Wisata Alam Menarik di Swiss

Swiss adalah sebuah negara kecil yang terletak di wilayah Eropa Tengah. Wilayah Swiss berbatasan dengan Jerman di utara, Austria di sebelah timur, Perancis di sebelah barat, serta Italia di selatan. Secara geografis, negara Swiss berada di wilayah pegunungan Alpen, pegunungan Jura dan plato Swiss yang membentang di sepanjang Eropa Tengah.

Negara Swiss merupakan negara yang bagaikan di dalam dongeng. Pemandangan alam Swiss merupakan salah satu pemandangan alam yang indah dengan keindahannya yang bagaikan di negeri dongeng. Bentang alamnya meliputi pegunungan Alpen yang tertutup salju, danau-danau yang biru dan bersih, lembah yang hijau, serta berbagai aliran sungai gletser yang mengalir indah menambah kesan negeri dongeng untuk Swiss.

Keindahan alam Swiss yang sejuk dan bersih membuat negara ini menjadi salah satu negara tujuan wisata terutama ketika musim dingin. Beberapa wisatawan umumnya tertarik dengan berbagai olahraga di pegunungan bersalju seperti ski dan hiking. Sementara beberapa lainnya datang ke Swiss untuk menikmati pemandangan alam seperti danau dan air terjun yang indah di kaki pegunungan Alpen yang bersalju.

Bentang alam Swiss yang sejuk dan bersih membuat banyak orang ingin mengunjungi negara yang beribukota di Bern. Dengan tingginya minat wisatawan, beberapa agen wisata dan perjalanan seringkali membuat paket wisata Eropa dengan Swiss menjadi salah satu tujuannya. Berikut adalah beberapa wisata alam terkenal yang ada di Swiss;

Matterhorn

Matterhorn adalah sebuah gunung yang dikelilingi oleh DAS (daerah aliran sungai) yang memiliki perubahan cuaca yang sangat cepat. Puncak Matterhorn juga merupakan salah satu titik tertinggi dari pegunungan Alpen dengan tinggi mencapai 4.478 meter. Pendakian Matterhorn biasanya dilakukan ketika musim panas, sementara di musim dingin area Matterhorn menjadi tempat ski dengan area sepanjang 300 kilometer.

Danau Lucerne

Lucerne adalah sebuah danau yang terletak di wilayah tengah negara Swiss dan juga merupakan danau terbesar keempat di Swiss. Berbagai aliran sungai mengalir dari beberapa penjuru ke danau ini, sehingga danau Lucerne memiliki bentuk yang tidak beraturan. Di sekeliling danau Lucerne, berbagai pemandangan pepohonan dengan daun yang berwarna-warni dan ditambah bentang pegunungan Alpen semakin menambah keindahan dari danau Lucerne tersebut.

Taman Nasional Swiss

Taman Nasional Swiss merupakan kawasan taman nasional yang membentang di wilayah bagian timur negara Swiss. Kawasan ini didirikan pertama kali pada tahun 1914 dan merupakan salah satu taman nasional paling awal yang ada di dunia. Area taman nasional Swiss mempunyai luas 174,2 kilometer persegi yang merupakan hutan lindung terbesar di Swiss. Di dalamnya tinggal lebih dari 5.000 spesies termasuk ibex, rubah, marmut, dan lebih dari 100 jenis burung.

Air Terjun Rhein

Air terjun ini merupakan air terjun terluas di Eropa bagian tengah dengan lebar 150 meter dan tinggi 23 meter. Rata-rata debit air nya mencapai 250 meter kubik per sekon ketika musim dingin dan menjadi 600 meter kubik per sekon saat musim panas. Untuk tujuan pariwisata, pengunjung biasanya menaiki perahu dari aliran sungai Rhein menuju ke air terjun ini. Selain pemandangan air terjun, pengunjung juga bisa menikmati kastil Worth yang terletak di sekitar area air terjun.

Jungfraujoch

Jungfraujoch adalah salah satu puncak dari pegunungan Alpen yang berada di wilayah Swiss. Dari puncak ini, mengalir gletser terpanjang di Eropa yaitu gletser Aletsch. Sejak 1912, puncak ini bisa diakses oleh turis menggunakan jalur kereta api. Kawasan ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia sejak 2001.