Usaha Santan Kelapa Segar Mudah Dijalankan!

Usaha santan kelapa segar merupakan usaha paling mudah jika kita masih pertama kalinya. Bahan dari santan juga mudah untuk kita dapatkan, kita hanya perlu kelapa sebagai bahan utama untuk memproduksi santan.

Santan sendiri hanya terbuat dari kelapa parut yang kita peras dengan memberikannya sedikit air. Kekentalan pada santan juga bisa diatur sesuai dengan kemauan kita, apakah akan dibuat kental atau dibuat encer.

Namun, bagaimana cara memulai usaha santan kelapa segar ini? Apa yang kita perlukan? Hal apa yang harus kita perhatikan? Pada artikel ini kami akan membahas semua pertanyaan tersebut. Untuk kamu yang baru akan memulai usaha pastinya bingung akan mulai dari mana jika ingin menjalankan bisnis ini. Di bawah ini kami akan mengulas seputar usaha santan kelapa segar, jadi simak terus untuk mengetahuinya.

Mulai Menjalankan Usaha Santan Kelapa Segar

Pertama – tama tentunya kamu harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara menjalankan usaha, terutamanya usaha santan. Hal tersebut merupakan poin penting pertama yang wajib kamu ketahui, karena tanpa ilmu itu usaha kamu juga akan sia – sia saja.

Di sini kamu bisa mengunjungi orang yang sudah ahli dalam bidang ini supaya lebih paham. Jangan sampai kamu hanya menjalankan usaha tanpa tahu apa yang sebenarnya harus kamu lakukan.

Ada juga hal yang perlu kamu ingat, yaitu adalah masa ketahanan santan tersebut. Santan murni hanya akan bertahan selama kurang lebih satu hari saja. Karena itu, kamu juga harus mempertimbangkan apakah kamu akan menggunakan pengawet atau tidak.

Jika ingin santan kamu memiliki ketahanan lebih lama, gunakanlah pengawet untuk santan kamu. Tidak perlu takut untuk menggunakan pengawet, asal pengawet yang kamu gunakan sesuai dan tidak melebihi takaran maka santan yang kamu jual tidak akan berbahaya.

Cara Usaha Santan Kelapa

Jika kamu benar – benar ingin menjalankan usaha santan kelapa ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang akan kami sampaikan di bawah ini. Mungkin memang terlihat sepele, namun hal – hal inilah yang akan membangun usaha kamu nanti.

1. Persiapkan Modal Usaha Santan

Ketika baru pertama menjalankan usaha ini, kamu akan butuh biaya untuk membeli semua peralatan yang kamu butuhkan. Pembelian alat dan peralatan pertama kali memang akan lebih berat, namun setelah alat dan peralatan utama terbeli semua, maka kedepannya modal yang akan kita keluarkan jauh lebih sedikit.

Jika bisa persiapkan modal yang longgar jika kamu memang baru pertama kali akan menjalankan usaha.

2. Perhatikan Pasokan Kelapa

Jangan langsung membeli kelapa dengan jumlah yang banyak, karena kita belum tahu berapa jumlah santan yang akan kita produksi. Beli kelapa dengan jumlah yang tidak terlalu banyak untuk mencoba usaha ini. Lagi pula, kita akan menjual santan segar jadi membutuhkan kelapa yang segar juga supaya hasilnya maksimal.

3. Persiapkan Mesin Untuk Usaha Santan

Gunakanlah mesin untuk membantu kamu dalam usaha santan kelapa ini. Kita membutuhkan setidaknya dua mesin untuk produksi santan. Mesin tersebut adalah mesin pemarut kelapa dan alat pemeras santan.

Dengan menggunakan kedua alat tersebut, kita bisa menghemat waktu saat produksi. Jika kamu masih berpikir untuk menggunakan tangan manual, segeralah ubah pikiranmu. Memproduksi santan dengan tangan tidak akan efisien, terlebih lagi untuk usaha.

4. Kemasan Santan Kelapa

Mungkin kamu sempat berpikir untuk menggunakan kemasan seperti santan pabrikan yang memiliki kemasan cukup mewah. Namun, hal itu tidak kita perlukan, karena yang kita jalankan adalah usaha santan kelapa segar, maka kita bisa menggunakan kemasan yang sederhana. Gunakan plastik yang tebal seperti plastik es batu.

5. Limbah Usaha Santan Kelapa 

Jangan langsung membuang limbah yang dihasilkan setelah produksi santan ini. Limbah – limbah dari santan kelapa nantinya bisa kita olah untuk kembali mendapatkan keuntungan. Kita bisa menjualnya kembali dengan kondisi sudah kita olah jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun, jika kamu tidak mempunyai keahlian untuk mengolahnya, kamu tetap bisa menjual limbah ini dalam kondisi mentah.

Ulasan tersebut merupakan sedikit penjabaran mengenai usaha santan kelapa segar. Jika sudah yakin akan membuka usaha santan kelapa segar, maka ulasan tadi mungkin akan sedikit membantu kamu nantinya. Jangan takut gagal untuk memulai usaha, tidak ada orang yang berhasil tanpa menjalani hal yang perih terlebih dahulu. Kuatkan tekad, persiapkan semua yang dibutuhkan, dan tekuni usaha yang kamu miliki.

Untuk mengetahui lebih banyak perihal usaha santan, baca: Usaha Peras Santan Kelapa, Besar Peluangnya Besar Untungnya!

santan kelapausaha santanusaha santan kelapa