Usaha Jus Buah Kelebihan dan Kekurangannya

Hallo sobat semuanya, pada kali ini mimin bakal membahas mengenai usaha jus buah dan tips berhasil dalam usaha jus buah nih sob. Pasti sobat semua nggak ngira kan bahwa usaha jus buah pun bisa untung dan meraih banyak sekali omzet yang didapat loh. Banyak orang yang telah membuktikan keberhasilannya dalam berkancah di usaha jus buah yang mereka miliki sob.

Minum jus buah dianjurkan untuk semua orang. Pasalnya, kandungan vitamin dan nutrisi pada buah ini sangat baik untuk tubuh manusia. Kandungannya sangat menyehatkan bagi tubuh manusia loh sob. Jadi emang udah tidak usah diragukan lagi kandungan dalam jus buah karena buah sendiri merupakan makanan yang menyehatkan sob

Berkat khasiat berbeda yang terkandung dalam jus buah, banyak orang memilih untuk mengkonsumsinya setiap hari. Ada yang memilih untuk memproduksi sendiri, banyak juga yang membelinya langsung dari pedagang sari buah pinggir jalan. Sungguh beragam cara pembeli dalam mengkonsumsi jus buah ya.

Mengingat tingginya permintaan, jelas menjadikan minuman olahan buah yang satu ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Selain mudah dipromosikan, pembeli  selalu ada di sana. Bahkan banyak sahabat mimin yang berhasil dalam berbisnis usaha jus buah sob. Jadi emang udah terbukti nih jika cara menjualnya tepat maka omzetnya juga cepat

Bagi Anda yang berminat memulai bisnis jus buah, kali ini mimin akan mengulas pro dan kontra serta menganalisa modal yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Sederhana saja yang penting to the point. Kali ini mimin bakal mengulas mengenai usaha jus buah dan tips berhasil dalam berbisnis jus buah sob

Usaha Jus Buah Kelebihan dan Kekurangannya

setiap usaha memiliki kelebihan dan kekurangan dari proses bisnisnya masing masing. Tak terkecuali dalam usaha jus buah. Usaha Jus buah memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing masing seperti yang bakal mimin bahas berikut ini.

Kelebihan Usaha Jus Buah

Usaha jus buah memiliki beberapa kelebihan yang menurut mimin ini bernmanfaat dan bisa kita jadikan peluang sob. Oleh karena itu silahkan simak pembahasan berikut di bawah ini.

1. Pangsa Pasar Cukup Besar

Jus buah merupakan minuman yang memiliki khasiat baik untuk tubuh. Kandungan vitamin, mineral, dan zat bermanfaat lainnya sangat terasa di setiap tegukan. Itulah mengapa banyak orang menggunakan minuman olahan ini sebagai bahan dasarnya.
Terlepas dari usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua yang gemar minum jus buah. Jadi jangan takut rugi karena pasarnya luas dan selalu ada. Oleh karena itu bisnis ini sangat menjanjikan sebenarnya

2. Modal Minim Sekali Bisa Juga

Membuka bisnis jus tidak seperti bisnis kuliner lainnya yang membutuhkan banyak modal dengan modal minim yang sudah bisa Anda jual. Mengapa minimal? Karena alat yang dibutuhkan sedikit dan tempat berdagang bisa dilakukan dimana saja.

3. Tidak Butuh Tempat yang Luas

Menjadi salah satu indikator utama saat memulai bisnis. Jika boothnya tepat, tentunya bisa sangat menguntungkan bagi penjualnya.
Keuntungan menjual jus adalah Anda tidak perlu menyiapkan stand yang mewah dan lapang. Anda juga bisa berjualan hanya dengan gerobak di pinggir jalan.

4. Membuatnya Sangat Mudah

Jus merupakan salah satu minuman olahan buah yang proses produksinya sangat sederhana. Bahkan siapapun yang masih amatir di bidang kuliner bisa membuat jus.
Gampang banget, tinggal siapkan buahnya, terus campur dengan es batu atau campuran gula pasir (sesuai selera). Kemudian tinggal di blender sampai halus deh biar nikmat. Untuk memblender jus buah sobat bisa menggunakan blender serbaguna yang awet dan hemat energi ya sob.

Kekurangan Usaha Jus Buah

Namun di balik banyak kelebihan tersebut disini mimin bakal menganalisa sedikit kekurangan usaha jus buah nih sob. Kekurangan ini sebenernya bisa kita siasati dengan cerdik apabila kita mampu.

1. Bergantung Pada Buah Yang Musiman

Tidak semua buah bisa dinikmati kapan saja, karena waktu panen di Indonesia berbeda. Masa panen biasanya disebut musim buah dan rasa buah yang dipanen pada musim ini biasanya lebih enak.
Misalnya mangga wangi manis, jika sedang tidak musim kita jarang bisa
menemukan sari mangga wangi manis yang benar-benar nikmat.

2. Bergantung Pada Daya Tahan Buah

Selain musimnya, buahnya cepat busuk, salah satunya pisang. Jika, misalnya, Anda memiliki banyak persediaan tetapi belum habis, Anda berisiko kehilangan.
Saat membeli bahan mentah, yaitu buah, belilah secukupnya. Kita hanya bisa menyimpan kira-kira tiga atau satu minggu ke depan. Setelah buah habis, baru bisa dibeli baru untuk hari-hari berikutnya.

Beberapa Tips yang Perlu Diperhatikan

Untuk memulai usaha jus buah sobat harus memperhatikan beberapa hal berikut yang mungkin saja bisa menjadi referensi bagi sobat untuk memulai usaha jus buah yang sukses dan jadi menjanjikan.
Hal yang perlu diperhatikan adalah :
  • Modal usaha dari simpanan atau pinjaman pribadi
  • menggunakan peralatan yang tepat agar rasa dan kualitasnya bagus. Sobat bisa juga menggunakan juice extractor agar hasil jus yang dibuat bisa lebih halus dan berkualitas.
  • Memilih lokasi yang tepat. Letaknya yang strategis bisa di kawasan perkantoran atau di pemukiman padat penduduk
  • Mempersiapkan kios untuk dijual baik dengan grobak di pinggir jalan atau di bilik kecil
  • Saat mencari ramuan atau resep jus terbaik, Anda bisa mencari tahu dari Internet atau bertanya kepada ahlinya
  • Persiapan staf jika tidak bekerja sendiri
  • Beli perkakas seperti blender, meja dan kursi, pisau, lemari es, dan lainnya
  • Beli buah di pasar dengan harga murah
  • Lakukan promosi secara lisan atau melalui media sosial
Baiklah Cukup sekian pembahasan dari mimin, semoga membantu ya
Terima kasih sudah membaca artikel ini