Manfaat Sabut Kelapa Untuk Pertanian

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai manfaat sabut kelapa untuk pertanian berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Sabut kelapa atau yang juga dikenal dengan cocopeat merupakan limbah perkebunan yang melimpah di daerah penghasil kelapa, tumbuhan yang masih termasuk dalam famili aren-arenan atau Arecaceae yang kesemuanya memiliki manfaat yang besar bagi manusia. Jika air kelapa memiliki manfaat penting sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik cair, maka sabut yang menutupi buah kelapa juga dapat diolah menjadi pupuk organik padat atau bokashi.

Dalam dunia pertanian berbasis organik, pemanfaatan sabut kelapa sebagai pupuk padat memiliki peran penting bagi kesuburan tanah pertanian. Pada pupuk organik padat, cocopeat / sabut kelapa berfungsi sebagai biopori bagi tanah, dengan adanya rongga-rongga pada tanah dapat meningkatkan sirkulasi udara pembawa oksigen yang sangat dibutuhkan tanaman.

Selain dapat meningkatkan aerasi pada lahan pertanian, manfaat lain dari sabut kelapa adalah memiliki kemampuan menyimpan air sebanyak 6 kali lipat dari volumenya. Dengan kata lain jika berat sabut kelapa 1 kg maka daya tampung airnya bisa mencapai 60 kg air, tentunya penggunaan sabut kelapa sebagai bahan dasar pupuk organik menjadi solusi yang tepat untuk daerah yang curah hujannya minim.

Kandungan Gizi Sabut Kelapa

Sebenarnya sabut kelapa yang belum diolah bukanlah cocopeat, cocopeat sendiri merupakan limbah pengolahan sabut kelapa yang diambil sabut atau sabut. Cocopeat adalah butiran atau bubuk halus yang terbuat dari sabut kelapa, apapun istilahnya untuk menyebutnya tidak masalah. Yang menjadi pokok bahasan adalah manfaat sabut kelapa yang sangat besar untuk pertanian. Kandungan nutrisi sabut kelapa baik makro maupun mikro sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Kandungan unsur hara makro dan mikro yang terdapat pada sabut kelapa antara lain (K) Kalium, (P) Fosfor, (Ca) Kalsium, (Mg) Magnesium, (Na) Natrium dan beberapa mineral lainnya. Namun dari sekian banyak kandungan nutrisi cocopeat, ternyata yang paling melimpah adalah unsur K (kalium). Seperti yang telah kita ketahui, kandungan (P) Fosfor dan (K) Kalium sangat dibutuhkan tanaman selama proses pembentukan buah dan penambah cita rasa untuk semua jenis buah.

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa dapat diolah menjadi pupuk organik cair, namun untuk mengolah sabut kelapa menjadi pupuk organik padat perlu diolah lebih lanjut dengan cara dihancurkan terlebih dahulu sebelum proses pembuatan bokashi. Namun, untuk memudahkan Anda membuat bokashi tanpa menghancurkan sabutnya, opsi Cocopeat adalah pilihan yang tepat. Cocpeat telah diperjualbelikan oleh sebagian besar orang yang akrab dengan dunia pertanian organik.

Penggunaan sabut kelapa sebagai campuran pembuatan bokashi berdampak positif bagi pertanian. Tanaman padi yang menggunakan pupuk bokashi dengan penambahan cocopeat dapat meningkatkan kualitas, bobot (kepekatan) dan rasa yang lebih enak, jika dibandingkan dengan menggunakan pupuk sejenis bokashi tanpa mencampurkan cocopeat.

Penggunaan sabut kelapa sebagai campuran pembuatan bokashi berdampak positif bagi pertanian. Tanaman padi yang menggunakan pupuk bokashi dengan penambahan cocopeat dapat meningkatkan kualitas, bobot  bobot (kepekatan) dan rasa yang lebih enak, jika dibandingkan dengan menggunakan pupuk sejenis bokashi tanpa mencampurkan cocopeat.

Cara Membuat Bokashi Cocopeat

Untuk mengetahui cara membuat bokashi, pembuatan bokashi menggunakan cocopeat adalah penambahan cocopeat 15-20% dari total bahan bokashi. Pentingnya penambahan bokashi pada lahan pertanian sangatlah penting, mengingat lahan pertanian di Indonesia semakin rusak akibat penggunaan pupuk kimia yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Aplikasi Cocopeat

Penggunaan cocopeat sebagai campuran bokashi berdampak baik bagi dunia pertanian, maupun budidaya tanaman nonpangan. Untuk budidaya tanaman hias menggunakan cocopeat sebagai campuran media tanam sangat dianjurkan atau budidaya sayuran di lahan sempit menggunakan pot. Pengaplikasian cocopeat pada media tanam dapat meningkatkan hasil dan kualitas tanaman yang dibudidayakan, singkatnya sabut kelapa atau cocopeat sangat sangat cocok untuk semua jenis tanaman.

Demikian ulasan tentang manfaat sabut kelapa untuk pertanian, apakah anda akan mulai mencoba sabut kelapa untuk pertanian anda? Semoga artkel yang saya buat ini bermanfaat buat kalian , sekian dari saya dan terima kasih.