10 Tips Traveling Hemat untuk Mahasiswa

10 Tips Traveling Hemat untuk Mahasiswa

10 Tips Traveling Hemat untuk Mahasiswa – Liburan semester biasanya hari yang paling ditunggu untuk para mahasiswa. Setelah menjalani aktivitas semester perkuliahan dan setelah menjalani ujian akhir semester yang cukup melelahkan, Anda yang mahasiswa pasti memerlukan waktu untuk bersantai dan bersenang-senang. Selagi masih muda, banyak petualangan seru yang bisa Anda jelajahi. Jangan hanya menjelajahi media sosial saja, tapi di dunia ini banyak sekali tempat seru yang bisa dijelajahi.

Baca juga artikel lain di : https://135street.com/

Jika berbicara mengenai jalan-jalan, kendala utama bagi para mahasiswa biasanya mengenai budget. Berikut ini beberapa tips traveling hemat yang bisa Anda coba untuk menekan budget jalan-jalan.

Buat Perencanaan

Sebaiknya buatlah rencana perjalanan dari jauh-jauh hari. Pilihlah tempat mana yang ingin didatangi, perbekalan apa yang harus Anda bawa, dan sebagainya. Yang terpenting adalah jika membuat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari, Anda bisa menabung biaya perjalanannya mulai dari sekarang.

Manfaatkan Semua yang Ada

Jika memiliki kenalan atau saudara di tempat tujuan traveling Anda maka manfaatkanlah. Daripada menginap di penginapan atau hotel, lebih baik menginap di tempat saudara atau kenalan Anda. Tips traveling hemat ini dapat meringankan biaya menginap dan makan. Selain itu, jika Anda ingin mengunjungi objek wisata, maka carilah yang menawarkan banyak diskon. Biasanya beberapa objek wisata memberikan diskon tiket masuk jika tiketnya dibeli dalam bentuk paket atau rombongan.

Tidak Perlu Menggunakan Tour Guide

Kini zaman canggih banyak yang menggunakan internet. Jadi tidak perlu menggunakan tour guide jika berkunjung ke objek wisata. Cukup buka dan cari tahu melalui Google tentang cerita, sejarah atau spot-spot menarik di tempat objek wisata yang akan dikunjungi. Kadang informasi yang didapat dari internet,lebih banyak info yang menarik dibandingkan keterangan dari tour guide atau pemandu wisata yang biasa saja. Tips traveling hemat ini sangat menarik.

Pilih Tanggal yang Low Season

Sebaiknya jangan jalan-jalan pada saat musim liburan. Hindari dan pilihlah tanggal yang low season. Jika traveling pas musim liburan, harga semua tiket dan akomodasi akan lebih mahal daripada hari yang biasanya. Selain itu, tempat-tempat wisata juga pasti menjadi ramai. Bahkan saat musim liburan tingkat kriminalitas juga akan meningkat.

Menginap di Hostel Bukan Hotel

Untuk menyesuaikan dengan kantong mahasiswa, tentunya menginap di hostel jauh lebih murah dan seru daripada menginap di hotel. Saat ini sudah banyak hostel murah dan nyaman bertebaran di mana-mana. Anda bisa browsing untuk cari hostel yang sesuai keinginan. Setiap hostel memiliki fasilitas dan hiburan masing-masing.

Banyak hal seru yang dapat ditemui jika menginap di hostel. Mulai dari berbagi kamar dengan tamu-tamu yang lain, hingga bertemu dengan bule-bule backpaker. Tips traveling hemat dengan memilih hostel ini bisa menambah teman dan sharing pengalaman.

Tak Perlu Beli Jika Masih Bisa Meminjam

Biasanya jika ingin traveling, Anda perlu menyiapkan perlengkapan. Terutama jika perjalanannya bersifat petualangan di alam bebas seperti hiking dan diving. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan, tak perlu beli, cukup pinjam jika ada kenalan atau saudara yang punya. Misalnya, jika ingin jalan-jalan mendaki gunung, cukup pinjam tas carrier, tenda dan sleeping bag-nya saja.

Tips traveling hemat ini akan membuat uangmu dapat dialokasikan untuk mengunjungi tempat-tempat lain. Selain itu, sebenarnya bisa juga menyewanya, daripada membeli tapi hanya dipakai sekali saja.

Gunakan Transportai Publik

Untuk dapat alan-jalan di kota tujuan wisata, usahakan naik transportasi publik daripada naik taksi yang biayanya lebih mahal. Bisa juga dengan mencari tumpangan.

Bawa Perbekalan dari Rumah

Jangan lupa untuk membawa ransum sebagai bekal selama perjalanan. Siapa tahu berguna jika lapar di tengah jalan daripada membeli yang biasanya mahal. Anda bisa mengurangi budget untuk beli makanan. Pilih makanan perbekalan yang bersifat lebih tahan lama, seperti mie instan cup, roti, keripik kentang, atau makanan lainnya.

Jika ingin mencari makan, usahakan jangan makan di restoran. Coba makan di warung-warung pinggir jalan. Selain lebih murah, Anda juga bisa mencicipi makanan khas setempat.

Kerja Part Time

Budget yang pas-pasan akan membuat Anda tidak bisa menjelajahi banyak tempat wisata. Cari kerja part time saja selama liburan adalah solusi dan tips traveling hemat. Misalnya, jika Anda ingin liburan ke Bali, sebaiknya mulai mencari info-info mengenai kerja part time di sana. Biasanya di hotel atau restoran banyak info  kerja part time. Anda bisa berlibur sambil mencari uang juga.

Beli Oleh-oleh di Pasar Bukan di Toko

Suvenir atau oleh-oleh yang biasa dijual di pasar jelas jauh lebih murah jika dibandingkan di toko, dan bisa ditawar pula. Namun Anda harus pandai menawar dan jeli memilih agar tidak mendapatkan barang yang kurang bagus. Namun, tidak semua pasar lokal itu murah.

Ada pula pasar yang sudah sangat komersil terhadap turis. Sehingga harga barang-barangnya lumayan lebih mahal. Anda harus riset tempat dan harga dulu sebelum membeli.

Itulah beberapa tips traveling hemat untuk para mahasiswa tanpa terlalu menguras isi dompet. Semoga bermanfaat.

tips travelling hemat