Beragam Jalur Karier yang Tersedia bagi Para Insinyur Listrik Di Bidang Desain

Banyak bidang membutuhkan keahlian insinyur listrik, dan banyak dari insinyur ini fokus pada desain. Ada banyak lowongan kerja Jakarta Utara untuk seorang insinyur listrik. Jika Anda memiliki keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan teknis yang diperlukan maka Anda dapat mendapatkan pekerjaan desain yang inovatif. Jelajahi berbagai peluang kerja desain yang tersedia untuk insinyur listrik.

1. Insinyur Desain Kelistrikan

Insinyur yang berspesialisasi dalam desain kelistrikan menciptakan perangkat kelistrikan yang baru dan lebih baik. Insinyur di bidang ini bertanggung jawab untuk membuat cetak biru untuk sistem kelistrikan, memeriksa desain untuk memastikannya mematuhi standar, dan mengidentifikasi serta memperbaiki kekurangan desain. Gelar sarjana teknik elektro dan pengalaman kerja yang relevan merupakan prasyarat untuk peran ini. Insinyur desain di bidang kelistrikan sering kali memilih untuk fokus pada subbidang, seperti energi terbarukan, rangkaian listrik, atau sistem tenaga.

2. Insinyur Sistem Tenaga Listrik

Insinyur yang berspesialisasi dalam sistem tenaga memahami komponen listrik dan mekanik pembangkit listrik. Para ahli di bidang ini tidak hanya merancang dan mengawasi pengoperasian sistem distribusi tenaga listrik, tetapi juga melakukan studi untuk menemukan cara untuk menyempurnakan keseluruhan prosedur. Gelar sarjana di bidang teknik elektro atau mesin, atau bidang yang terkait erat, merupakan persyaratan pendidikan umum bagi para insinyur ini, seperti halnya kemungkinan memegang lisensi insinyur profesional. Selain itu, Anda memerlukan rekam jejak keberhasilan dalam peran terkait utilitas serupa untuk dipertimbangkan untuk posisi ini.

3. Insinyur, Telekomunikasi

Insinyur telekomunikasi merencanakan, mengembangkan, dan meluncurkan jaringan komunikasi baru. Ini memerlukan penentuan apa yang dibutuhkan klien dan kemudian merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem yang memenuhi harapan tersebut. Insinyur dalam peran ini juga akan berkolaborasi erat dengan orang lain di industri TI, termasuk arsitek jaringan, analis bisnis, dan teknisi help desk. Anda memerlukan gelar sarjana teknik elektro atau ilmu komputer dan pengalaman dengan jaringan dan protokol komunikasi untuk bekerja sebagai insinyur telekomunikasi. Anda harus dapat melakukan banyak tugas secara efektif dan memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah.

Baca Juga
Ucapan Terima kasih Untuk Tamu Pernikahan Sudah Hadir

4. Insinyur di bidang Mikroelektronika

Elektronik seperti komputer, perangkat seluler, peralatan medis, teknologi kedirgantaraan, dan lainnya semuanya mengandalkan papan sirkuit yang dikembangkan oleh perancang mikroelektronika. Merupakan praktik umum bagi mereka untuk mendesain papan dengan bantuan perangkat lunak khusus yang memungkinkan mereka menguji kreasi mereka sebelum mengirimnya untuk dibuat. Desainer ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang perangkat lunak dan metode desain papan sirkuit selain gelar sarjana di bidang teknik elektro atau bidang terkait.

5. Insinyur Desain Perangkat Keras

Papan sirkuit elektronik adalah karya desainer perangkat keras. Pengoperasian perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi merupakan prioritas utama bagi para profesional ini, sehingga mereka sering berkolaborasi dengan pengembang perangkat lunak. Selain membuat konsep, merancang, dan mengembangkan produk baru, beberapa insinyur desain perangkat keras mungkin juga bertanggung jawab untuk membuat prototipe dan mengujinya secara ketat untuk memastikannya aman dan berguna bagi konsumen. Profesional di bidang ini biasanya memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang teknik elektro atau ilmu komputer selain pengalaman yang luas di bidangnya.