Beberapa Jenis dan Manfaat Pondasi Bangunan

beberapa-jenis-dan-manfaat-pondasi bangunan

Bicara mengenai Beberapa Jenis dan Manfaat Pondasi Bangunan tentu sobat yang berkecimpung di dunia teknik sipil mungkin sudah paham dan mempelajarinya, namun bagaimana dengan sobat lainnya? Karena sebagus apapun rumah dan bangunan yang akan sobat bangun, se indah dan sebesar apapun rumah yang sobat kerjakan tentu memerlukan pondasi sebelum membangunnya. Tidak mungkin kan bangunan dan rumah yang berdiri tegak tidak di topang oleh tiang penyangga atau kolom yang akan diteruskan ke konstruk pondasi dibawahnya?

Konstruksi pondasi merupakan salah satu konstruksi penting yang menyangga dan meneruskan beban bangunan ke lapisan tanah keras yang berada dibawah permukaan tanah. Sebagian besar dari kita mungkin tidak mengerti dan awam soal konstruksi pondasi ini dan mungkin saja mengabaikannya terlebih lagi karena konstruksi ini berada di bawah permukaan tanah sehingga keberadaannya tidak terlihat langsung oleh mata atau kasat mata.

Sebelum konstruksi pondasi ini dibuat dan dikerjakan terlebih dahulu harus kita ketahui dulu seperti apa desain sekaligus denah rumah atau bangunan yang akan dibangun. Disinilah manfaat denah atau layout berguna sebelum membangun pondasi yang berada dibawahnya sehingga tidak terjadi kesalahan nantinya saat pembangunan berlangsung.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membangun Pondasi

Pondasi gak akan berdiri dengan kuat dan kokoh kalau pengerjaannya gak sesuai dan gak pas untuk peruntukannya. Pemilihan jenis dan ukuran pondasi harus disesuaikan dengan kondisi tanah disekitarnya, beban bangunan serta faktor lainnya yang akan mempengaruhinya. Hal ini berpengaruh penting karena pondasi merupakan bangunan penting yang akan meneruskan gaya gaya ke lapisan tanah keras yang mungkin terjadi pada bangunan diatasnya.

Banyak sudah contoh kasus dimana bangunan berlantai dua bahkan lebih dari 2 lantai yang baru saja selesai dibangun tapi baru beberapa waktu dindingnya sudah banyak yang retak retak. Padahal sloof serta kolom bangunannya dibuat dengan konstruksi yang benar. Usut punya usut ternyata bangunan tsb berdiri diatas tanah bekas sawah dimana struktur tanahnya empuk dan blm stabil tapi menggunakan pondasi rumahan biasa. Disitulah terjadi kesalahan pemilihan jenis pondasi sehingga dinding bangunan diatasnya retak.

Dibawah ini sudah kami rangkum beberapa manfaat pondasi rumah atau bangunan :

  1. Memperkuat dan mempertahankan masa bangunan
  2. Sebagai komponen utama bangunan
  3. Pencegah terjadinya pergeseran
  4. Penahan terjadinya penyesuaian bentuk tanah
  5. Sebagai penahan gangguan unsur kimiawi dari tanah seperti zat organic & anorganic
  6. Penahan pergerakan air yang disebabkan kejadian alam

Jenis Pondasi Rumah

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan kini kita bisa memilih jenis pondasi yang cocok untuk rumah atau bangunan menyesuaikan dengan kualitas tanah disekitarnya seperti :

A. Pondasi Batu Kali

Pondasi ini banyak digunakan pada rumah dan bangunan pada umumnya dengan kondisi tanah yang bagus dengan struktur pondasi yang cukup sederhana.

B. Pondasi Tapak

Pondasi ini banyak digunakan untuk rumah atau bangunan tinggi namun berada di lahan yang lembek.

C. Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang digunakan untuk rumah atau bangunan yang besar dan tinggi namun keberadaan lapisan tanah kerasnya masih jauh dibawah permukaan tanah. Pemasangan pondasi ini dengan cara di dongkrak ke dalam tanah menggunakan alat bernama hydraulic jack atau di pukul menggunakan drop hammer

D. Pondasi Bored Pile

Sama seperti pondasi tiang pancang, pondasi bore pile digunakan untuk bangunan besar dan tinggi namun keberadaan tanah kerasnya masih jauh dari permukaan tanah. Pembangunan pondasi ini dibuat dengan cara melubangi tanah dengan cara dibor menggunakan mesin lalu diberi anyaman besi baru kemudian dicor menggunakan beton. Untuk mendapatkan pondasi ini harus menggunakan penyedia jasa bore pile murah namun tetap memperhatikan kualitas pekerjaan karena memerlukan mesin untuk melubangi tanah dengan diameter dan kedalaman yang besar serta dalam.

E. Pondasi Strauss Pile

Pondasi ini sama seperti pondasi bore pile namun perbedaannya terletak pada besar diameter, kedalaman dan alat yang digunakan untuk melubangi tanahnya. Pondasi strauss pile berdiameter dan memiliki kedalaman yang lebih kecil dan dikerjakan secara manual. Walaupun berdiameter kecil namun pengerjaannya tetap menggunakan penyedia layanan yang berkompeten. Dengan analisa harga strauss pile yang juga bisa dibicarakan karena bervariasi tergantung beberapa hal.

Itulah rangkuman mengenai Beberapa Jenis dan Manfaat Pondasi Bangunan yang harus sobat perhatikan semoga bisa mencerahkan.