Video yang Menarik

Video yang Menarik

Video yang menarik agar banyak orang yang menyukainya. Oleh karena itu, semakin banyak penonton yang bersedia mengalokasikan waktunya untuk menonton video tersebut.

Video yang Menarik

1. Faktor isi atau konten video

Langkah pertama adalah membicarakan signifikansi kualitas konten dalam videomu.

Nantinya, jawaban dari pertanyaan itu dapat anda jadikan paduan untuk membuat konten video yang berkualitas.

Dalam membuat cideo dengan konten manarik, anda perlu dapat menyajikan informasi yang penting dan menghibur bagi para penonton.

Pesan yang jelas dan ringkas

Anda pasti sabar jika di jaman sekarang sebagaian besar orang jauh lebih sibuk. Mereka cenderung memiliki perhatian pikiran yang singkat. Kemudian, apa yang dapat anda perbuat di situasi yang seperti ini?

Memberikan pesan dengan jelas, dalam bentuk yang singkat dan padat.

Dengan memberikan penjelasan yang ringkas dan tidak bertele-tele, anda bisa dengan mudah menyampaikan isi pesan dalam video explainer mu. Untuk orang yang menonton, mereka cenderung lebih mudah dalam menyerap dan memahami informasi yang Anda sajikan.

Untuk menyampaikan pesan yang jelas dan ringkas, pastikan anda hanya membahas topik-topik yang masih relevan dengan identitasmu sebagai kreator dan juga penontonmu.

Ini masih relevan dengan penjelasan berikutnya mengenai poin utama dalam pembahasan konten video.

Pembahasan Yang Terfokus

Untuk membuat konten video explainer yang menarik, anda hanya perlu mengangkat dan membahas satu topik yang terfokus saja dalam sebuah video. Hal ini penting agar anda dapat menyampaikan pesan dengan jelas dengan alur yang pastinya juga lebih jelas.

Yang perlu diingat di sini adalah bahwa penontonmu memilih video penjelasan untuk mencari solusi bagi masalah mereka.

Ketika pembahasan diatur dengan baik, mereka akan lebih mudah untuk mengikuti alur konten, sehingga pemahaman mereka juga akan ditingkatkan.

Tidak hanya itu, membahas suatu topik dengan fokus akan membantu dalam memberikan penjelasan yang lebih mendalam.

Di sini, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk memberikan konten yang berisi informasi berharga yang jarang ditemukan dalam video lainnya.

Durasi Yang Singkat
Agar bisa menciptakan konten yang berkualitas dan informatif, sangatlah penting memberikan informasi yang berguna dan relevan kepada penonton.

Namun, bukan berarti Anda harus memberikan semua informasi yang ada di internet kepada mereka. Terlalu banyak informasi dalam video penjelasan Anda bisa membuat mereka bingung.

Jadi, untuk menciptakan video dengan konten yang menarik, tidak perlu membuat videomu berdurasi panjang, tahu.

Video dengan durasi pendek pun bisa sangat memikat perhatian jika anda dapat mencantumkan pesan-pesan menarik sekaligus menghibur yang kebanyakan tidak dilakukan oleh orang lain.

2. Faktor audio

Sudah tentu Anda sadar bahwa video pada dasarnya merupakan harmonisasi gambar bergerak dan audio, bukan?

Jadi, telah sewajarnya jika kedua komponen penting tersebut harus seimbang.

Salah satu kendala umum, masih ada banyak pembuat konten yang mengesampingkan pentingnya suara dalam video mereka. Lebih lengkapnya dapat anda baca di punca id

Namun, faktor audio memainkan peran kunci dalam membuat tampilan visual video lebih dinamis dan sempurna.

Dalam pembuatan konten yang menarik, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut yang masih berhubungan dengan faktor audio:

Kualitas suara dalam dubbing dan penggunaan Bahasa yang akurat dan terang benderang.

Beberapa video profesional memerlukan pengisian suara atau voice over. Selain itu, video tutorial, video animasi, dan video explainer juga dapat memerlukan pengisian suara guna mengkomunikasikan pesan dan konten kepada audiens.

Jika anda ingin meletakkan voice-over sebagai narasi di video explainer mu, anda harus dapat memastikan bahwa setiap kata yang diucapkan harus dapat terdengar jelas agar tidak terjadi salah dengar.

Dalam konteks ini, komponen-komponen yang perlu diperhatikan meliputi pelafalan, kecepatan, intonasi, dan aksen.

Coba bayangkan, jika video explainer mu mempunyai pengisi suara yang menyampaikan informasi penting dengan terlalu cepat, jangan heran jika penontonmu kebingungan dengan konten yang anda sajikan.

Kemudian, bahasa juga memegang peran penting lain dalam pembuatan video penjelas dengan konten yang menarik.

Musik Yang Mendukung Suasana

Selanjutnya, di samping rekaman suara, ada komponen audio lain yang sama pentingnya: musik.

Musik dapat melengkapi visual dari videomu. Tanpa adanya musik latar, anda mungkin lebih sulit untuk mendapatkan perhatian yang lebih dari para penonton.

Tambahan lainnya, musik juga memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghidupkan suasana dalam video penjelasan Anda. Contohnya, jika Anda membuat konten yang menghibur, musik dengan irama cepat akan membantu penonton lebih terlibat dan merasakan pesan dalam video Anda. Dan dapat juga anda baca di jasa dokumentasi video jogja

Dalam pembuatan video explainer dan tutorial, musik sangat diperlukan untuk meningkatkan aspek emosional, ritme, dan energi dalam video.

SDengan demikian, audiens dapat mempertahankan fokus mereka dan tetap menikmati konten yang Anda hasilkan.

Pemilihan musik juga tergantung pada jenis konten dalam video Anda. Di bawah ini terdapat beberapa contoh musik yang sering digunakan untuk meningkatkan video penjelasan:

Musik komedi. Musik ini riang dan menghibur, cocok untuk menopang komedi yang dibawakan.
Musik dramatis. Biasanya musik ini ditambahkan untuk memperdalam konflik dan menambah emosi dari penonton.
Musik laga. Jenis musik inilah yang biasanya banyak para editor tambahkan untuk memberikan energi pada adegan karena mempunyai ritme yang teratur dan terus-menerus.

3. Faktor visual

Selanjutnya, setelah mempertimbangkan elemen audio, kita akan fokus pada faktor visual yang esensial dalam pembuatan video eksplanasi yang menarik.

Anda bisa tenang, tidak diperlukan pengeluaran besar untuk membeli perlengkapan seperti kamera bagus, perlengkapan pencahayaan, dan yang lainnya demi hasil visual yang spektakuler.

Tentu saja, hal tersebut akan meningkatkan kualitas visual dari video explainer-mu, namun tidak menjadi standar penilaian terhadap kualitas konten yang kamu miliki.

Visualisasi yang sederhana seperti animasi telah lebih dari cukup jika anda telah mempunyai ide konten yang unik dan menarik.

Selain mengurangi biaya, video penjelas dengan animasi juga memiliki daya tarik yang lebih tinggi terhadap penonton karena karakternya yang menggemaskan dan plot ceritanya yang unik.

Berikut beberapa hal penting yang setidaknya harus anda perhatikan agar visualisasi (terutama dalam pembuatan video explainer) dapat lebih mendukung konten video milikmu.