Sistem Kerja Pintu Ruang Operasi

Pintu merupakan salah satu hal yang penting yang harus diperhatikan dalam membuat ruang operasi. Pada pintu ruang operasi harus dapat digunakan untuk menutup udara yang masuk dan keluar sehingga ruangan bisa tetap steril dari bakteri.

Yang biasanya digunakan untuk ruang operasi adalah pintu hermetic. Pada umumnya pintu tersebut berbentuk swing atau sliding. Akan tetapi, bagaimanakah sistem kerja dari pintu hermetic yang digunakan dalam ruang operasi tersebut?

Sistem Kerja Pintu Ruang Operasi

Pintu ruang operasi adalah salah bagian dari ruangan yang memiliki peran sama penting sama dengan bagian lainnya. Pintu yang biasanya digunakan di ruang operasi adalah pintu hermetic. Pintu tersebut memiliki sistem yang bekerja untuk memblokir udara yang masuk maupun keluar.

Caranya adalah pintu ini akan secara otomatis menutup dan menurunkan daun pintu hingga beberapa mili meter ke lantai kemudian bergeser pada arah yang terdapat seal dan door guide. Dengan begitu, pintu akan tertutup secara sempurna sehingga tidak ada udara yang membawa bakteri dari luar atau dalam ruang operasi. Pintu ini juga dilengkapi dengan aksesoris yang menjaganya agar tetap steril.

Aksesoris Pintu Ruang Operasi

Pada pintu ruang operasi atau pintu hermetic terdapat aksesoris berupa jendela atau kaca kecil di bagian atas daun pintu yang berasal dari bahan kaca timbal. Aksesoris tersebut tentu dibuat karena ada alasannya.

Jendela kecil yang ada pada pintu tersebut berguna untuk memantulkan cahaya dari luar ruangan. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan operasi, para tim medis tidak hanya membutuhkan cahaya dari dalam tetapi juga pencahayaan dari luar.

Selain itu, pintu hermetic juga dilengkapi dengan sensor pada kaki atau tangan yang berguna untuk menutup dan membuka pintu. Cara menggunakan sensor tersebut hanya dengan mendekatkan tangan atau kaki ke sensor pemindai dan secara otomatis pintu akan terbuka. Hal ini bertujuan agar tim medis yang menggunakan ruangan operasi bisa tetap terjaga higienitasnya.

Dari sistem kerja pintu ruang operasi di atas, dapat diartikan bahwa pintu tersebut harus memiliki bahan yang berkualitas. Jika Anda mencari pintu hermetic dengan bahan yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau bisa langsung cek di website https://selaraslawangsewu.com. Disana ada juga berbagai macam pilihan pintu lainnya yang tidak kalah dibandingkan dengan yang lain.