Apem Tepung Terigu Homemade Resep Tradisional Yang Lezat

Apem tepung terigu homemade  adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sering dijumpai dalam berbagai acara seperti pernikahan, upacara adat, atau acara keagamaan. Kelezatan apem terletak pada tekstur kenyalnya yang unik dan rasa manis dari gula merah yang meleleh di dalamnya. Di sini, kami akan membagikan resep apem tepung terigu homemade yang lezat, sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-Bahan

– 200 gram tepung terigu
– 150 gram gula pasir
– 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt vanili (opsional)
– 1/4 sdt soda kue
– Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Langkah-Langkah

1. Campurkan Tepung Terigu Dan Garam

Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu dan garam. Anda juga dapat menambahkan vanili jika menginginkannya.

2. Larutkan Gula Dalam Santan

Panaskan santan dalam panci kecil, lalu larutkan gula pasir di dalamnya dengan api kecil. Aduk hingga gula larut sepenuhnya.

3. Campurkan Santan Ke Dalam Tepung

Tuangkan campuran santan dan gula yang telah Anda panaskan tadi ke dalam campuran tepung terigu dan garam. Aduk rata hingga menjadi adonan yang kental dan lembut.

4. Tambahkan Soda Kue

Tambahkan soda kue ke dalam adonan dan aduk lagi hingga tercampur sempurna. Soda kue akan membantu menghasilkan tekstur yang lebih kenyal pada apem.

5. Siapkan Daun Pisang

Potong daun pisang menjadi lembaran-lembaran kecil dan singkirkan tulang daunnya. Daun pisang akan digunakan untuk membungkus apem.

6. Bentuk Adonan Menjadi Bola-Bola

Ambil sejumlah kecil adonan, lalu bulatkan menjadi bola-bola kecil. Letakkan masing-masing bola di atas selembar daun pisang yang telah Anda potong.

Baca Juga
4 Resep dan Cara Membuat Pisang Nugget Hitz Yang Enak

Nikmati pengalaman kuliner yang autentik dengan cara membuat apem tepung terigu sendiri! Dengan resep sederhana ini, Anda dapat menciptakan apem lezat yang kenyal dan manis di rumah. Dengan menggunakan tepung terigu berkualitas, gula pasir, santan, dan bahan-bahan lainnya, Anda dapat menghasilkan hidangan tradisional yang menggugah selera dengan mudah.

Langkah demi langkah panduan membuat apem tepung terigu akan membantu Anda menciptakan camilan istimewa ini dalam waktu singkat. Rasakan kelezatan aroma harum daun pisang dan cita rasa manis gula yang meleleh di dalam mulut. Buatlah momen spesial dengan keluarga dan teman-teman dengan sajian apem tepung terigu homemade yang tak terlupakan ini

7. Kukus Apem

Kukus apem dalam panci kukus yang telah dipanaskan sekitar 20-30 menit hingga matang. Anda dapat memeriksa kematangan apem dengan menusukkan lidi atau garpu. Jika keluar bersih, berarti apem sudah matang.

8. Sajikan

Setelah matang, angkat apem dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan. Apem siap dinikmati bersama keluarga dan teman-teman Anda.

Apem Tepung Terigu Homemade

Resep apem tepung terigu homemade ini memberikan hasil yang lezat dengan tekstur kenyal yang khas. Selain itu, aroma harum dari daun pisang juga memberikan sentuhan alami pada makanan ini. Anda dapat menikmatinya sebagai camilan di sore hari atau hidangan penutup spesial dalam berbagai acara. Apem adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang selalu memikat selera, dan membuatnya sendiri di rumah akan memberikan pengalaman yang istimewa. Selamat mencoba!