Tips Memulai Bisnis Sampah Yang Sangat Menguntungkan !

Tahukah kamu ternyata bisnis sampah sangat menguntungksn lho. Di Indonesia, masih banyak orang yang membuang sampah pada tempatnya, terutama sampah plastik yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai di tanah.

Ada juga yang sudah bisa membuang dan mengelola, tapi dengan cara dibakar. Kalau sampah organik ya tidak apa-apa, kalau sampah anorganik seperti plastik, karet, atau bahan olahan lainnya, asapnya justru membahayakan kesehatan!

Kita bersyukur masih memiliki pemulung yang sedikit banyak telah membantu mengelola sampah atau barang bekas yang tidak terbengkalai.

Tahukah Anda bahwa selain menyelamatkan lingkungan, mengumpulkan sampah atau lebih tepatnya mendaur ulang sampah ini juga bisa menjadi bisnis yang menggiurkan bagi Anda. Bagaimana bisa suatu kegiatan yang dianggap kotor justru bisa menghasilkan keuntungan?

Daur ulang sampah adalah suatu cara untuk mengelola sampah atau barang bekas agar dapat digunakan kembali, menjadi barang yang berguna dan bernilai sehingga dapat diperdagangkan kembali.

Baik daur ulang sampah organik maupun daur ulang sampah anorganik, keduanya bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan, terutama manfaatnya bagi lingkungan. Usaha daur ulang sampah plastik relatif rendah risiko dan mudah dilaksanakan.

Tips Memulai Bisnis Sampah Yang Menguntungkan

  1. Siapkan modal yang cukup untuk membeli plastik bekas yang bisa di daur ulang dari pemulung. Juga untuk kelancaran bisnis kedepannya
  2. Pastikan Anda memiliki tempat yang luas untuk menyimpan sampah plastik bekas dan hasil biji plastik. Tempat ini juga akan digunakan sebagai tempat pemilahan jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda
  3. Siapkan timbangan dan mesin pencacah sampah untuk mengolah sampah plastik menjadi biji plastik. Untuk permulaan gunakan mesin gerinda dengan kapasitas yang cukup, jangan terlalu memaksakan, yang penting usaha bisa jalan.
  4. Mempelajari dan memahami berbagai metode daur ulang sampah plastik, mulai dari pengolahan hingga pengelolaan permodalan agar cash flow tetap lancar. Pelajari lebih lanjut dan bagikan ide dengan pebisnis serupa
  5. Merekrut beberapa karyawan yang bertugas membersihkan, menyortir, dan mengolah plastik bekas. Anda tidak perlu banyak, selama Anda hanya bisa memenuhi kebutuhan SDM bisnis Anda
  6. Mencari koneksi untuk pengumpul sampah plastik dan pembeli bijih plastik sebanyak mungkin untuk bekerja sama, perusahaan manufaktur plastik, misalnya. Asalkan pengolahan benih plastik Anda rapi dan bersih, tentunya pasangan Anda akan memberikan harga harga yang lebih baik
Baca Juga
Tips Memilih Menu Makanan Pernikahan yang Enak dan Berkualitas

Alur Cara Daur Ulang Sampah Plastik Hingga Siap Dijual

  1. Bersihkan plastik dari berbagai kotoran seperti kertas, label plastik, atau bagian lain yang masih menempel. Cara membersihkannya bisa dengan pisau cutter, lalu cuci bersih.
  2. Ratakan plastiknya, bisa diinjak atau menggunakan mesin press.
  3. Masukkan plastik ke dalam mesin penggiling plastik.
  4. Pisahkan sampah plastik yang sudah hancur berdasarkan jenisnya (ada yang mengapung dan tenggelam di air).
  5. Pisahkan menurut jenisnya kemudian dimasukkan ke dalam mesin peleburan.
  6. Terakhir, lembaran plastik yang dihasilkan dari mesin peleburan dipotong dengan mesin pelet sesuai permintaan. Hasilnya adalah apa yang disebut benih plastik.

Ketahui dan Pelajari Jenis Plastik Dahulu !

bisnis sampah

Jenis plastik dalam usaha daur ulang sampah plastik. Setiap titik penjualan berbeda!Tidak semua jenis plastik dapat didaur ulang. Berikut beberapa jenis plastik yang dapat didaur ulang dan dibuat menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat.

1. Polietilen Tereftalat (PET)

Plastik ini terbuat dari minyak mentah dan umumnya berwarna bening atau tembus cahaya. Produk yang paling banyak menggunakan plastik PET adalah air mineral, air minum dalam kemasan, jus buah dan sebagian besar botol plastik sekali pakai lainnya. Ciri-cirinya ada kode 1 di bawah botol.

2. Polietilen Densitas Tinggi (HDPE)

Jenis plastik HDPE ini sering digunakan pada botol minyak, deterjen, atau produk makanan kemasan karena teksturnya yang lebih keras dan kuat. Selain itu, galon, kresek, dan dot susu juga menggunakan jenis plastik ini karena tahan terhadap suhu tinggi. Ciri-cirinya biasanya tidak berbintik, tidak berbau, dan tidak mudah pecah.

3. Polivinil Klorida (PVC)

Jenis plastik ini paling sulit didaur ulang karena stabil dan tahan terhadap cuaca, listrik, dan bahan kimia. Biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan dan pipa air.

Baca Juga
7 Contoh Cara Mempromosikan Makanan

4. Polietilen Densitas Rendah (LDPE)

Jenis plastik ini biasanya bertekstur lembut dan digunakan untuk wadah makanan. Kode ini masih dapat didaur ulang, tetapi tidak dihancurkan.

5. Polipropilen (PP)

Jenis PP sangat kuat dan tahan kimia serta memiliki titik leleh yang tinggi. Biasanya jenis ini digunakan untuk botol susu, makanan, botol minum dan lain-lain. Jika plastik ini didaur ulang, akan menjadi tempat baterai, sikat, sapu, dan sebagainya.

6. Polistirena (PS)

Umumnya digunakan sebagai bahan utama styrofoam, wadah minum sekali pakai, karton telur, tempat CD, dan sebagainya.

7. Lainnya

Jenis plastik ini tidak termasuk dalam enam golongan di atas, dan terbuat dari lebih dari satu jenis resin.

Manfaat mendaur ulang sampah bagi manusia dan lingkungan

1. Mengatasi pencemaran lingkungan dan melindungi kesehatan dengan meminimalkan sistem pembakaran atau tempat pembuangan sampah

Karena sampah plastik sangat sulit terurai di dalam tanah, beberapa cara yang sering dilakukan untuk memusnahkan sampah plastik adalah dengan cara dibakar dan ditimbun. Cara pembakaran tersebut justru menghasilkan asap pembakaran yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika terhirup dalam kadar tertentu. Sedangkan jika ditimbun, sampah plastik ini akan dibiarkan begitu saja dan bahayanya lebih besar. Nah, mendaur ulang sampah plastik merupakan alternatif terbaik yang aman dan tidak merusak lingkungan.

2. Hemat sumber daya alam

Ketika sampah plastik didaur ulang lagi, berarti tidak perlu lagi menggunakan plastik baru sebagai bahan baku. Jadi, hasil daur ulang sampah plastik mampu menghemat sumber daya alam karena kegunaannya yang dapat diubah menjadi bahan baru untuk industri tertentu.

3. Meningkatkan pendapatan dan menciptakan lapangan kerja baru

Mungkin belum banyak yang tahu kalau harga benih plastik saat dijual di pasaran mencapai 20 ribu per kilo, bahkan pasarnya sampai ke luar negeri. Dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi pelet plastik dan memasarkannya, tentunya hasilnya akan bagus. Melalui bisnis ini, Anda juga berkesempatan untuk mempekerjakan orang lain dan mengurangi jumlah pengangguran.

Baca Juga
Keamanan Pembayaran Online untuk Melindungi Privasi
4. Meningkatkan kreativitas di bidang produksi daur ulang

Selain diolah menjadi biji plastik, sampah plastik juga bisa disulap menjadi berbagai macam barang yang memiliki manfaat dan nilai jual.

Anda ditantang untuk selalu berinovasi yang mengandalkan ide dan kreativitas untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi barang berguna yang bisa dijual kembali. Berikut ini  link cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan. 

Jika memang ingin mencoba bisnis daur ulang sampah plastik, siapkan mental yang kuat karena bisnis ini pasti berkaitan dengan ‘kotoran’. Namun berbekal kreativitas dan pantang menyerah, bisnis apapun pasti akan berhasil, termasuk bisnis daur ulang sampah plastik. Semoga menginspirasi Anda!