rp 250,000
Madu, Gula, Susu                                                              Rp 500,000
Es Batu                                                                                 Rp 80,000
Air dan listrik                                                                     Rp 600,000
Pegawai                                                                                Rp 800,000
Jumlah                                                                                   Rp 3,980,000

Jika diperhitungkan dalam satu hari dapat menjual 50 cup jus buah dengan harga Rp 6.000 per cup maka keuntungan kotor sebesar : 50 x Rp 6000 = Rp 300.000 per hari. Omzet dalam satu bulan sebesar : Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.000.000,-

Jadi, keuntungan kotor yang bisa kita dapatkan dari usaha jus buah sebesar  Rp 9.000.000.

Keuntungan bersih yang bisa  didapatkan : Rp 9.000.000 – Rp 3.980.000 = Rp 5.020.000/ bulan. Lumayan bukan?  Perkiraan keuntungan jus buah yang lumayan besar inilah alasan mengapa banyak orang memulai usaha yang menekuni usaha minuman jus buah segar

Strategi Jualan Jus Buah

Setelah tahu berapa peluang keuntungan dari usaha jus buah, lalu kita akan membahas  strategi bisnis jualan jus buah yang laris manis dan untung besar. Berikut ini beberapa yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha minuman jus buah agar usahanya semakin berkembang dan lancar kedepanya

1. Lokasi usaha

Pilihlah lokasi usaha yang strategis. Misalnya di pinggir jalan raya yang ramai dan mudah dijangkau, di sekitar tempat nongkrong yang kemungkinan orang akan membeli, di dekat kampus, sekitar sekolah, mall, taman kota atau alun-alun kota, sekitar tempat lapangan olahraga, tempat rekreasi, pertokoan, dekat perumahan dll.

Dengan memiliki lokasi usaha jus buah yang strategis maka kita sudah bisa pastikan bisnis minumannya akan mendapatkan untung. Untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis tersebut bisa kita lakukan dengan  cara menyewa tempat usaha ataupun berjualan secara mangkal di pinggir jalan yang ramai memakai gerobak.

2. Inovasi

Usaha jus buah memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Di satu wilayah mungkin ada beberapa kedai jus. Oleh karena itu, usaha jus buah yang kita miliki harus unik dan berbeda dengan para pesaing lainya. Misalnya jus aneka buah-buahan yang bervariasi seperti, jus buah yoghurt, jus smoothies, dll.

3. Rasa Jus Buah

Jus yang sangat enak dan lezat berbeda dengan kedai tempat lain. Hal ini akan membuat konsumen betah yang nantinya menjadi pelanggan tetap. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha jus buah yang segar.

Sebaiknya kita mempelajari cara atau resep membuat jus buah yang enak, yang bisa dipelajari di internet, buku kuliner atau media lainya. Lakukan eksperimen dan ujicoba hingga berhasil.

4. Bahan baku berkualitas

Jangan pernah kita menjual jus  buah dengan bahan baku buah-buahan yang tidak berkualitas atau sudah tidak segar. Hal ini akan membuat rasa jus buah tidak sedap. Yang berakibat pelanggan akan kapok datang kembali ke tempat jus buah kita.

Oleh sebab itu pastikan dan cek terus, buah-buahan yang di luar atau dipajang di etalase dalam keadaan bersih, tidak busuk segar dan kualitasnya baik. Sehingga menarik minat para pembeli. Cara memilih bahan yang baik adalahbeli langsung dari pasar tradisional atau di kebun buah langsung.

Selain itu, agar buah-buahan tetap segar dan tidak cepat busuk kita bisa menyimpan di dalam kulkas atau kulkas. Buah-buahan yang sudah busuk agar segera dibuang.

5. Jenis buah-buahan sangat lengkap

Sering kita menjumpai sebuah kedai  jus buah yang kurang komplit dalam menyajikan menu jus buah mereka. Hal ini tentu mengecewakan pelanggan. Oleh karena itu untuk memuaskan pelanggan pastikan jus buah yang anda miliki mempunyai jenis varian rasa yang lengkap

Berikut adalah beberapa rincian modal usaha jus buah, selain jus buah kita juga bisa belajar usaha es doger tenatng bagaimana cara membuat es doger agar tidak cepat cair, peluang usahanya dll. Semoga membantu!